Tiap tahun ajang turnamen game makin besar saja peminatnya. Nilai hadiah yang luar biasa besarnya–hingga US$19 juta–dan gelar juara dunia, seperti The Internasional DoTA 2, Frankfrut Major, CS Online World Championship, merupakan salah satu sebab banyak tim eSport tampil total tiap kali ajang turnamen digelar.

Melihat antusiame yang besar dari banyak tim eSport yang bertanding dan penggemar eSport yang menonton tiap ajang kompetisi, ESPN yang merupakan salah satu saluran olahraga terbesar Amerika Serikat, baru saja mengumumkan akan mulai meliput ajang kompetisi gaming dengan debut pertama saluran ESPN eSports.

Pelucuran saluran khusus eSports ini sebenarnya berbanding terbalik dengan ucapan Presiden ESPN, John Skipper pada 2014 lalu, yang mengatakan kalau eSport itu hanya sebuah ajang kompetisi bukan cabang olahraga yang sesungguhnya.

JANGAN LEWATKAN
Tips dan Trik Naikin MMR Hingga 5K Dalam Seminggu

Lengkap dengan akun Twitter resminya, ESPN eSports akan menampilkan konten siaran yang lengkap tentang eSport mulai dari wawancara, liputan behind-the-scenes, dan laporan lengkap post-season liga-liga profesional.

“Peluncuran ini merupakan cara kami untuk mendekatkan diri dan berhubungan langsung dengan pemirsa yang luar biasanya berkembang,” ucap Chad Millman, editor in chief di ESPN yang dikutip dari Techradar, Selasa (19/1/2015).

Untuk menggawangi saluran ESPN eSports, ESPN sudah merekrut beberapa nama besar dari dunia eSport, seperti Darin Kwilinski, Rod Breslaum, dan Tyler Erzberger yang sudah berpengalaman dari eSportspedia hingga Major League Gaming.

ESPN eSport pertama akan membuktikan komitmennya pada seri North America ‘League of Legends’ Championship yang sudah digelar pada 16 Januari 2016. Selain League of Legends, rencananya ESPN eSports juga akan meliput pertandingan DoTA 2, Hearstone, dan Halo 5: Guardians secara lebih detail dan mendalam.

JANGAN LEWATKAN
Update Dota 2 Terbaru Perbaikan Pada Berbagai Aspek Dalam Permainan

Cukup menarik melihat bagaimana eSport sudah mulai banyak perhatian dari berbagai pihak, dan ke depannya tentu akan berkembang lebih baik lagi. Bagaimana pendapatmu tentang eSport yang sudah sangat mendunia ini? Bagikan dan berikan komentarmu di bawah ini.

BAGIKAN
Muhammad Furqan
Penulis di Dafunda #Movies, Suka Main Game dan Nonton Film, Mau Kenal Lebih Dekat? Colek di Sosial Media.