GameBerita Game

8 Fakta Menarik GTA 6, Ternyata Game Termahal di Dunia!

GTA 6 merupakan game termahal di dunia, selain itu, ada 7 fakta menarik GTA 6 lain.

Setelah lama menunggu, Rockstar Games akhirnya memperkenalkan game terbaru dalam seri terbesar mereka, yaitu GTA 6. Setidaknya ada beberapa fakta menarik GTA 6, salah satunya ialah ternyata GTA 6 merupakan game termahal di dunia!

Beberapa game Rockstar Games, seperti GTA San Andreas dan GTA V, telah menjadi karya luar biasa dalam industri game dan juga bagi perusahaan pembuatnya. Berikut adalah beberapa fakta menarik tentang GTA 6 yang trailernya baru saja rilis.

8. Waktu Pengembangan yang Panjang

Fakta menarik GTA 6
Trailer GTA 6/Rockstar Games

Fakta menarik GTA 6 yang pertama adalah periode pembuatan game yang cukup panjang. Biasanya, Rockstar Games memberikan interval antara 1 sampai 4 tahun antara setiap rilis game. Hal ini terlihat dari jadwal rilis GTA San Andreas di tahun 2004 dan GTA Liberty City Stories di tahun 2005 yang hanya memiliki selisih satu tahun. Sementara itu, GTA San Andreas dan GTA IV memiliki jeda waktu selama empat tahun.

Namun, selisih waktu rilis antara GTA V dan GTA 6 mencapai 12 tahun. GTA V yang rilis pada 2013 lalu menjadi game dengan penjualan terbaik dalam sejarah, stok game ini habis dalam waktu singkat.

Sementara itu, GTA 6 kemungkinan akan rilis pada tahun 2025 mendatang. Hal yang menarik adalah bahwa penggemar permainan tersebut telah lama merumuskan teori tentang tanggal rilis gamenya.

Banyak teori dan dugaan yang beredar tentang kapan Rockstar akan merilis GTA 6 dan bagaimana bentuk game tersebut nantinya. Hingga saat ini, belum ada penjelasan resmi mengapa Rockstar Games memerlukan waktu sekitar 12 tahun untuk merilis GTA 6. Tetapi, sangat mungkin mereka bertujuan untuk meningkatkan kualitas game tersebut setelah sukses besar dengan GTA V dan Red Dead Redemption 2. Pendapat ini diperkuat dengan tweet mereka pada tahun 2022 yang lalu.

7. Pernah Kena Retas

Fakta menarik GTA 6
Source picture: Vice

Fakta menarik GTA 6 selanjutnya ialah game ini sempat mengalami peretasan. Gairah yang besar dari penggemar untuk segera bermain game lanjutan dari GTA V membuat beberapa orang bersedia melakukan apa saja untuk mendapatkan info tentang hal ini.

Ini yang akhirnya menimpa Rockstar Games pada tahun 2022 lalu, tepatnya di bulan September 2022. Di bulan itu, seorang hacker berhasil meretas sistem keamanan dari Rockstar Games.

Hacker tersebut lalu merampas beragam informasi yang berhubungan dengan proyek GTA 6, termasuk sekitar 100 rekaman video yang masih dalam proses pengerjaan untuk permainannya. Setelah itu, mereka mem-posting video yang bocor itu ke internet. Rockstar Games selanjutnya memastikan keotentikan video tersebut dan berupaya untuk menghilangkannya dari internet.

Ternyata, serangan hacker kembali terjadi tepat sebelum Rockstar Games merilis cuplikan pertama dari game GTA 6. Seperti yang kita ketahui, Rockstar berencana untuk merilis cuplikan game GTA 6 pada tanggal 5 Desember 2023 pukul 9 pagi waktu Amerika. Akan tetapi, hacker berhasil mem-posting cuplikan tersebut ke internet lebih awal dari jadwal. Akibatnya, Rockstar terpaksa memajukan jadwal rilis cuplikan game tersebut.

6. Protagonis Wanita

Fakta menarik GTA 6
Trailer GTA 6/Rockstar Games

Game GTA 6 akan memperkenalkan karakter utama wanita. Setiap seri Grand Theft Auto memiliki karakter utama yang unik. Misalnya, GTA San Andreas menampilkan karakter utama Carl Johnson. Selanjutnya, di GTA V kita mengenal tiga karakter utama sekaligus, yaitu Trevor Phillips, Michael De Santa, dan Franklin Clinton. GTA 6 juga akan menampilkan karakter utama yang berbeda dan baru.

Sampai saat ini, informasi tentang identitas karakter utama dalam game GTA 6 masih sangat terbatas. Akan tetapi, berdasarkan teaser trailer yang telah keluar, tampaknya game GTA 6 akan menampilkan karakter utama wanita bernama Lucia. Selain itu, berdasarkan tampilan trailernya, ada kemungkinan GTA 6 akan menampilkan lebih dari satu karakter utama.

Mungkin saja, GTA 6 akan menampilkan dua karakter utama, yaitu Lucia dan seorang karakter pria yang merupakan teman sekaligus pasangan Lucia. Dalam cuplikan gamenya, Lucia sempat menyebut tentang pasangannya, yang berarti kemungkinan dalam game tersebut kita akan bermain sebagai karakter pasangan Lucia. Rockstar Games belum menginformasikan siapa yang akan menjadi pengisi suara karakter tersebut dan Lucia akan menjadi karakter pertama dengan latar belakang Latin-Amerika yang menjadi tokoh utama dalam seri game ini.

5. Latar Tempatnya di Vice City

Fakta menarik GTA 6
Trailer GTA 6/Rockstar Games

Fakta menarik GTA 6 selanjutnya ialah Vice City yang menjadi latar tempatnya. Bagi para penggemar yang telah mengikuti alur cerita dari seri Grand Theft Auto, pasti sudah familiar dengan Vice City. Vice City adalah kota imajiner yang menjadi inspirasi oleh Rockstar Games dari area Miami. Vice City menjadi latar belakang dari game Grand Theft Auto: Vice City, di mana pemain akan berperan sebagai karakter Tommy Vercetti dan game tersebut berlatar waktu era 1980an.

Berdasarkan informasi terbaru tentang GTA 6, game ini akan kembali berlatar belakang di Vice City, khususnya di area Leonida di Vice City. Hal ini berdasarkan pada cuplikan trailer game tersebut yang menampilkan kata ‘Vice City’ dan berbagai elemen lainnya. Sebagai contoh, dalam cuplikan trailer tersebut terlihat mobil Cheetah yang pernah ada di game Vice City.

Tetapi, berbeda dengan GTA: Vice City, pada GTA 6 ini latar waktu yang digunakan berbeda di mana kita akan dibawa ke era yang lebih modern. Ini dapat dilihat dari latar atau lingkungan dalam game tersebut, karakter-karakternya, kendaraan, dan juga jalannya cerita. Dalam cuplikan gamenya, kita juga dapat melihat sisi konyol dari warga Vice City dengan berbagai konten media sosial yang mereka tampilkan.

Baca Juga:

  1. Apakah Benar GTA 6 Tidak akan Rilis untuk PC?
  2. Trailer GTA 6 Telah Rilis, Ada Protagonis Wanita Baru
  3. GTA VI: Apa yang Kami Ketahui Sejauh Ini

4. Banyak Easter Eggs dan Humor

Ester-eeg-1
Trailer GTA 6/Rockstar Games

Berdasarkan cuplikan yang pada trailer GTA 6, tampaknya Rockstar Games benar-benar berusaha untuk mereplikasi suasana Vice City seautentik mungkin. Hal ini terlihat dari tingkat kecerdasan para karakter NPC di game tersebut dan berbagai “easter egg” atau lelucon yang ada di dalamnya. Biasanya, seri game Grand Theft Auto selalu menyertakan humor melalui penamaan perusahaan atau bisnis yang memang ada di dunia nyata.

Sejumlah humor dan easter eggs yang ada memang begitu menghibur, sementara sebagian lagi dapat membangkitkan kenangan lama akan permainan-permainan sebelumnya. Salah satu bukti dari hal ini adalah adanya produk bir bernama Patriot Beer, yang juga hadir di game GTA IV dan GTA V. Walaupun, desain Patriot Beer di GTA 6 mengalami sedikit modifikasi. Selain itu, ada juga frase “Sol Sisters” yang besar kemungkinannya berasal dari kata-kata “Soul Sisters.”

Dalam game ini, easter eggs dapat kita temukan melalui penampilan mobil Cheetah di trailernya. Cheetah adalah tipe mobil yang sangat terkenal dan telah muncul di beberapa seri game GTA seperti GTA 3, Vice City, dan San Andreas. Meskipun desain dari mobil ini pernah mengalami perombakan, namun di GTA 6, desain asli dari mobil ini akan dihadirkan kembali.

3. Gameplay GTA 6

Gamplay
Trailer GTA 6/Rockstar Games

Fakta menarik GTA 6 berikutnya ialah gameplay-nya. Informasi terkait mekanisme game untuk GTA 6 pertama kali diberitakan oleh Bloomberg pada bulan Juli 2022 lalu. Dalam beritanya, Bloomberg menunjukkan bahwa GTA 6 akan menampilkan versi terbaru dari Vice City. Selain itu, mereka juga memberitakan bahwa karakter utama dalam permainan tersebut adalah seorang perempuan Latin bernama Lucia. Dan hal terpenting yang sempat disampaikan oleh Bloomberg adalah tentang plot cerita dari permainan tersebut.

Berdasarkan laporan itu, alur cerita GTA 6 akan berdasarkan pada kisah terkenal dua penjahat perampok bank, yakni Bonnie Elizabeth Parker dan Clyde Chestnut, yang akrab dipanggil Bonnie and Clyde. Semua informasi dari Bloomberg mengenai gameplay dan plot untuk GTA 6 cukup relevan dengan cuplikan game tersebut, yang akan berlatar di Vice City.

Pada permulaan siaran, kita diperlihatkan seorang wanita Latin yang bernama Lucia sedang diinterview di penjara Vice City. Dia dikabarkan memiliki pacar bernama Jason. Dari cuplikan film tersebut, bisa jadi kita akan disajikan flashback bagaimana Jason dan Lucia bisa terjebak di dalam penjara. Kemungkinan kita juga akan menyaksikan petualangan Lucia yang mencoba melarikan diri dari penjara.

2. Jadwal Rilis Game

Video Thumbnail For Youtube Video Qdbzy2fku-0
Trailer GTA 6/Rockstar Games

Berdasarkan cuplikan yang telah dirilis, diperkirakan GTA 6 akan diluncurkan pada tahun 2025. Namun, waktu rilis pasti dari Rockstar Games pada tahun 2025 masih menjadi pertanyaan. Meski demikian, ada beberapa petunjuk utama yang dapat dijadikan referensi mengenai waktu peluncuran game tersebut. Salah satunya adalah informasi dari Take-Two Interactive, penerbit dari game GTA 6.

Baru-baru ini, pada Mei 2023, mereka menyatakan bahwa mereka menargetkan untuk memperoleh pendapatan sebesar 8 miliar Dollar Amerika pada tahun keuangan 2023-2024. Take-Two Interactive baru saja meraup 5 miliar Dollar Amerika dari GTA Online. Ini berarti mereka berharap untuk mendapatkan 3 miliar Dollar Amerika lagi dari penjualan game GTA 6 yang akan datang.

Rockstar biasanya memulai financial year mereka di bulan Oktober dan berakhir pada bulan September. Jadi, jika Take-Two berencana untuk meluncurkan GTA 6 dalam financial year 2023-2024, berarti mereka harus merilis permainan tersebut antara bulan Agustus atau September. Biasanya, musim panas adalah saat liburan puncak dan juga puncak peluncuran berbagai game baru.

1. Game Termahal Sepanjang Masa

Game-termahal
Trailer GTA 6/Rockstar Games

Fakta menarik GTA 6 yang terakhir adalah bahwa game ini akan menjadi permainan termahal yang pernah ada dan termahal yang pernah dibuat. Sampai saat ini, belum ada pengumuman resmi tentang berapa biaya yang harus dikeluarkan oleh Rockstar Games untuk memproduksi GTA 6. Namun, ada berbagai laporan dan bocoran di dunia maya yang sempat memberikan estimasi biaya tersebut.

Dalam perkiraan, Rockstar Games menghabiskan biaya produksi untuk game GTA 6 sekitar 1 miliar hingga 2 miliar Dolar Amerika. Ini berdasarkan pada laporan keuangan yang sempat dicuri oleh hacker dan beredar di internet. Namun, jumlah 1 miliar Dolar Amerika dianggap cukup masuk akal. Ada beberapa alasan yang mendukung hal ini, salah satunya adalah tahun pembuatan dan durasi pengembangan.

GTA V mengeluarkan biaya sebesar 265 juta Dolar Amerika pada pertengahan 2010. Mengingat lebih dari 10 tahun telah berlalu, kenaikan jumlah tersebut tampaknya masuk akal. Selain itu, mereka harus mengembangkan berbagai teknologi untuk meningkatkan kenyamanan dan pengalaman bermain. Rockstar sendiri mengungkapkan niat mereka untuk meningkatkan kualitas game GTA di seri berikutnya. Alasan lainnya adalah Rockstar Games harus memperoleh lisensi untuk berbagai musik, radio, membayar para aktor, dan tentu saja, menciptakan peta atau map untuk game tersebut yang membutuhkan biaya besar. Bahkan, ada kabar bahwa mereka menggunakan layanan rapper terkenal seperti Timbaland untuk menyediakan musik di game GTA 6.

Dengan mempertimbangkan berbagai data menarik yang ada, Grand Theft Auto 6 atau GTA 6 akan menjadi fenomena baru dalam industri permainan, mirip dengan GTA V ketika dirilis pada tahun 2013 lalu. Rockstar Games telah berhasil memenuhi komitmennya untuk memperkenalkan sebuah game baru spektakuler, yang memberikan peningkatan kualitas yang dapat dirasakan oleh semua penggemarnya.

Related Posts

Load More Posts Loading...No more posts.