Duel sang penjaga keadilan Gotham City dan sang dewa tinggal menghitung hari di Batman v Superman. Dalam film yang akan dirilis 25 Maret ini, akan mengajikan versi Batman terbaru yang diperankan oleh Ben Affleck.

Kostum manusia kelelawar ini memang menjadi perbincangan dikalangan penggemar hangat sejak pertama kali kemunculannya dalam film live action Batman baik terlevisi maupun bioskop. Solanya, setiap kemunculannya di film baru, sang Ksatria Kegelapan pasti muncul dengan kostum baru.

Itulah sebabnya mengapa para penggemar selalu dibuat penasaran dengan alat teknologi apa lagi yang akan dipadukan dalam batsuit selanjutnya. Sambil menunggu Batman v Superman: Dawn of Justice yang sebentar lagi bakal tayang di bioskop, tak ada salahnya kita melihat kembali kostum-kostum lama yang dipakai Batman dan bagaimana perubahan kostum ini sampai sekarang.

1Batman dan Batman and Robin (1943-1949)

Lewis Wilson adalah aktor pertama yang mengenakan kostum Batman. Pertama kali muncul, Batman dikemas dalam serial 15 episode yang diputar di bioskop. Ia mengenakan pakaian ketat berwarna abu-abu dengan logo kelelawar berwarna hitam di dada. Ia juga memakai sabuk silver di perutnya dan topeng yang mempunyai tanduk runcing. Sayap yang ada dijubahnya juga berujung lancip seperti sayap kelelawar.

JANGAN LEWATKAN
7 Superhero yang Akan Mencuri Perhatian di Tahun 2016

Karena setidiknya biaya produksi, Batmobile yang digunakan hanya mobil Cadillac biasa. Kostum Batman ini kembali muncul dalam sekuel serial ini yang dirilis tahun 1949 dan bertajuk Batman and Robin.

2Batman (1966)

Batman dan Robin kembali muncul di layar televisi pada tahun 1966. Kali ini giliran aktor Adam West yang menggenakan jubah kelelawar ini. Sama halnya dengan kostum tahun 1946, hanya saja toperng Batman kali ini terbuat dari material yang lebih solid, dengan sedikit tambahan alis di atas lubang mata. Simbol dan sabuk Batman dalam kostum ini berwarna kuning.

3Batman dan Batman Returns (1989-1992)

Bila kostum sebelumnya masih mengenakan setelan warna abu-abu, batsuit yang ada dalam film ini berwarna hitam polos. Untuk membuatnya lebih mencolok, sanya simbol di dada dan sabuk yang menggunakan warna kuning.

JANGAN LEWATKAN
Persetan dengan Review Buruk, Batman V Superman Pecahkan Rekor Global Opening!!

Dalam sekuel film yang dirilis tahun 1992, pakaian yang digunakan Batman Returns tidak hanya menggambarkan identitasnya, namun dengan ditambahkan setelan berbahan keras juga memberi kesan orang yang memakainya memiliki otot kekar.

batman3-DAFBagian topeng Batman pada kostum ini menjadi satu dengan bagian badan, Sehingga Michael Keaton yang berperan sebagai Batman agak susah menoleh secara normal. Ini juga menjadi khas Batman yang penuh dramatis.

4Batman Forever dan Batman & Robin (1995-1997)

Pada film ini yang mengenakan batsuit adalah aktor Val Kilmer, dan terdapat dua segaram. Yang pertama adalah Panther Suit, berwana bitam dengan logo kuning di dada. Kostum yang satu ini mengundang kontroversi dari penggemar Batman. Dengan desain bagian dada dan abdomen yang mirip dengan tubuh pria berotot, para penggemar menganggap kostum ini sangat norak.

JANGAN LEWATKAN
81 Persen dari Penonton, Suka dengan Suicide Squad

Seragam kedua yang digunakan oleh Val Klimer adalah Sonar Suit, berbahan metalik dan didominasi warna hitam. Hanya terdapat siluet kelelawar membentang di bagian dada, untuk menggantikan logo Batman yang bewarna kuning.

batman6-DAFBatman & RobinĀ  masih digarap oleh sutradara film Batman ForeverJoel Schumacher dirilis pada tahun 1997. Namun pemeran utama digantikan oleh George Clooney. Tak ada lagi logo berwarna kuning di kostum ini, digantikan emblem berwarna hitam.

batman5-DAFKostum lain juga di tampilkan dalam film ini. Arctic Suit ini dihisai sejumlah detail berwarna silver di bagian tangan, dada, hingga kaki. lagi-lagi kostum ini mendapat hinaan karena terlalu mirip dengan mainan anak-anak.

5Batman Begins, The Dark Knight, dan The Dark Knight Rises (2005-2012)

Kali ini giliran sutadara Chritopher Nolan yang membawa Batman yang lebih kelam dari yang sudah-sudah. Dalam film pertamanya, Christian Bale mengenakan kostum hitam polos. Hanya ada sedikit pahatan otot di bagian abdomen kostum ini, sementara sabuk tempat perlengkapan Batman dibuat tidak terlalu mengkilat. Topeng pada kostum ini masih menyatu dengan pundak, dan membuat susah untuk menoleh.

JANGAN LEWATKAN
Zack Snyder Tunjukkan Kostum Baru Batman di Justice League

batman10-DAFPada film kedua, topeng yang digunakan sudah terpisah dari pundaknya sehingga membuat sang aktor dapat bergerak dengan leluasa. Simbolnya juga dibuat lebih kecil dari film sebelumnya, mirip seperti logo papa poster film. Kostum film kedua ini juga dipakai kembali di film ketiga.

6Batman v Superman (2016)

Batsuit yang dikenakan oleh Ben Affleck memiliki cira khas sendiri. Mulai dari bagian telingan yang tidak seruncing film-film sebelumnya. Hingga Logo Batman yang memiliki sayap yang tebal.

Duel antara Superman dengan Batman ini merupakan hal yang paling ditunggu dalam film ini. Zirah kekar yang menutup tubuh seakan-akan membuatnya begitu besar, matanya pun dapat mengeluarkan sinar.

Sudah tak sabar melihat langsung aksi Batman dengan kostum baru ini? Batman v Superman akan hadir di bioskop pada 25 Maret 2016.