Maz Kanata adalah karakter baru yang muncul dalam film Star Wars: The Force Awakens. Berbicara mengenai karakter ini, sutradara J.J. Abrams mengungkapkan bahwa inspirasi utama karakter ini adalah mendiang guru bahasa Inggrisnya semasa masih di bangku sekolah menengah.

Kepada The Palisadian Post, Abrams mengatkan bahwa guru bahasa Inggrisnya, Rose Gilbert, merupakan inspirasi untuk penciptaan karakter Maz Kanata. “Ya, karakter Maz aslinya berdasarkan dari Rose Gilbert yang hebat. Kami benar-benar ingin ceritanya terasa otentik, meskipun menjadi fantasi liar. Saya menyebut Rose dalam pertemuan cerita awal sebagai sesuatu yang abadi, sosok yang bijaksana yang saya benar-benar kenali di dalam hidup saya,” ungkap Abrams.

JANGAN LEWATKAN
Star Wars Menang Tipis Atas Jurassic World

Dijelaskan oleh The Palisadian Post, Rose Gilbert adalah seorang guru bahasa Inggris di Palisades Charter High School sejak sekolah itu dibuka pada tahun 1961. Sang guru mengajar hingga pensiun di usia 94 tahun pada tahun 2013. Sebelum pensiun, ia sempat mengajar tiga kelas Bahasa Inggris dalam ruangan kelas yang sama selama 51 tahun. Mendiang Rose Gilbert sendiri disebut sangat identik dengan karakter Maz di film The Force Awakens, yaitu selalu mengenakan kacamata.

“Saat kami bereksperimen dengan tampilan Maz Kanata, banyak model karakter yang diciptakan sebelum akhirnya ditentukan tampilan seperti dalam film. Selama itu Rose selalu menjadi inti inspirasi kami. Rick (desainer produksi The Force Awakens, red) dan saya mencoba untuk memberitahunya mengenai hal ini. Tetapi sayang sekali dia meninggal dunia saat kami mempersiapkan film ini,“ cerita Abrams.

JANGAN LEWATKAN
Bisakah The Force Awakens Melampaui Rekor Box Office?

Maz Kanata yang diperankan oleh Lupita Nyong’o merupakan karakter baru yang digambarkan sudah hidup di alam galaksi nan jauh di sana selama ribuan tahun. Pengetahuannya melebihi siapa pun. Maz juga digambarkan sebagai karakter yang bijaksana dan tempat di mana nasehat diberikan. Meskipun hanya muncul dalam porsi yang sedikit di Star Wars: The Force Awakens, J.J. Abrams sempat menyatakan bahwa karakter Maz Kanata akan mendapat cerita tersendiri di sekuel atau spin-off lain dari Star Wars.