Jika sempat ada pertanyaan yang ditujukan ke Kamu seperti, rencana mau kuliah dimana siap lulus SMA nanti? tentu jawaban yang terlintas ingin masuk jurusan terbaik dan favorit seperti Ekonomi, Kedokteran atau Teknik Informatika.

Kita memang sudah berpikir bahwa jurusan terbaik yang sudah dipilih tersebut akan membawa masa depan yang cerah. Namun masih banyak jurusan yang tidak menarik dan jarang dipilih banyak orang, tetapi membawa masa depan yang menjanjikan. Penasaran dengan jurusan yang tidak menarik tersebut? berikut ini adalah jurusan yang jarang peminat padahal menjanjikan.

9 Jurusan Terbaik yang Kurang Peminat Namun Menjanjikan Masa Depan

1Oseanografi

Kamu pasti sudah tahu, Indonesia memiliki daerah lautan yang cukup luas. Tentu pemerintah sangat membutuhkan tenaga ahli kelautan yang mumpuni. Sudah sangat banyak industri perikanan dan kelautan lain yang membutuhkan lulusan dari Oseanografi. Dengan jurusan ini, Kamu bakal dikenalkan mengenai laut dari arus sampai ke fenomena laut yang tidak pernah Kamu tahu di dunia. Jika Kamu memilih jurusan ini, Kamu bakal menjadi tenaga yang langka dan dibutuhkan oleh negara.

JANGAN LEWATKAN
Sebelum Kehilangan, Simpan Data Skripsi Kamu Dengan Cara-cara Ini

2Teknik Pengairan

Indonesia juga dikenal sebagai negara agraris. Dengan begitu, negara memang membutuhkan tenaga ahli untuk mengurus pengairan demi menunjang perkembangan dan kelancaran ekonomi. Misalnya irigasi di persawahan, saluran air (drainase) baik di bangunan dan perkotaan. Jadi tenaga ahli ini dibutuhkan dimana mana.

3Ahli Perkapalan

Indonesia juga dikenal sebagai negara kepulaun, jadi jangan pernah heran kalau kita banyak memiliki aktifitas kapal dan cukup luas ruang lingkupnya. Disamping itu seiring dengan perkembangan maritim Indonesia, maka tenaga ahli perkapalan memang sangat dibutuhkan. Apa Kamu tidak mau salah satu dari mereka?

4Astronomi

Urusan ilmu astronomi, Indonesia harus berusaha lebih giat lagi untuk mengejar kemajuan saat ini. Dengan begitu jangan heran negara masih membutuhkan tenaga ahli untuk mengetahu berbagai fenomena yang terjadi di antariksa Bumi. Dengan adanya tenaga ahli astronomi, kita harapkan Indonesia semakin mengerti mengenai fenomena-fenomena yang sering terjadi dan mendapatkan informasi yang akurat. Jadi Kamu dibutuhkan sekarang untuk menjadi Astronom yang handal, contoh seperti Badan Meteorologi dan Geofisikas (BMKG).

JANGAN LEWATKAN
Ini Dia Superhero yang Cocok dengan Semester Perkuliahanmu!

5Kehutanan

Disamping laut yang luas, Indonesia juga memiliki kawasan hutan dan belum terjamah. Selain itu masih banyak pembakaran hutan atau pengguna lahan tanpa melihat efek lingkungan dan harus dicegah. Jadi pemerintah membutuhkan tenaga ahli yang mampu mengawasi hutan Indonesia. Jadi jangan heran, jurusan ini sangat membutuhkan tenaga ahli yang bergerak dibidangnya.

6Aktuaris

Karena pertumbuhan asuransi di Indonesia terus meningkat, maka banyak orang atau instansi yang membutuhkan aktuaris. Aktuaris adalah tenaga ahli yang mampu menerapkan ilmu keungan dan teori statistik. Tugas tenaga ahli disini adalah dapat menghitung resiko serta biaya bagi perusahaan asuransi.

7Pustakawan

Kamu jangan pernah menilai seorang pustakawan adalah orang yang pendiam dan kutubuku. Jurusan ini dangat dibutuhkan, supaya kita semua semakin pandai, ringkas, efektif, dan efisien dalam manajemen pembukuan atau menyusun dokumen-dokumen lainnya. Setiap perusahaan sangat membutuhkan sosok pustakawan yang handal. Meskipun sekarang teknologi super canggih, namun tetap saja seorang tenaga ahli itu perlu.

JANGAN LEWATKAN
Gara-gara Jempol Mantap Jiwa! Bocah ini Jadi artis dadakan di Sosial Media

8Teknobiomedik

Selain bidang kedokteran, jurusan teknobiomedik ini sangat dipertimbangkan untuk masa depan lho. Didalam dunia kesehatan, lulusan teknobiomedik ini juga tidak kalah pentingnya dengan dokter. Disini Kamu bakal dibutuhkan dalam segala jenis analisa, diagnosa, dan sejenisnya pada bidang kesehatan.

9Teknik Nuklir

Jurusan Nuklir, bukan berarti Kamu akan diajarkan untuk membuat bom. Dengan jurusan ini Kamu akan diajari seputar radiasi nuklir, reaktor nuklir, serta semua yang bertujuan murni seperti pada bidang-bidang lain. Seperti kedokteran atau pertanian dan penghasilnya juga bisa Kamu dapatkan berpuluh atau ratusan juta lho.

Itulah 9 jurusan yang jarang peminatnya namun banyak perusahaan yang membutuhkan sekarang ini. Jadi masih menganggap remeh jurusan-jurusan tersebut?

JANGAN LEWATKAN
9 Aplikasi Untuk Menjaga Kesehatan Mata Terhadap Layar Komputer Atau Gadget
BAGIKAN
Muhammad Hanif
Penulis Dafunda #Tekno yang suka hal yang berbau Teknologi, Menyukai Film dan okeh lah pokoknya . Ikuti saya di Sosial Media mas broh...