Inilah Semua Detail untuk PlayStation 5 Terbaru yang Kita Ketahui

in , , ,
Detail Playstation 5 Ps5 Terbaru
Sony

Sony akhirnya memberikan update terbaru dari konsol next-gen mereka, yaitu PlayStation 5. Dalam sebuah presentasi bertajuk ‘Road to PS5’, Sony membagikan pembahasan tentang hardware dari konsol ini. Mark Cerny menjelaskan komponen-komponen penting mulai dari GPU hingga CPU.

Lalu, apa saja update terbaru yang bisa kita dapatkan dari sana? Mari kita bahas semuanya di bahwa ini.

Detail PS5 Terbaru

1. PS5 SSD Bakal Buat Load Lebih Cepat 100X

Ps5 Ssd Kecepaatan 100x
Sony

Selain CPU dan GPU, sisi hardware yang juga disoroti adalah SSD. Dalam spesifikasi PS5 yang sudah dibagikan, kita bisa melihat ‘Custom 825GB SSD’ di mana dua kali lipat lebih banyak dari saat pertama kali PS4 diluncurkan.

Tetapi yang paling penting dalam deskripsi tentang “Custom.” SSD di PS5 dibangun untuk meningkatkan kinerja PS5 ke tingkat yang luar biasa. Sony mengatakan komponen ini dapat membuat kecepatan loading 100 kali lebih cepat daripada PS4.

Sony mengungkapkan bahwa SSD PS5 akan memiliki lebih 5.5 GB/s. Namun karena desain khusus PS5, termasuk 12 channel interface antara SSD dan prosesor utama, Sony mengatakan SSD benar-benar bisa menjalankan antara 8-9 GB/s hasil yang terkompresi.

2. Game Tidak Bisa Dimainkan dari Memory Eksternal

Ps5 Tidak Drive Eksternal
Sony

Sony telah mengkonfirmasi bahwa game PS5 tidak akan dapat dimainkan dari sembarang hard drive eksternal. Sony saat ini sedang mengerjakan produk drive NVMe PC, tentu saja hal ini tidak bisa dijual sekalian saat konsol ini dirilis.

Oleh karena itu, pemain yang membeli konsol next-gen ini kemungkinan besar hanya bisa memainkan beberapa game secara terbatas sebelum Sony menyediakannya. Sony mengatakan bahwa PS5 akan compatible dengan game PS4. Hal ini juga menjadi masalah karena biasanya game tersebut sudah diinstall di drive eksternal lainnya. Mungkin butuh sedikit waktu agar bisa membuat hal itu menjadi nyata.

3. Install / Update Game Lebih Mudah

Ps5 Update Proses Lebih Gampang
Sony

Dari presentasi kali ini, juga terungkap bahwa PS5 dibuat untuk lebih efektif, mulai dari menginstall game ke konsol yang bakal sangat instan. Setelah itu, Cerny juga mengatakan konsol ini tidak akan menghadirkan loading screen.

“Potensinya adalah game akan bekerja dalam sedetik. Tidak ada loading screen. Gamenya hanya memudar saat memuat setengah lusin gigabyte dan muncul kembali. Sama untuk memuat ulang, kamu segera kembali beraksi setelah mati, dan perjalanan cepat menjadi sangat cepat sehingga berkedip dan kamu melewatkannya.”

4. Audio Mendapat Peningkatan Menakjubkan

Ps5 Tempest 3d Audio
Sony

Selain membahas soal perangkat-perangkat keras yang hadir dalam PS5, Cerny juga membahas beberapa fitur baru yang terdapat dalam konsol baru ini. Salah satu fitur tersebut adalah Tempest 3D Audio Tech PS5. Sony percaya teknologi audio 3D-nya bisa menjadi pengubah permainan dan perbedaan utama antara PS5 dan Xbox Series X.

Tujuan dimulai dengan “Audio Hebat untuk Semua.” Sasaran nomor dua adalah “Ratusan Sumber Suara Tingkat Lanjut” seperti dalam menambahkan dimensi ke semua suara permainan yang potensial dan bukan hanya sebagian saja. Tujuan akhir adalah “Kehadiran dan Lokalitas,” yang merupakan fokus utama dari fitur ini.

Sony akan menggunakan HRTF (Head-Related Transfer Function), yang menghitung bagaimana telinga manusia memproses audio 3D. Sony sedang mengembangkan teknologi perangkat kerasnya sendiri untuk PS5, yang disebut Tempest 3D Audio Tech, yang mengubah atau membuat ulang HRTF yang menghasilkan audio 3D. Meski pun tidak bakal rilis sekalian, kita masih memiliki kesempatan untuk mendapatkannya.

5. Tanggal Rilis Tidak Ditunda Karena Corona

Spesifikasi Lengkap Playstation 5 Soney
Sony

Dari semua detail yang ingin diketahui oleh penggemar, tanggal rilis merupakan hal yang paling dinantikan. Saat ini, kita sedang menghadapi wabah virus corona yang sangat mematikan dan banyak memberi efek untuk dunia game.

Sudah banyak event game yang harus dibatalkan (meski Gamescom terus maju), bagaimana dengan perilisan PS5? Dari kabar yang kami dapatkan, konsol anyar milik Sony ini akan tetap meluncur pada tahun 2020.

Agensi PR Amsterdam yang mewakili Sony Interactive Entertainment Benelux, mengonfirmasikan bahwa tanggal misterius masih bisa berubah saat Holiday season. Apalagi kedua konsol masih memiliki sejumlah komponen yang diperlukan selama fase produksi ini.


Nah, itulah beberapa detail yang bisa kami jelaskan dari presentasi ‘Road to PS5’. Meski demikian, pihak Sony masih belum memperlihatkan bagaimana wujud dari PlayStation 5 ini. Buat kamu yang ingin menonton presentasi lengkapnya, bisa cek di video di bawah ini.

Bagikan jika kamu suka