Siapa yang tak kenal film lawas Super Mario Bros ini. Rekor baru kembali tercipta, seorang gamer bernama Darbian lagi-lagi dinobatkan menjadi manusia tercepat yang menyelesaikan game yang dirilis 30 tahun lalu ini.

Darbian mampu menyelesaikan game Super Mario Bros ini hanya dengan kurun waktu 4 menit 57,260 detik saja. Ia berhasil melampau rekor sebelumnya yang ternyata juga dicatat atas namanya sendiri, dalam waktu 4 menit 57,427 detik.

Rekor yang kembali dicatat ini hanya selisih beberapa mili sekon saja. Meskipun begitu, banyak yang harus dilakukan Darbian untuk bisa mengalahkan rekor sebelumnya. Ia harus berlatih berbulan-bulan agar bisa mengetahui spot atau lokasi terbaik untuk melompat dan berlari.

Seperti yang dilansir Kotaku, rekor ini dipecahkan dari sebuah konsol Nintendo Entertainment System (NES), yang telah dimodifikasi. Sehingga Darbian bisa menyiarkan video selama permainan berlangsung ke seluruh dunia.

Ia juga menempelkan pendeteksi detak jantung di tubuhnya agar penonton bisa mengetahui jantungnya saat itu dan sebagai bukti kalau game ini memang dia yang memainkannya. Denyut jantungnya ditampilkan di satu layar bersama dengan waktu, wajah Darbian dan tampilan dari game yang dimainkan.

Denyut jantungnya begitu kencang ketika hampir menyentuh akhir permainan, yakni mencapai yakni mencapai 172 denyut per menit. Sedangkan untuk denyut jantung normal seseorang hanya berkisar antara 60 hingga 100 denyut per menit.

Memang sih, Darbian tidak melewati semua tingkatan dari game Super Mario Bros ini. Tapi terdapat beberapa jalan pintas yang memungkinkan pemain untuk naik beberapa tingkat tanpa harus menyusuri jalannya.

Setelah ini, Darbian mengatakan tidak akan mencoba untuk memecahkan rekornya lagi. “Saya telah mencapai seluruh potensi dalam kategori ini — Saya telah selesai,” kata Darbian. “Petualanganku telah berakhir!”

BAGIKAN
Muhammad Furqan
Penulis di Dafunda #Movies, Suka Main Game dan Nonton Film, Mau Kenal Lebih Dekat? Colek di Sosial Media.