the-batmanSejauh yang kita lihat, kebanyakan superhero atau superheroine terkenal selalu memakai topeng. Sebut saja Spider-man, Batman, Iron Man, Deadpool, atau Catwoman. Mereka lebih suka menyembunyikan wajah di balik topeng saat menumpas kejahatan di muka bumi. Mengapa mereka suka bersembunyi di balik topeng atau penutup kepala? Padahal mereka bisa saja memakai kostum superhero, seperti Superman yang menampilkan wajah elok mereka, sehingga warga pun lebih mudah mengenali kehadiran mereka sebagai superhero.

Nah untuk kamu yang ingin tahu alasan mengapa para superhero menggunakan topeng. Baca ulasan kami dibawah ini.

1Untuk Melindungi Orang yang Dicintainya

Menjadi superhero bukanlah hal yang mudah. Selain bertanggung jawab melindungi masyarakat di kotanya, ia juga harus melindungi anggota keluarganya dan orang-orang sekitar yang dicintainya dari musuh-musuh bebuyutannya. Seperti yang dilakukan oleh Spider-Man. Salah satu alasannya memakai topeng adalah untuk melindungi orang-orang yang dicintainya dari musuhnya.

JANGAN LEWATKAN
Trailer Perdana Civil War, Captain America Hajar Iron Man

Dalam komik Captain America: Civil War, diceritakan Spider-Man harus membuat keputusan yang sulit untuk mendukung Iron Man, yaitu mengungkapkan identitasnya kepada dunia saat konferensi pers. Karena identitas Spider-Man tersebut telah diketahui publik, maka musuhnya, pun menyuruh penembak jitu untuk membunuh keluarga Parker. Meskipun Mary Jane berhasil menghindar, Parker tidak mampu menolong bibinya lolos dari tembakan. Bibinya pun berada di ambang kematian. Untuk itu, topeng menjadi penting bagi Spider-man.

2Sebagai Tanda Pengenal

Batman juga memiliki kehidupan rahasia. Alasan Batman menggunakan topeng sempat dikatakan dalam film dan komiknya. Saat itu, Bruce Wayne mengatakan kepada Alfred di pesawat bahwa dirinya membuat sebuah simbol. Bruce meyakini penjahat adalah seorang pengecut dan untuk menyingkirkan kejahatan dari Gotham, karena itu ia harus menemukan mengubah dirinya menjadi simbol yang menakutkan yang memberikan rasa ketakutan ke dalam hati penjahat.

JANGAN LEWATKAN
Kostum Terbaru Ant Man di Civil War, Intip Disini

Lalu, Bruce pun terinspirasi oleh kelelawar, sebab dirinya phobia akan hewan tersebut. Dibuatlah olehnya sebuah topeng melambangkan wajah kelelawar. Dengan begitu, siapa pun akan mengenalinya sebagai Batman (manusia kelelawar). Selain itu, ia juga harus menyembunyikan identitasnya dari kolega-koleganya di kehidupan glamornya.

3Sebagai Alat Tempur

Bagi beberapa superhero atau pahlawan bertopeng bukan hanya untuk menyembunyikan identitas mereka, tapi untuk bertempur. Seperti Iron-Man, identitasnya terungkap pada akhir film pertamanya. Dia tidak memakai topeng untuk menyembunyikan identitasnya, tapi untuk digunakan bertempur melawan musuhnya. Helm Iron Man bisa melindungi kepalanya dari benturan, berkomunikasi dan mengoperasikan sistem keamanannya J.A.R.V.I.S, dan berisi senjata lainnya.

Begitu pula dengan Ant-Man. Jika Ant-Man tak memakai helmnya, Scott Lang pun tidak bisa mengecil. Karena helmnya terhubung dengan gas yang mampu mengecilkan penggunanya.

JANGAN LEWATKAN
Film Superhero Jepang Dengan Subtitle Amburadul ini pasti Bikin kamu Ngakak

4Menjaga Penampilan

Beda lagi dengan superhero Deadpool alias Wade Winston Wilson. Melansir Marvel Wikia, superhero berkostum merah hitam itu menggunakan topeng untuk menutupi wajahnya yang rusak. Awal cerita, Wade Winston Wilson dijanjikan kesembuhan dari penyakit kanker yang dideritanya dengan menjadi objek tes Program Weapon X.

Akan tetapi, setelah bergabung dengan program tersebut, ia berubah menjadi seorang mutant yang memiliki kekuatan meregerasi tubuh dengan cepat. Akibat dari tes Progam Weapon X tersebut juga memberikan bekas luka mengerikan di seluruh tubuhnya. Untuk itu dia menggunakan topeng.