GamePCPC & ConsoleTips

10 Tips Bermain Manor Lords, Ciptakan Kerajaan Terbaik Mu!

Tips cara main Manor Lords, untuk menciptakan kerajaan terbaik. Buat kamu yang ingin mgentahui caranya, bisa langsung cek disini.

Baru beberapa hari setelah dirilis, Manor Lords telah berhasil memenuhi serta melampaui beberapa ekspektasi. Pemain akan segera menyadari perbedaan signifikan antara Manor Lords dengan permainan membangun kota lainnya. Dalam artikel ini, Dafunda Games akan membagikan sejumlah tips cara main Manor Lords, dengan tujuan membantu pemain dalam membangun kerajaan terbaik mereka.

Manord Lords adalah permainan simulasi strategi pembangunan kota yang menawarkan pengalaman mendalam dalam merencanakan, mengembangkan, dan mengelola sebuah kota di era abad pertengahan. Dalam permainan ini, pemain berperan sebagai tuan tanah yang bertanggung jawab untuk membangun dan mempertahankan wilayahnya, tidak hanya dari segi ekonomi tetapi juga dalam menghadapi ancaman dari luar seperti serangan musuh atau bencana alam.

Berikut Tips Cara Main Manor Lords

Berikut adalah beberapa tips cara main Manor Lords dengan tujuan untuk membangun kerajaan yang optimal.

1. Pilih Tingkat Kesulitan yang Tepat

Pilih-tingkat-kesulitan-yang-tepat
Pilih-tingkat-kesulitan-yang-tepat | Hooded Horse

Satu saran penting bagi pemain yang baru memulai Manor Lords adalah untuk mengenal tingkat kesulitan permainan. Saat ini, permainan tersebut menawarkan tiga skenario, masing-masing dengan kondisi yang berbeda. Kondisi tersebut adalah:

  • Rise to Prosperity: fokus pada aspek pembangunan game.
  • Memulihkan Perdamaian:  fokus pada mendominasi wilayah lain di peta.
  • On the Edge: mirip dengan Rise to Prosperity tetapi dengan lebih banyak pertarungan.

Rise to Prosperity disarankan sebagai pilihan awal. Setelah memperoleh pemahaman dasar, pemain disarankan untuk melanjutkan dengan dua peta berikutnya.

2. Membangun Lumbung dan Gudang Sedini Mungkin

Membangun-lumbung-dan-gudang-sedini-mungkin | tips main manor lords
Membangun-lumbung-dan-gudang-sedini-mungkin | Hooded Horse

Setelah memperoleh peta, langkah awal selanjutnya adalah membangun sebuah lumbung serta gudang. Fungsi lumbung adalah untuk menyimpan makanan dan biji-bijian, dengan tujuan utama untuk melindungi mereka dari paparan hujan dan berbagai kondisi cuaca lainnya.

Hal ini penting mengingat kondisi cuaca dapat mempengaruhi kualitas item di permainan Manor Lords. Sementara itu, pembangunan gudang pada wal permainan bertujuan untuk memastikan bahan-bahan konstruksi tersimpan dengan baik dan terlindung dari cuaca.

3. Jangan Tingkatkan Tenda Tunawisma

Jangan-tingkatkan-tenda-tunawisma | tips main manor lords
Jangan-tingkatkan-tenda-tunawisma | Hooded Horse

Salah satu aktivitas umum yang dilakukan oleh pemain Manor Lords saat ini adalah proses peningkatan dari tenda tunawisma menjadi Kamp Pekerja. Meskipun ada berbagai kesibukan, saran untuk menunda proses peningkatan tersebut. Sebagai gantinya, bisa memusatkan perhatian pada pengembangan dasar-dasar struktur awal.

4. Dapatkan Lay of the Land

Dapatkan-lay-of-the-land | tips main manor lords
Dapatkan-lay-of-the-land | Hooded Horse

Dalam permainan Manor Lords, pengelolaan tanah merupakan aspek krusial yang harus diperhatikan oleh pemain. Pengabaian terhadap aspek ini dapat berdampak signifikan terhadap perkembangan pemain, khususnya dari fase pertengahan hingga fase akhir permainan. Ketika pemain memilih untuk membangun dengan mengklik tombol build, sebuah tampilan overlay akan muncul di sisi kanan layar.

Ini memfasilitasi evaluasi terhadap cadangan air tanah dan kesuburan tanah berdasarkan jenis tanaman. Dalam proses penempatan bangunan, saran untuk mempertahankan area terbuka sebanyak mungkin. Tingkat kehijauan suatu area seringkali menjadi indikator kesuburan, yang penting untuk pertumbuhan berbagai tanaman.

Selain itu, setiap peta akan memiliki dengan area yang yaitu “Zona Panas”. Area ini merupakan lokasi sumber daya khusus tersedia dan dapat digunakan sesuai dengan karakteristik peta yang dipilih. Pemanfaatan sumber daya ini dapat memberikan keuntungan dalam produksi peralatan dan kontribusi terhadap kemakmuran yang berbasis pada sumber daya tersebut.

5. Membangun Struktur Produksi yang Dekat dengan Peradaban

Membangun-struktur-produksi-yang-dekat-dengan-peradaban
Membangun-struktur-produksi-yang-dekat-dengan-peradaban | Hooded Horse

Dalam pengembangan kota, praktik umum yang dilakukan oleh pembangun adalah menempatkan pusat produksi jauh dari area residensial, bertujuan untuk menjaga keselamatan. Namun, di era modern, keefisienan menjadi faktor penting dalam perencanaan perkotaan.

Oleh karena itu, saran untuk menempatkan bangunan penyimpanan dan fasilitas penting lainnya dekat dengan kawasan tempat tinggal dan area komersial untuk meningkatkan efisiensi dalam distribusi dan aksesibilitas.

Ketika manusia dan gerobak sapi mengangkut barang-barang, jarak yang lebih jauh dari struktur utama akan meningkatkan waktu untuk menunggu.

6. Bangun Struktur Penting Sejak Awal

Bangun-struktur-penting-sejak-awal
Bangun-struktur-penting-sejak-awal | Hooded Horse

Untuk memastikan kelangsungan hidup kota pada tahun pertama musim dingin, saran agar prioritas diberikan kepada produksi bahan dasar daripada perlindungan langsung terhadap tunawisma.

Langkah awal yang efektif adalah dengan mendirikan kamp penebangan dan fasilitas penebang kayu untuk memperoleh sumber kayu yang stabil. Setelah itu, penting juga untuk memanfaatkan deposit batu yang tersedia pada wilayah tersebut. Serta mendirikan Perkemahan Pemburu di dekat habitat satwa liar dimana buah beri bisa dengan mudah ditemukan.

Dengan infrastruktur dasar seperti ini terpenuhi, langkah selanjutnya adalah membangun perumahan bagi penduduk. Ini akan membantu dalam menciptakan dasar yang kuat untuk pengembangan kota yang berkelanjutan.

7. Upgrade Rumah Kamu

Upgrade-rumah-kamu
Upgrade-rumah-kamu | Hooded Horse

Untuk memulai pembangunan sebuah Burgage, perlu akses ke jalan dan tersedianya lahan kosong. Kapasitas pembangunan rumah pada sebidang Burgage dapat ditentukan berdasarkan ukuran yang tersedia.

Salah satu rekomendasi dalam proses pembangunan Burgage adalah memfokuskan pada desain yang memanjang. Pendekatan ini memungkinkan adanya ruang tambahan pada bagian belakang, yang dapat kamu manfaatkan untuk ekspansi rumah dengan tujuan meningkatkan produksi makanan.

8. Jangan Mempekerjakan Semua Orang

Jangan-mempekerjakan-semua-orang
Jangan-mempekerjakan-semua-orang | Hooded Horse

Dalam pembangunan kota yang umum, warga sering mendapat tugas multifungsi. Sedangkan Manor Lords menerapkan konsep yang unik yaitu penugasan warga negara ke suatu pekerjaan dalam struktur tertentu melibatkan pemindahan seluruh anggota keluarganya ke pekerjaan yang sama.

Konsekuensinya, praktik ini mengeliminasi kemungkinan adanya warga negara yang tersedia untuk mendirikan struktur baru. Sebagai solusi untuk mengatasi masalah ini, kamu dapat menunjuk satu keluarga untuk setiap tugas penting dalam pembangunan secara bertahap.

9. Mengikuti Sistem Musiman

Mengikuti-sistem-musiman
Mengikuti-sistem-musiman | Hooded Horse

Manor Lords menampilkan mekanisme produksi yang dipengaruhi oleh pergantian musim, yang memerlukan pemantauan dan penyesuaian manual dalam operasi produksi. Sebagai contoh, selama Musim Dingin, aktivitas pengumpulan buah beri menjadi tidak efektif karena kondisi cuaca yang tidak mendukung pertumbuhan buah beri.

Sama halnya, aktivitas pertanian mengalami penurunan kegiatan selama Musim Dingin, dengan periode puncak kegiatan berlangsung dari Musim Panas hingga Musim Gugur.

Dalam situasi di mana produksi dari suatu unit menjadi tidak relevan atau berkurang, pemain dapat memilih untuk menghentikan produksi sementara dan mengalihkan sumber daya atau tenaga kerja ke unit atau struktur lain yang membutuhkan lebih banyak dukungan selama periode tersebut, memaksimalkan efisiensi dan produktivitas.

10. Buat Pos Perdagangan

Buat-pos-perdagangan
Buat-pos-perdagangan | Hooded Horse

Dalam permainan Manor Lords, memperoleh pendapatan dapat dilakukan dengan memanfaatkan fitur pos perdagangan. Fitur ini memberikan kesempatan kepada pemain untuk berpartisipasi dalam kegiatan impor dan ekspor barang dengan wilayah lain.

Pendirian pos perdagangan menjadi strategi penting untuk mengatasi kekurangan sumber daya atau untuk memanfaatkan kelebihan produksi. Sebagai contoh, pemain yang memiliki surplus buah beri, yang mungkin telah dikumpulkan di dekat gubuk Penjelajah yang umumnya terletak dekat area penyimpanan buah beri pada peta.

Dapat mengekspor surplus tersebut untuk mendapatkan keuntungan finansial. Momen yang optimal untuk ekspor barang, termasuk buah beri, pada akhir musim gugur hingga musim dingin, .


Demikianlah tips cara main Manor Lords, ciptakan kerajaan terbaik mu. Setelah membaca artikel ini, apakah kamu tertarik untuk bermain Manor Lords? Jangan lupa untuk terus mengunjungi Dafunda.

Related Posts

Leave Comment
Enable Notifications OK No thanks