Microsoft akhirnya secara resmi mengumumkan bahwa penjualan untuk Xbox 360 akan diberhentikan. Pengumuman ini disampaikan langsung oleh pemimpin devisi Xbox dan Microsoft Studios, Phil Spencer.

Xbox 360 merupakan salah satu bentuk pencapaian Microsoft di dunia game. Menurutnya, konsol ini merupakan salah satu jalan yang menghadirkan suksesor berikutnya yaitu Xbox One, yang kini menjadi lawan saing yang seimbang dengan PlayStation 4, sebagaimana yang dilansir TheVenge.

“Selama satu dekade, kami benar-benar fokus ke Xbox 360. Banyak fase ‘up and down’ yang kami lewati. Seiring waktu berjalan, kami sadar bahwa keinginan pasar kini lebih berpihak ke konsol teranyar kami, Xbox One. Maka dari itu, kami memutuskan untuk menghentikan produksi Xbox 360,” kata Spencer.

JANGAN LEWATKAN
Harga Konsol game Xbox One S dipatok mulai 4 jutaan

Walaupun sudah mengumumkan pemberhentian, pihak Microsoft masih akan meneruskan penjualan Xbox 360 yang masih tersebar di pasaran. Konsol game ini dirilis pertama kali akhir tahun 2005. Saat itu, produk ini mendapat sukses besar. Microsoft sendiri menghklaim, konsol yang identik dengan warna hijau dan hitam ini telah laku terjual lebih dari 80 juta unit di seluruh dunia.

Namun popularitasnya mulai meredup ketika Microsoft meluncurkan Xbox One pada 2013 lalu. Meski begitu, Microsoft mengatakan bahwa para pengguna Xbox versi 360 ini masih tetap bisa meinkmati Xbox Live Servers jika ingin bermain game secara online.

BAGIKAN
Muhammad Furqan
Penulis di Dafunda #Movies, Suka Main Game dan Nonton Film, Mau Kenal Lebih Dekat? Colek di Sosial Media.