Pernah ngebayangin terdampar di pulau terpencir atau tersesat di dalam hutam rimba? Hidup di alam liar susah loh. Makanya banyak dari kita yang percaya beberapa cara bertahan hiudp ini, padahal gak seperti itu malah bisa lebih parah. Ini mitos-mitos cara bertahan hidup yang sering salah pergunakan.

1Menghisap bisa di gigitan ular

Jangan percaya kalau menghisap bisa ular dapat membuat racun keluar dari bekas gigitannya. Itu salah loh, karena kalau kita menghisap racun, kemungkinan besar bakteri dalam racun akan masuk ke dalam mulut kita. Lebih baik mengikat dengan tali dan langsung di bawa ke rumah sakit untuk di vaksin.

2Pura-pura mati pas ketemu beruang

Pura-pura mati di depan beruang itu benar-benar konyol, yang ada kamu mati beneran. Misalnya kamu ketemu dengan beruang grizzly, lebih baik kamu diam-diam perlahan menjauh. Kalau ketemu beruang madu, cukup ditakut-takutin aja, pasti pergi.

3Hidup tanpa makanan Berminggu-minggu bahkan lebih

Banyak yang bilang tubuh bisa bertahan sampai 6 minggu tanpa makan. Jangan percaya, kalau gak mau mati. Ingat kalau mau terdampar, yang pertama harus kamu cari itu air! Karena tanpa asupan mineral kamu bisa tewas dalam beberapa hari.

4Minum cairan dari kaktus

Carian dari kaktus bisa buat gangguan pencernaan, muntah dan lainnya loh. Masih berani minum?

5Lumut tumbuh di sisi utara pohon

 

Sejak kapan lumur tumbuh di sisi utara pohon? yang ada lumut itu tumbuh di tempat yang lembab, mau barat, timur, selatan. Jadi lumut tidak bisa di jadikan acuan mata angin.

6Kita bisa makan seperti hewan

Yang satu ini pasti sudah banyak orang tau. Kalau terdampar atau tersesat orang banyak mengira apa yang dimakan hewan bisa dimakannnya. Jangan asal makan, bisa saja makanan itu ada racunnya.

7Mengosok tubuh biar hangat saat mengalami hypothermia

Kalau temanmu kena hypothermia, peluk dia dan jangan lepaskan. Tutupi tubuhnya dengan jaket, kain atau selimut yang bisa membuat dia hangat kembali. Menggosok tubuh bisa menyebabkan kulit terkelupas!

8Dikejar hiu? Pukul Moncongnya!

Orang gila mana yang mau mukul ikan buas ini. Boro-boro mukul malah dimakan. Cara paling aman adalah menghindarinya dan bersembunyi di dekat ingsangnya.

9Terjebak di pusaran air

Ada juga yang bilang kalau terjebak di pusaran itu coba berengan sekuat tenaga agar bisa keluar. Ya kai.. berenang lawan arus? nunggu capek terus mati deh. Terjebak di pusaran air itu sebenarnya gampang sekali, kamu cuma harus berenang ngikutin arus sampai keluar dari pusaran itu.

10Membuat tempat peristirahatan

Tersesat juga butuh istirahat dan ingat bersandar di sebuah pohon atau tebing adalah pilihan terbaik.

Nah itulah cara bertahan hidup yang salah, kalau artikel ini bermanfaat, jangan lupa di share ya!

BAGIKAN
Muhammad Furqan
Penulis di Dafunda #Movies, Suka Main Game dan Nonton Film, Mau Kenal Lebih Dekat? Colek di Sosial Media.