Fenomena alam sekitar memang menjadi satu momen menarik bagi sebagian orang, apalagi gerhana matahari juga dianggap sebagai suatu pertanda tertentu untuk sebagian lainnya. Para sineas Hollywood dan dunia, secara jeli menangkap reaksi masyarakat itu dengan menuangkannya ke dalam sebuah film.

Beberapa film yang memperlihatkan terjadinya peristiwa alam yang jarang terjadi ini, memiliki tema yang cukup bervariasi. Setidaknya, ada enam buah film berisi adegan gerhana matahari yang rasanya cukup menarik untuk dibahas. Beberapa film yang ada tersebut, berasal dari franchise yang cukup dikenal, dan beberapa diisi oleh aktor dan aktris populer.

Lalu, apa saja enam buah film yang memperlihatkan fenomena ini di dalamnya? Simak daftar selengkapnya di bawah ini.

1Ladyhawke

Film bertema fantasi petualangan Ladyhawke yang rilis 1985, memiliki momen gerhana matahari yang cukup unik. Digambarkan bahwa gerhana tersebut mengiringi momen ketika Ladyhawke dan kekasihnya bisa hidup untuk selamanya.

Lucunya, “gerhana” terjadi sehari setelah bulan purnama. Aslinya hal tersebut tidak mungkin karena gerhana matahari hanya bisa berlangsung di masa Bulan Baru. Penulis sempat dicap gagal paham astronomi untuk selamanya. Namun ada yang menganggap alur tersebut sebagai sebuah keajaiban.

Meskipun begitu, cerita novel yang diadaptasi oleh penulis Joan Vinge, memperbaiki adegan mustahil tersebut.

2Lara Croft: Tomb Rider

Angelina Jolie menjadi bintang utama film adaptasi game populer di Playstation ini. Fenomena gerhana matahari datang dari rencana organisasi The Big Bad.

Mereka ingin menyatukan segala macam fenomena astronomi dari setiap planet di tata surya, termasuk salah satunya adalah gerhana matahari.

3Apocalypto

Film arahan sutradara Mel Gibson ini, mengambil konsep peradaban primitif suku Maya di tahun 1511. Berbagai unsur kekerasan nan sadis menyertai setiap adegan penting di dalam Apocalypto.

Apocalypto memperlihatkan fenomena gerhana matahari ketika nyawa karakter utamanya, Jaguar Paw, berada di ujung tanduk saat ia berada di atas altar pengorbanan. Hidup Paw terselamatkan karena sang pendeta menafsirkan gerhana sebagai tanda bahwa rasa haus darah para dewa telah terpuaskan. Gerhana dalam film ini diikuti oleh malam bulan purnama.

4Fantasia

Salah satu film animasi klasik yang dirilis tahun 1940 ini, menggabungkan seni teater dengan unsur klasikal dan semi-dokumenter. Terdapat berbagai macam segmen dalam film ini.

Segmen bertema “Rite of Spring” dalam Fantasia, diakhiri dengan bencana gempa bumi yang disertai dengan pembentukan satu pegunungan baru. Fenomena tersebut terjadi selama gerhana matahari.

https://www.youtube.com/watch?v=yYGWLnoQDMY

5Naruto Shippuden the Will: Inheritors of the Will of Fire

Movie anime Naruto Shippuden yang rilis pada 2009 ini, juga memiliki satu momen krusial saat gerhana matahari muncul. Meskipun begitu, unsur fantasi sangat kental di fenomena tersebut.

Salah satu karakter bernama Hiruko berniat untuk menggunakan kekuatan gerhana matahari demi bisa melaksanakan rencananya. Akhirnya, Naruto dan teman-temannya mencoba untuk mengalahkannya saat momen gerhana semakin dekat.

6The Day the Earth Caught Fire

Tema bencana alam di film The Day The Earth Caught Fire, melibatkan fenomena gerhana matahari. Buah karya sineas Inggris berjenis fiksi ilmiah itu, menampilkan fenomenanya secara implisit.

Gerhana matahari total terjadi di atas kota London. Di dalam film ini, fenomena tersebut merupakan salah satu indikasi pertama bahwa Bumi telah bergerak tak teratur akibat uji coba nuklir.