10 Film Terbaik Yang Disutradarai Oleh Christopher Nolan

in ,
Film Christopher Nolan
Film Christopher Nolan | pinterest

Christopher Nolan merupakan salah satu sutradara terpopuler yang bekerja di Hollywood saat ini. Dia adalah sutradara yang bisa menciptakan kejutan dan hype setiap kali dia mengumumkan proyek baru.

Film terbarunya yang berjudul Tenet adalah salah satu film yang paling ditunggu tahun depan, dan kita bahkan belum tahu tentang apa film itu.

Popularitas Nolan berasal dari filmografinya yang mengesankan dan menampilkan beberapa film modern terbesar dan paling ambisius. Dia bahkan memiliki tujuh film yang masuk dalam daftar 250 film terbaik IMDb sepanjang masa.

Banyak penggemar mungkin akan setuju jika sampai saat ini Nolan belum membuat film yang buruk. Bisa dikatakan bahwa, bahkan film ‘terburuk’ yang disutradarai oleh Christopher Nolan masih sangat bagus dan luar biasa.

Bagi penggemar baru, Christopher Nolan mungkin dikenal karena kesuksesannya dalam trilogi Dark Knight, Inception, dan Interstellar. Namun ia sudah banyak membuat film hebat lainnya yang mungkin belum kalian ketahui.

Berbicara mengenai semua karyanya, kali ini Dafunda bakal merangkum 10 film terbaik Christopher Nolan (Menurut IMDb). Simak ulasannya berikut ini.

10. Insomnia

film Christopher Nolan
credit: IMDb

Insomnia biasanya sering disebut dalam daftar film-film terbaik karya Christopher Nolan. Meskipun peringkatnya paling rendah dalam daftar ini, Insomnia tetap merupakan film yang luar biasa.

Film ini adalah remake dari film Norwegia yang dibintangi oleh Al Pacino sebagai detektif yang menyelidiki pembunuhan di sebuah kota kecil di Alaska. Ketika ia berurusan dengan insomnia, ia mendapati dirinya diperas oleh si pembunuh.

Film kejahatan mungkin agak terlalu suram bagi sebagian besar penonton. Film ini mungkin tidak memiliki nuansa epik yang sama seperti beberapa karya Nolan nanti.

Namun cerita misterinya seru, akting Pacino dan Robin Williams yang hebat menjadikannya salah satu perannya yang paling ikonik.

9. Following

Following

Film pertama Nolan adalah film yang jauh lebih kecil dari yang sekarang. Akan tetapi keterampilannya yang luar biasa sebagai sutradara sudah ditampilkan secara penuh.

Film misteri hitam-putih ini berfokus pada seorang penulis yang mengikuti orang-orang. Dia berharap akan mendapatkan bahan untuk karya terbarunya. Dia akhirnya menemukan apa yang dia cari ketika seorang pencuri menjadikannya sebagai bawahan.

Seperti kebanyakan film fitur pertama, film ini terasa kecil dan mandiri. Nolan akan tumbuh pesat sebagai seorang sutradara film setelah ini. Meskipun begitu, kalian masih dapat merasakan kemampuannya yang berbeda untuk menciptakan suasana hati dan lingkungan dengan cara yang sangat efektif.

8. Dunkirk

film Christopher Nolan Dunkrik

Christopher Nolan sangat menyukai pembuatan film dengan gaya lama atau biasa disebut dengan istilah ‘old school'”. Ketertarikannya ini di tunjukan pada film perang yang sangat ambisius ini.

Film ini bercerita tentang evakuasi pasukan Inggris yang putus asa dalam Perang Dunia II dari Dunkirk, Prancis ketika pasukan Jerman mendekati. Dunkirk menceritakan dari banyak perspective, mulai yang ada di pantai, mereka yang ada di kapal dan mereka yang ada di dalam pesawat.

Beberapa penggemar mungkin tidak begitu tertarik dengan cerita yang hampir tanpa dialog. Atau mungkin timeline yang membingungkan terlalu sulit untuk diikuti. Tetapi banyak orang menganggapnya sebagai penggambaran kepahlawanan yang langka dalam perang.

7. Batman Begins

Batman Begins

Waralaba Batman sebenarnya sudah mati dengan Batman and Robin. Namun Nolan datang dengan membawa penggambaran yang realistis tentang Caped Crusader.

Batman Begins dibintangi oleh Christian Bale sebagai Bruce Wayne. Film ini menceritakan dalam kisah asal usul tentang bagaimana ia menjadi Batman dan pelindung Gotham City.

Film ini langsung menghidupkan kembali waralaba Batman dan langsung memberi para penggemar tampilan yang mereka tunggu-tunggu di layar lebar. Bale dipuji karena penggambaran karakternya yang lebih gelap dan membantu meluncurkan salah satu trilogi paling populer sepanjang masa.

6. The Dark Knight Rises

The Dark Knight Rises

Nolan adalah pembuat film langka yang mampu mengakhiri seri superhero dengan caranya sendiri. The Dark Knight Rises memaksa Bruce Wayne untuk kembali ke perannya sebagai Batman dan bergabung dengan Catwoman.

Mereka berdua harus menghentikan seorang tentara bayaran bernama Bane yang mengubah Gotham menjadi zona perang.

Film ketiga dan terakhir tidak terlalu mengesankan dimata kritikus. Akan tetapi penggemar tampaknya telah menemukan kesimpulan yang memuaskan. Penampilan Tom Hardy sebagai Bane dan Anne Hathaway sebagai Catwoman sangat bagus dan memiliki khas tersendiri. Kisah itu berakhir pahit dan manis secara bersamaan.

5. Memento

Memento

Nolan mulai menarik banyak perhatian banyak orang dengan film keduanya, sebuah film misteri noir yang mengagumkan.

Memento yang dibintangi oleh Guy Pearce menceritakan orang yang mengalami ingatan jangka pendek. Dengan penyakitnya itu, dia mencoba untuk menyelesaikan misteri siapa yang membunuh istrinya.

Film ini dipuji sebagai salah satu film modern paling inventif, dengan Nolan yang menceritakan seluruh kisah secara terbalik. Meskipun mungkin terdengar seperti tipuan, itu menghasilkan pengalaman film yang menawan, asli dan tak terlupakan. Christopher Nolan mengokohkan dirinya sebagai salah satu sutradara terbaik dengan film ini.

4. The Prestige

The Prestige

Prestise tidak terlalu hype ketika dirilis jika dibandingkan dengan film-film Nolan lainnya, Akan tetapi popularitas film ini terus meningkat dari waktu ke waktu.

Film ini dibintangi oleh Christian Bale dan Hugh Jackman sebagai pesulap. mereka berdua terus berusaha mengalahkan satu sama lain dalam mencari trik yang sempurna.

Sekali lagi, Nolan menciptakan sebuah kisah yang membuat penonton berdecak kagum. Nada gelap film ini membuat siapapun yang menonton terus mengikuti kisah aneh yang perlahan-lahan mengungkapkan dirinya dengan cara yang cerdas dan tidak terduga.

3. Interstellar

Interstellar

Nolan telah berbicara tentang pengaruh film 2001: A Space Odyssey yang menjadikannya sebagai sutradara film. Karena hal itu juga, tidak mengejutkan jika Nolan akhirnya membuat film ruang angkasanya sendiri.

Film Interstellar dibintangi oleh Matthew McConaughey sebagai seorang insinyur yang setuju untuk mengambil bagian dalam misi luar angkasa. Misinya adalah untuk menemukan planet yang layak huni dan harus pergi meninggalkan keluarganya di Bumi.

Banyak yang menganggap film ini sebagai yang paling mendalam dari karya Nolan. Banyak juga penggemar yang terharu menyaksikan kisah keluarga ini. Film ini juga merupakan keajaiban visual dengan banyak ide menarik dan liku-liku sepanjang cerita.

2. Inception

Inception

Inception adalah film yang membuktikan bahwa Nolan adalah seorang master sinema modern yang mampu membuat film yang sama hebatnya atau bahkan lebih hebat dari Batman.

Film ini menceritakan tentang seorang pencuri yang dapat memasuki mimpi orang untuk mencuri pikiran mereka. Dia terpikat pada pekerjaan berbahaya ini dengan harapan dapat bersatu kembali dengan keluarganya.

Penonton sangat terpesona oleh film thriller epik yang dibangun oleh Nolan. Dari ide yang sangat unik, visual yang luar biasa hingga rangkaian perampokan itu sendiri. Nolan berhasil membuat salah satu film aksi yang tak akan terlupakan.

1.The Dark Knight

film Christopher Nolan

Batman Begins mungkin mengubah franchise Batman ke arah yang lebih baik. Akan tetapi The Dark Knight mengubah genre superhero selamanya.

Sekuel ini mengeksplorasi pertarungan Batman untuk menjaga Gotham ketika orang gila yang dikenal sebagai Joker melepaskan teror di kota dan orang-orangnya. Heath Ledger menciptakan penjahat film paling ikonik dengan penggambaran anarkis pada Joker.

Nolan menunjukkan pandangan realistisnya pada pahlawan super dan menciptakan sebuah cerita epik kejahatan yang dibintangi Batman. Adegan-adegan aksi yang mendebarkan dan para penggemar merasa terpukau. Christopher Nolan juga menunjukkan bahwa film-film komik juga bisa dianggap serius.


Nah itulah 10 film terbaik yang disutradarai oleh Christopher Nolan. Apakah salah satu film diatas masuk dalam daftar film favorit kalian? Komen di bawah ya.

Bagikan jika kamu suka