Sudah menjadi hal biasa bagi penggemar film melihat antrean panjang ketika masuk ke bioskop. Apalagi jika film tersebut merupakan film yang sangat sangat terkenal dan dinanti oleh penonton Indonesia, seperti Furious 7, Avengers: Age of Ultron ataupun Surga Yang Tak Dirindukan. Saat ditayangkan pertama kali di Indonesia, tiket film-film tersebut ludes terjual. Bahkan harus mengantre jauh-jauh hari agar tidak kehabisan tiket.

Untuk sementara ini, Indonesia memiliki tiga jaringan bioskop besar, yaitu XXI, Cinemaxx, dan CGV blitz. Ketiga bioskop tersebut menawarkan cara pembelian tiket tanpa perlu mengantre panjang di bioskop. Apa sajakah? Ini dia tips membeli tiket tanpa perlu mengantre.

1Melalui Situs Penjualan Tiket Online

Di Indonesia, antrean panjang sering kita lihat di bioskop-bioskop saat film luar tiba di Tanah Air. Akan tetapi hal tersebut jarang terjadi di bioskop-bioskop belahan Amerika Utara. Menurut penuturan Hermawan Sutanto, IT Marketeer di laman Chip, saat mengunjungi Washington State, dirinya tidak melihat antrean panjang saat film blockbuster seperti James Bond diputar. Mengapa demikian?

Ternyata, kebanyakan dari mereka lebih memilih pembelian karcis secara online. Para calon penonton membeli tiket melalui situs tiket bioskop terbesar di Amerika, Fandango.com. Hermawan mengatakan, penonton hanya memberikan karcinya untuk di scan barcode-nya, dimana karcis itu adalah yang di berikan dari web bioskop tersebut.

XXI, CGV blitz dan Cinemaxx sudah memberikan layanan online dengan opsi memilih tempat duduk sendiri. Kita tinggal membuka website masing-masing bioskop yang diinginkan, lalu memilih film yang kita inginkan, jam tayang dan posisi tempat duduk. Sistem pembayarannya bisa menggunakan kartu kredit, debit dan doku wallet (sebuah dompet virtual yang dilengkapi dengan fitur kartu kredit dan cash wallet).

2Pembelian Melalui SMS

XXI memiliki layanan yang dinamakan M-TiX. M-Tix merupakan layanan untuk penjualan melalui website, SMS dan telepon. Penonton tinggal menjadi mendaftar menjadi anggota M-Tix di bioskop dan menyetor saldo minimum Rp 150 ribu. Setelah itu penonton langsung bisa mengakses dan memesan tiket melalui SMS.

Setiap transaksi pembelian, M-TiX dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 1.000 per tiket. Pembelian tiket M-TiX ini bisa digunakan untuk 8 tiket film dengan lokasi dan waktu tayang sama. Jika saldo M-TiX habis, maka pengguna bisa mengisi ulangnya di lokasi pendaftaran M-TiX atau melalui ATM. Petunjuk selengkapnya bisa kunjungi https://mtix.21cineplex.com.

3Melalui Aplikasi

XXI dan CGV blitz menyediakan layanan memesan tiket langsung dari aplikasi di ponsel. Kelebihan aplikasi dibanding dengan SMS ataupun mobile web adalah lebih mudah dalam pembelian, pemilihan kursi hingga tiket elektronik.

Dengan aplikasi, calon penonton tidak diharuskan mencetak tiket. Melalui aplikasi calon penonton, hanya perlu menunjukkan tiket elektroniknya yang ditampilkan di layar ponsel dan di-scan dengan barcode reader saat penonton masuk ke studio bioskop.

4Mendaftar Kartu Membership

Salah satu kemudahan yang ditawarkan CGV blitz agar tidak mengantre panjang adalah Self Ticketing Machine. Akan tetapi sebelum itu, calon penonton harus mendaftar kartu keanggotaan yang dinamai CGV blitz Member Card.

Kartu ini berfungsi sebagai alat identifikasi saat melakukan transaksi di lokasi CGV blitz dan secara online. Jadi di CGV blitz, bisa melakukan transaksi sendiri di lokasi menggunakan Self Ticketing Machine yang memperbolehkan calon penonton bisa memilih tiket, tempat duduk dan melakukan pembelian snack sendiri.

BAGIKAN
Penulis di Dafunda #Movies, Suka Main Game dan Nonton Film, Mau Kenal Lebih Dekat? Colek di Sosial Media.