10 Film Terbaik Karya Sutradara Christopher Nolan

in , ,
Film Terbaik Christopher Nolan

Siapa sih yang tidak kenal dengan Chistopher Nolan? Salah satu sutradara film terbaik ini sudah banyak mengarahkan film-film terkenal. Pembuat film asal London ini memulai debut sutradaranya dengan film Following yang dirilis pada tahun 1998. Film dengan budget kecil ini berhasil mencuri perhatian di San Fransinco Festival. Following bahkan masuk sebagai nominasi Golden Globe dan Academy Award untuk kategori ‘best screenplay’.

Nolan juga berhasil membawa film superhero dengan begitu apik, buktinya trilogi The Dark Knights bisa dibilang franchise tanpa cacat. Nah, kali ini kami akan membagikan daftar 10 film terbaik karya Christopher Nolan. Ingin tahu, apa saja? Cek di bawah ini!

10 Film Terbaik Karya Christopher Nolan

Following (1998)

Following Poster

Film ini secara keseluruhan menggambarkan seorang penulis muda yang tidak menganggur. Awalnya, ia menetapkan aturan ketat untuk dirinya sendiri tentang siapa yang harus diikuti untuk dapat dijadikan bahan, namun malah dihadapkan pada kendala-kendala yang membuat hidup penulis menjadi berubah.

Dia mengubah penampilannya, memotong pendek rambutnya dan mengenakan setelan gelap. Dan di dalam perjuangan nya untuk mengikuti seseorang agar dapat belajar banyak dari orang tersebut, penulis ini malah harus berurusan dengan polisi, wanita dan banyak lagi.

Memento (2000)

Memento Poster

Leonard Shelby yang diperankan oleh Guy Pearce memiliki cerita yang kompleks mengenai kehidupannya pasca-ingatan jangka pendeknya yang hilang ketika berkelahi dengan penyerang istrinya saat tengah malam. Hal terakhir yang tersimpan dalam memori jangka panjangnya adalah istrinya yang sedang sekarat di hadapannya.

Semenjak itu, Leonard mengabdikan hidupnya untuk berusaha mencari penyerang istrinya. Ingatan jangka pendeknya yang rusak membuat Leonard menggunakan foto, catatan, dan tato di tubuhnya untuk mengingat petunjuk-petunjuk yang sudah dia dapatkan untuk mengungkap teka-teki pembunuh istrinya. Secara bergantian film ini memiliki latar hitam putih dan latar berwarna.

Latar hitam putih menceritakan urutan kronologis pencarian Leonard dengan alur maju, sedangkan latar berwarna menandakan pencarian Leonard dengan alur mundur. Latar hitam putih dan berwarna ini akan saling bergantian muncul hingga bertemu di pertengahan kronologis di mana hal itu ada di akhir film.

Insomnia (2002)

Insomnia Poster

Detektif Dormer (Al Pacino) tiba bersama rekannya Hap (Martin Donovan) di Nightmute, sebuah kota kecil di Alaska, untuk melakukan penyelidikan terhadap pembunuhan seorang gadis 17 tahun Kay Connel. Dommer kemudian bertemu dengan Ellie Burr (Hillary Swank), seorang detektif muda wanita yang bersemangat yang juga turut membantu melakukan penyelidikan itu.

Dormer tampaknya baru saja terkena kasus yang diselidiki oleh provoost, dan rekannya Hap rupanya berencana untuk memberikan testimoni yang memberatkan Dormer, dan ini membuat Dormer marah. Setelah perselihan tersebut, dalam upaya pengejaran pelaku pembunuhan Kay Connel keesokan harinya di tengah kabut, Dormer menembak orang yang diduganya adalah sang pelaku, namun rupanya Dormer menembak Hap, dan kemudian berbohong bahwa itu adalah kesalahan pelaku yang berhasil melarikan diri.

Dormer kemudian melibatkan diri dalam persekongkolan dengan sang pelaku, Walter Finch (Robin William) yang melihat kejadian penembakan tersebut. Pada musim itu, matahari tidak pernah tenggelam di Alaska, dan membuat Dormer juga harus berjuang mengatasi insomnianya, yang membuatnya berhalusinasi dan kehilangan fokus.

Batman Begins (2005)

Batman Begins Poster

Batman Begins memakai semua plot dasar dari cerita Batman, namun Nolan tidak mentah-mentah menerjemahkan cerita yang telah dikenal umum tersebut ke layar lebar. Dengan menambah kedalaman cerita dan karakter-karakter yang kuat, maka ia mengekplorasi Batman dengan plot yang lebih membumi dan realistis, sehingga Batman Begins hadir berbeda dengan penggambaran superhero lainnya.

Batman Begins hadir sebagai film yang berjalan di trek yang semestinya. Beginilah film Batman seharusnya. Penekanan pada cerita daripada aksi ternyata tidak mengecewakan dan membuktikan bahwa cerita dan karakter yang kuat itu lebih penting bagi sebuah film, dari pada hanya mengejar sensasi belaka. Film Batman karya sutradara Christopher Nolan menjadi awal dai trilogy yang nantinya akan menjadi legenda di dunia film genre superhero.

The Prestige (2006)

Pretige Poste

Film ini bercerita tentang kehidupan yang dijalani oleh pesulap atau magician. Awalnya Angier dan Borden adalah sesama pesulap yang bekerja dipertunjukan Cutter. Cutter juga senang punya anak didik seperti mereka berdua. Angier dan Borden juga disuruh untuk belajar sulap ke negri lain yang jauh. Hingga suatu saat istri Angier meninggal karena kesalahan dari Borden mengikat sebuah simpul. Hal ini membuat Angier sangat dendam dan selalu mengintimidasi Borden agar dia mengaku simpul ikatan apa yang dia ikat.

Tidak sampai di situ saja, disaat Borden mempertunjukkan sulap menangkap peluru dari tembakan pistol dengan tangan, Angier datang dengan menjadi algojonya. Dan memasukkan peluru dan menembagi Borden. Alhasil jari dari Borden harus di amputasi. Tidak tinggal dia disaat Angier beraksi menunjukkan aksi sulapnya Borden datang untuk mengacau akibatnya jari pengunjung putus.

Jelas di antara Angier dan Borden tidak ada lagi persaingan yang sehat, mereka berdua seperti sudah ingin membunuh satu sama lain saja. Suatu ketika Borden menemukan trik sulap yaitu berpindah dari satu ruangan ke ruangan lain dengan cepat. Angier yang menyaksikan adengan itu langsung tidak terima pesaingnya bisa mempunyai trik baru. Angier tidak tinggal diam, dia langsung cari cara agar dapat mengkopi triknya dan membuat lebih menarik. Akhirnya Angier mampu membuat trik yang lebih keren dengan bermodal 2 pintu Angier langsung dapat membuat trik yang serupa dan pertunjukannya adalah The Transporter. Tidak tinggal diam Borden berusaha keras untuk mempermalukan Angier.

The Dark Knight (2008)

Dark Knight Poster

Film The Dark Knight ini menceritakan tentang keadaan kota Gotham. Di kala Kota Gotham sedang damai, tiba-tiba saja muncul kejadian perampokan serta pembunuhan berturut-turut . Dalang dari serangkaian peristiwa tersebut tiada lain adalah Joker (Heath Ledger). Bruce Batman Wayne yang sudah mulai terbiasa dengan hidup damai di Gotham mulai resah dan turun tangan atas peristiwa tersebut.

Ketika melakukan aksinya, Joker terkenal tak ambil pusing untuk menghabisi nyawa korban bahkan anak buahnya sendiri. Ia terkenal sebagai penjahat berdarah dingin yang menghalalkan segala cara untuk memenuhi ambisinya. Bahka ia memiliki cara licik, ia memberikan tuntutan sulit kepada kepolisian setempat. Joker menangkap beberapa orang serta di jadikan sandera dan hanya akan melepaskan jika Batman diberikan padanya.

The Inception (2010)

Inception Poster

Film Inception menceritakan tentang seorang pencuri liar yang bernama Dom Cobb (Leonardo DiCaprio) yang melakukan aksi-aksinya dalam alam bawah sadar mimpi. Adalah Dom Cobb (Leonardo Di Caprio) dan partnernya, Arthur (Joseph- gordon Levitt) yang berprofesi sebagai pencuri ide atau rahasia perusahaan melalui alam bawah sadar korban mereka.

Cara memasuki alam pemikirannya ketika orang tersebut sedang berada di alam mimpi. Kemampuan unik ini sering disebut sebagai sebuah kemampuan untuk melakukan extraction.

Saito (Ken Watanabe), yang kagum akan kemampuan Cobb, ia diberikan sebuah tugas yang lebih berat lagi, yakni untuk melakukan penanaman ide di pemikiran seseorang, yang lazim disebut inception.

The Dark Knight Rises (2012)

Dark Knight Rises Poster

Kisah ini bersettingkan delapan tahun setelah Batman (Christian Bale) dituduh sebagai pelanggar hukum dan buronan polisi Gotham demi menutupi aksi kejahatan Harvey Dent alias Tow Face. Dent sendiri akhirnya dianggap sebagai The White Knight. Atas dasar inilah Bruce Wayne yang semakin tua dan sedikit cacat menahan diri untuk tidak lagi keluar sebagai Batman.

Di lain pihak kota Gotham mendapatkan ancaman dari teroris bernama Bane (Tom Hardy) yang ingin menguasai Gotham. Maka dengan melawan segala konflik batin, Wayne akhirnya merasa harus membangkitkan kembali Batman. Tokoh antagonis yang sangat brutal tersebut akan menguji batas kemampuan yang dimiliki Batman baik fisik maupun mental.

Interstellar (2014)

Interstellar

Ketika Bumi sudah tidak layak huni, sebuah tim penjelajah luar angkasa melakukan sebuah misi paling penting dalam peradaban manusia. Perjalanan lintas galaksi dilakukan oleh Cooper (Matthew McConaughey), seorang insinyur dan Brand (Anne Hathaway) untuk mencari tempat tinggal baru bagi manusia di masa depan.

Mereka harus melakukan perjalanan melalui lubang cacing (wormhole) demi menemukan planet yang layak huni bagi kelangsungan hidup manusia. Wormhole adalah sebuah lubang yang memiliki gaya gravitasi yang sangat kuat yang diduga bisa digunakan sebagai mesin waktu.

Dunkirk (2017)

Dunkirk Poster

Dunkirk adalah sebuah kota di Perancis yang saat itu menjadi saksi atas kejadian paling menyeramkan dan juga peristiwa evakuasi Dukirk pada tahun 1940.

Pada tahun 1940 perdana menteri Inggris menjabat Winston Churchill. Satuan militer Inggris yang melakukan ekspedisi bersama angkatan darat Perancis sedang terjebak di sebuah wilayah sementara sebagian besar lainnya tentara Inggris masih berada di kota Lille. Namun dua kesatuan tentara Jerman berjumlah sangat banyak menyerang mereka dari arah Timur oleh Jenderal Fedor Von Bocks dan dari barat Jenderal Gerd Von Rundstedt.

Pada tanggal 3 Juni 1940 tentara terakhir kesatuan dari Inggris telah tiba dan akhirnya dinyatakan bahwa operasi Dunkirk telah selesai. Meski demikian perdana menteri Churchill memaksa untuk kembali ke area perang untuk membantu penyelamatan terhadap tentara Perancis.

Operasi Dunkirk adalah salah satu operasi penyelamatan paling tragis antara tentara Inggris dengan tentara German pada tahun 1940.

0/5 (0 Reviews)

Muhammad Furqan

Suka Main Game dan Nonton Film, Mau Kenal Lebih Dekat? Colek di Sosial Media.

Ayo mulai berdiksusi