Tidak bisa di pungkiri, Clash of Clans atau biasa di sebut COC adalah Game Mobile paling populer Belakangan ini. Nenek, Kakek, Bapak, Ibu, dan tentu saja kamu pastinya sudah pernah mencicipi atau setidaknya mendengar istilah COC. Mengapa COC bisa begitu terkenal? padahal Game nya masih memiliki tema yang sama dengan para pendahulunya. Ada alasan utama yang saya rasa menjadi faktor penentu kesuksesan Clah of Clans. yaitu Metode Pengiklanan yang sangat luar biasa.

Kamu tahu, sudah banyak sekali komersial COC yang dapat kamu tonton di Youtube, gaya nya yang jenaka membuat Clash of Clans langsung di cintai jutaan umat. Seakan di hipnotis, banyak sekali orang mulai penasaran dan mencoba permainan Strategy ini, Setelah mencobanya ternyata asik juga. Begitulah yang di rasakan oleh banyak orang, apalagi dengan metode permainan mudah dan sesuai namanya, kita bisa membuat sebuah clan dan bertarung bersama.

JANGAN LEWATKAN
10 Tips dan Trik Supaya Tetap Menang Battle Clash Royale

COC Video 360 Derajat 02 DAFUNDA

Kembali ke iklan tadi, Kamu tahu Bagaimana Sensasi Raid? atau mungkin Clan War! tapi kali ini saya ingin membahas tentang Raid, Bagi yang belum tahu. Raid adalah keadaan dimana kamu melakukan penyerangan ke Town Orang lain dengan menggunakan berbagai karakter yang tersedia. Nah, situasi seperti itulah yang di katakan Raid. Lalu bagaimana jadinya jika kamu berada dalam situasi Raid tadi? Beginilah Kira – kira, Menggunakan Teknologi Virtual Reality dan Flash. Youtube telah merilis Video yang bisa di putar 360 Derajat. Dan Clash of Clans sudah merilis video yang menampilkan keadaan tersebut. Mau tahu? lihat saja video di bawah ini:

Video 360 Derajat Clash Of Clans

Dalam Video Berdurasi 1 Menit 23 detik yang memang relatif singkat itu, Terlihat Kita (Archer) dan Archer satu lagi tengah menikmati suasana Town yang damai, Hingga akhirnya archer memperingati Desa sedang di serang (Raid). dan yang pertama kali terlihat adalah Archer dan WallBreaker yang berusaha menembus pertahan kita melalui depan. Padahal kalau kita menoleh ke belakang (Menggeser Sudut pandang menggunakan Mouse atau lainnya) terlihat Barbarian Sedengan menghancurkan pertahanan belakang.

JANGAN LEWATKAN
Tips Menggunakan Valkyrie untuk Clan Wars di Clash of Clans

Dan Apa yang terjadi? WallBreaker berhasil Menghancurkan dinding dan Giant pun berhasil masuk lalu menghampiri kita, untung saja pertahan kita kuat dan berhasil membunuh Giant sebelum berhasil menyerang kita. Tapi Pertahan kita hampir hancur, Lalu di mulai lah penyerangan udara yang memporak – poranda kan desa, Mulai dari kemunculan Balon dan lain – lain.

COC Video 360 Derajat 01 DAFUNDASetelah itu Kita di peringati oleh archer akan kemunculan Hog rider, tapi Sungguh malang. Makhluk setengah – setengah itu terkena jebakan yang membuatnya terpental jauh dan tak terlihat lagi. musuh mulai geram dan segera menggunakan Spell Lightning yang langsung menghancurkan Tower Mage sehingga Defense kita hanya tinggal Canon dan Archer Tower, tidak sampai disitu. Musuh sepertinya ingin menghancurkan kita lebih cepat lagi karena waktu yang sudah kepepet. Disinilah peran Dragon datang dan langsung membumi hanguskan Town Hall, langkah akhir hanyalah menghancurkan Archer Tower dan kita di selamatkan oleh Waktu yang telah habis.

JANGAN LEWATKAN
Terlalu malas, Pria Ini Menggunakan Robot untuk Bermain COC Miliknya

Musuh hanya mendapatkan Bintang dua dan Raid pun berakhir. Video 360 merupakan Video dengan teknologi VR, jadi kita bisa menonton Video layaknya berada dalam video tersebut, tapi rasanya masih kurang pas kalau tidak menggunakan perangkat VR itu sendiri. Seperti Samsung Gear VR atau VR headset lainnya.

Karena jika menggunakan Laptop atau komputer yang hanya mengandalkan Flash, kita hanya bsia menggeser sudut pandang dengan men -drag Video untuk mengarahkan sudut pandang.

Kautsar Juhari
Penulis di Dafunda #Otaku, Kamu bisa bertanya Apa saja yang berhubungan dengan Anime, Manga, Light Novel, Live-Action dan Juga hal lain seputar Kehidupan Otaku.