Perusahaan produksi Star Wars: The Force Awakens telah mengaku bersalah atas kecelakaan yang membuat luka serius Harrison Ford. Foodles Prodcution (UK) Ltd. anak perusahaan Walt Disney yang bertanggung jawab untuk syuting film di negeri itu, mengaku melanggar undang-undang kesehatan dan keselamatan kerja yang menyebabkan kecelakaan itu.

Aktor 74 tahun yang memerankan kembali perannya sebagai Han Solo dalam film blockcuster. Harrison Ford mengalami patah kaki dan luka lainnya setelah tertimpa pintu hidrolik dari Millennium Falcon. Insiden ini terjadi selama syuting di Pinewood Studios Buckinghamshire dekat London pada Juni 2014.

Menurut jaksa Andrew Marshall, sebuah pintu “bisa membunuh seseorang” jika tombol pemberhentian darurat tidak ditekan saat itu.”Fakta bahwa itu tidak akan terjadi karena pemberhentian darurat diaktifkan,” katanya. Seorang juru bicara dari Britain’s Health and Safety Executive juga mengatakan hal yang sama, menambahkan bahwa kekuatan sistem penggerak pintu “sebanding dengan berat sebuah mobil kecil.”

JANGAN LEWATKAN
Konsep Seni Blade Runner 2 Tunjukkan Dystopian Los Angeles

HSE meyambut pengakuan bersalah tetapi mengatakan bahwa ini kecelakaan yang tak bisa dihindari. “Industri film Inggris memiliki reputasi terkenal di dunia untuk membuat film yang luar biasa. Mengelola set dengan masuk akan dan proposional untuk semua aktor dan staf. Sangat penting untuk melindungi baik di layar maupun dibelakang layar, serta melindungi reputasi sendiri.”

Juru bicara itu juga menambahkan bahwa perusahaan telah sepenuhnya bekerja sama dengan penyelidikan. Foodles mengatakan dalam sebuah pernyataan, “Keselamatan pemain dan kru kami selalu menjadi prioritas utama di seluruh produksi.” Perusahaan ini akan melakukan persidangan pada 22 Agustus di pengadilan Aylesburry.

 

Sumber: Aceshowbiz

BAGIKAN
Penulis di Dafunda #Movies, Suka Main Game dan Nonton Film, Mau Kenal Lebih Dekat? Colek di Sosial Media.