Jepang selalu punya film sendiri untuk melawan film pendatang baru dari Hollywood. Akhir tahun lalu, Yo-kai Watch the Movie 2 berhasil mengungguli Star Wars: The Force Awakens, kini giliran film animasi lokal Detective Conan yang berhasil mengalahnya dua film laris dari Disney sekaligus, yaitu Zootopia dan Captain America: Civil War. Detective Conan: The Darkest Nightmare masih memimpin box office Jepang selama liburan akhir pekan ini, ia berhasil mengumpulkan 5,3 juta dolar AS selama 30 April hingga 1 Mei.

Seperti dilansir Variety, penjualan tiket movie ke-20 Detective Conan untuk akhir pekan ini masih relatif stabil, yakni sekita 490 ribu tiket. Apabila dijumlahkan secara total dengan penghasilan dua pekan sebelumnya, maka penghasilan Detective Conan: The Darkest Nightmare kini sudah mencapai angka 34 juta dolar AS.

JANGAN LEWATKAN
Captain America: Civil War Langsung Puncaki Box Office Amerika

Tak jauh di bawahnya, film animasi Zootopia masih menempel di posisi kedua dengan perolehan 4,8 juta dolar AS. Zootopia sukses meningkatkan 35 persen pendapatannya dari pekan sebelumnnya.

Sementara untuk film Diney lainnya, Captain America: Civil War, baru dirilis di Jepang pada 29 April lalu. Tayang di 613 layar, film pertempuran dua kubu superhero ini hanya menghasilkan 4,2 juta dolar AS. Meski gagal mencuri podium teratas di box office, pendapatan dari film ini sudah lebih banyak dua kali lipat daripada permutaran perdana film Captain America: Winter Soldier (2014) di Jepang.

Meninjau ke negara lain, film ketiga Captain America ini masih jauh beruntung. Ia sukses menduduki peringkat pertama di banyak negara. Di Korea sendiri, film ini meraup 28,7 juta dolar AS sejak dirilis di 1.989 layar pada Rabu pekan lalu. Dalam waktu lima hari, Civil War sanggup menjual 3,93 juta lembar tiket dan menguasai 91 persen total pendapatan box office akhir pkean di Korea Selatan.

JANGAN LEWATKAN
The Road to Civil War Tunjukkan Sebab Terjadinya Civil War

Angka itu menjadi perolehan film impor terbesar di Korea Selatan dan sekaligus untuk Marvel sendiri. Bahkan, rekor pendapatan pekan perdananya ini mengungguli film terdahulunya, Avengers: Age of Ultron yang menghasilkan 28,5 juta dolar AS pada tahun 2014.