BN GP883 LAB Il J 20150126115808

Usia Rata-Rata Hikikomori, Orang Yang Mengurung Diri Dari Kehidupan Sosial di Jepang


Fenomena sosial yang terjadi di Jepang dimana seorang remaja/dewasa menarik diri dari kehidupan sosial dengan mengurung diri seharian dirumah disebut Hikikomori. Di Jepang sendiri jumlah penduduk hikikomori sudah mencapai jutaan, sebenarnya hal ini tidak cuma terjadi di Jepang saja, negara-negara Asia lain termasuk Eropa juga mengalami kejadian yang sama.

no game no life hikikomori

Dalam Sebuah anime melukiskan gambar tertentu populasi hikikomori Jepang. Mereka sering menjadi bintang serial Isekai, meninggalkan kehidupan yang menyendiri dari konsumsi makanan sampah dan permainan video untuk pergi dalam petualangan besar. Atau, kadang-kadang mereka ditampilkan dalam rom-com seperti Eromanga Sensei sebagai tipe artis seperti pertapa. Dalam kasus manapun, hikikomori adalah anak-anak putus sekolah atau perguruan tinggi, orang dewasa muda terbukti menghambur-hamburkan karunia dan pemuda mereka dengan sikap buruk terhadap masyarakat lainnya. Pandangan ini biasanya digambarkan sebagai sesuatu yang bisa diperbaiki dengan koneksi sosial atau romantis yang tepat.

BACA
Artis JAV Harus Berhenti Menjual Karya Setelah 5 Tahun Debut?!

Seperti kebanyakan fiksi, ini sama sekali bukan representasi sebenarnya dari hikikomori dan perjuangan mereka. Pada tahun 2014, Asaichi, program berita Jepang tentang NHK, membahas pertumbuhan populasi hikikomori setengah baya, menyoroti bahwa ini bukan hanya fase dewasa muda yang dilalui sambil menyesuaikan diri dengan kemerdekaan baru mereka.

hikikomori

Sebuah survei baru yang dilakukan oleh KHJ Zenkoku Hikikomori Kazokukai Rengōkai (KHJ National Hikikomori Association of Families Federation) mengungkapkan rata-rata hikikomori adalah 34,4 tahun, empat tahun lebih tinggi daripada rata-rata dibandingkan 10 tahun lalu. Ada sekitar 80 keluarga yang ambil bagian dalam asosiasi di cabang prefektur Kochi. Satu keluarga mencakup seorang ibu dengan seorang putra yang telah hidup sebagai seorang yang diam selama bertahun-tahun. Dia menyatakan bahwa dia bertanya-tanya apa yang akan terjadi pada putranya jika dia meninggal.

BACA
Sutradara Eromanga Sensei Mencari Seorang Animator Melalui Akun Twitternya

Semakin tinggi usia hikikomori juga berarti bertambahnya umur anggota keluarga mereka berubah menjadi pengasuh. Pada bulan Maret, KHJ merilis sebuah pernyataan yang menjelaskan “8050 masalah” di mana orang tua berusia 80-an bertanggung jawab untuk merawat anak-anak mereka yang berusia 50 tahun yang menganggur dengan menggunakan dana pensiun mereka sendiri. KHJ berharap untuk meringankan beberapa tanggung jawab itu.

Hikikomori

Seorang mantan hikikomori berbagi kisahnya dengan Mainichi Shimbun, yang disebut sebagai “Mr. A.” Mr A berusia pertengahan tiga puluhan dan memulai hidup sebagai hikikomori setelah dia berhenti pergi ke sekolah untuk menghindari bullying di SMP. Dia lulus SMA selama periode yang panjang tetapi kemudian putus sekolah keperawatan karena fobia sosialnya mulai tumbuh. Sebaliknya, ia berusaha menyelesaikan pelatihan kejuruan tetapi mendapati dirinya semakin lelah karena khawatir tentang orang lain sepanjang waktu dan mulai menutup diri di rumah.

BACA
Inilah Perbedaan Bentuk Tubuh Wanita Idaman Para Pria & Wanita di Jepang

Mr A mulai mengubah hidupnya setelah ibunya menemukan artikel berita sekitar 10 tahun yang lalu dan mereka menghadiri pertemuan dukungan hikikomori. Dia mulai keluar rumah selama beberapa jam setiap dua minggu sekali dan kebiasaan itu akhirnya menjadi lebih lama menghabiskan waktu di luar rumah.

Ketua Isao Sakamoto berkata, “Hikikomori terisolasi di dalam keluarga mereka dan keluarga mereka terisolasi dalam masyarakat. Mereka tidak harus menyalahkan diri mereka sendiri untuk anggota keluarga hikikomori mereka. Saya ingin memberitahu mereka untuk hidup bersama dan untuk tidak menderita sendirian. ”

Pemerintah Jepang memperkirakan ada lebih dari setengah juta orang berusia antara 15-39 tahun yang hidup dalam isolasi sosial di Jepang.


Suka? Ayo Bagikan konten ini Ke teman agar makin Seru!

Bagaimana perasaan kamu setelah membaca konten ini?

Suka Suka
0
Suka
Sedih Sedih
0
Sedih
Bingung Bingung
0
Bingung
Marah Marah
0
Marah
Takjub Takjub
1
Takjub
Ngakak Ngakak
1
Ngakak

0 Komentar

Micca Adi Ismanto Junior

Saya sering dipanggil Mika, saya memanfaatkan waktu luang untuk mengulas sedikit informasi mengenai dunia Perwibu'an, dan saya sempatkan sedikit untuk nongkrong di Nekopoi (Warung Tercinta).

Mau Berbagi Apa Hari ini?
Artikel
Konten Original dari Kamu atau Berita Seputar Geek & Pop-culture
Polling
Buat Polling dan Ajak Komunitas untuk Memilih
Kuis kepribadian
Buat Pertanyaan Untuk Mengetahui Seberapa Luas Pengatahuan Kalian
Kuis Trivia
Buat Pertanyaan Untuk Mengetahui Seberapa Luas Pengatahuan Kalian
Peringkat
Buat List, Daftar atau Peringkat Seputar Geek & Pop-culture
Daftar terbuka
Buat Item untuk Di voting oleh Komunitas