Pada tahun ini, film terkenal seperti Avengers: Age The Ultron, Jurassic World dan Star Wars: The Force Awakens merupakan beberapa di antara blockbuster Hollywood. Bisa dikatakan film-film inilah yang memegang kendali puncak box office hampir di seluruh pasar film yang menayangkannya.

Namun, tak semua box office negara Asia yang mau ditundukkan oleh film-film Hollywood. Ada beberapa film lokal yang berhasil berjaya di negara sendiri, meski film-film blockbuster dirilis bersamaan dengannya. Inilah beberapa film Asia yang berhasil mengalahkan film laris Hollywood sepanjang tahun ini.

Monster Hunt

Monster Hunt berhasil mengalahkan posisi Furious 7 sebagai film terlaris sepanjang sejarah di Tiongkok. Berdasarkan laporan The Hollywood Reporter, Monster Hunt meraup 381 juta dolar AS, melampaui perolehan Furious 7 yang hanya mengeruk 380,57 juta dolar AS.

JANGAN LEWATKAN
Yo-Kai Watch the Movie 2 ungguli Star Wars

Film Monster Hunt menceritakan seorang pemuda yang melahirkan monster mirip lobak yang dinamai Huba. Keduanya pun mengalami petualangan fantastis setelah tahu bahwa Huba dikejar-kejar oleh pihak-pihak tertentu.

Film garapan oleh sutradara kelahiran Hong Kong, Raman Hui, yang sebelumnya pernah berpengalaman di studio DreamWorks Animation sebagai ko-sutradara untuk film Shrek the Third (2007). Ia juga terlibat dalam film-film seperti Madagascar dan Puss in Boots.  Tonton trailernya di bawah ini.

Bajrangi Bhaijaan

Bajrangi Bhaijaan mengisahkan perjalanan seorang laki-laki India (Salman Khan) mengantarkan pulang seorang gadis cilik yang tersesat kembali ke negaranya Pakistan, di tengah konlik menahun India dan Pakistan. Bajrangi Bhaijaan yang disutradarai oleh Kabir Khan ini menjadi film Bollywood terlaris kedua sepanjang masa dan film Bollywood kedua yang terlaris di dunia.

JANGAN LEWATKAN
Yo-Kai Watch the Movie 2 ungguli Star Wars

Film terbaru Salman Khan, Bajrangi Bhaijaan, berhasil membukukan 93 juta dolar AS. Hasil ini jauh dari pendapatan Furious 7 dan Jurassic World yang hanya berhasil mengumpulkan 1 miliar rupee (sekitar 16 juta dolar AS).

Selain Salman Khan, Bajrangi Bhaijaan juga dibintangi oleh Karena Kapoor Khan, Nawazuddin Siddiqui dan artis cilik Harshaali Malhotra. Simak trailernya di bawah.

 

Veteran

Film ini sukses melangkahi rekor Avengers: Age of Ultron dan Avatar di Korea Selatan tahun ini. Menurut data Kobiz, film ini berhasil menjual 13,4 juta tiket sepanjang penayangannya. Sementara Avatar hanya menjual sebanayak 13,3 juta tiket dan Avengers: Age of Ultron menjual tiket sebanyak 10 juta di Korea Selatan.

JANGAN LEWATKAN
Yo-Kai Watch the Movie 2 ungguli Star Wars

Film komedi action garapan Ryoo Seung-wan ini begitu gigih dalam bertahan di box office Korea Selatan. Selama berminggu-minggu ia terus menambah penonton barunya di Korea Selatan hingga berhasil menjadi film Korea Selatan terlaris tahun ini. Pendapatan film tersebut bukan hanya unggul di antara film-film Korea Selatan saja tapi juga Hollywood.

Veteran menceritakan adu kekuatan antara seorang polisi bernama Seo Do Chul dan Jo Tae Oh, seorang penjahat angkuh yang kaya raya. Diceritakan, Jo Tae Oh selalu berhasil lolos dari kejaran Seo Do Chul dengan kekayaan dan koneksi yang dimilikinya. Veteran dibintangi oleh aktor-aktor kelas A seperti Yoon Ah In, Hwang Jung-Min, Yu Hae-Jin, dan Oh Dal-Su. Simak trailernya di bawah.

JANGAN LEWATKAN
Yo-Kai Watch the Movie 2 ungguli Star Wars

Yo-Kai Watch the Movie 2

Di Jepang, sekuel Yo-kai Watch the Movie: It’s the Secret of Birth, Meow!, menjadi fenomena box office. Film Yo-kai Watch the Movie 2 berhasil menjual tiket lebih banyak dari The Force Awakens saat dibuka di bioskop Jepang secara bersamaan.

Melansir laporan Variety, film animasi yang berdasarkan game populer Yo-Kai Watch ini berhasil menjual 957 ribu tiket selama dua hari penayangannya. Didistribusikan oleh Toho, film ini dirilis di 358 bioskop dan berhasil menghasilkan 8,71 juta dolar AS (Rp 119 miliar). Sedangkan Star Wars: The Force Awakens yang dirilis secara besar-besaran di 371 bioskop di Jepang dengan 958 layar hanya bisa menjual 800 ribu tiket pada akhir pekan kemarin. Lihat trailernya di bawah.