Isu diskriminasi kembali mencoreng ajang penghargaan film bergengsi Academy Awards atau Oscar. Hastag #OscarSoWhite kembali bermunculan di media sosial menyusul pengumuman nominasi Oscar 2016, Kamis (14/1/2016) malam. Tahun ini, dengan melihat daftar nominasinya, Oscars ternyata mengulangi hal yang sama. Tak ada nomine dari warga berkulit hitam atau kulit berwarna lainnya. Alhasil, Oscars kembali mendapat respon dari netizen di media sosial dengan tagar #OscarsStillSoWhite.

Film Straight Outta Compton yang mengisahkan tentang grup rapper kulit hitam N.W.A menjadi salah satu yang disoroti netizen. Meskipun film ini masuk nominasi kategori skenario terbaik, tapi film ini tak masuk deretan kategori utama. Padahal, di ajang lain, seperti Screen Actors Guild-American Federation of Television and Radio Artist (SAG-AFTRA) memasukkan Straight Outta Compton dalam satu kategori yang menilai akting para aktornya (yang semuanya berkulit hitam, red).

“Kejadian ini seperti sekuel tahun lalu,” jelas Gil RobertsonPresiden African American Film Critics Association, seperti dikutip The Hollywood Reporter. “Nama-nama yang sudah masuk dalam nominasi memang pantas karena akting mereka sangat mengagumkan. Tetapi seseorang juga akan mengharap nominasi akan diberikan kepada film seperti Straight Outta Compton yang sudah menerima nominasi di ajang lain. Juri antar ajang penghargaan sebenarnya tak jauh beda, sehingga perbedaan ini membuat banyak orang bertanya-tanya.”

JANGAN LEWATKAN
Presiden Oscar Angkat Bicara Soal Perbedaan Warna Kulit

Pada tahun 2015, tidak sedikit film yang diperankan atau memiliki tema tentang orang berkulit hitam. Contohnya seperti Straight Outta Compton dan kisah perang saudara di Afrika, Beasts of No Nation, yang layak masuk ajang penghargaan film. Meskipun begitu, ada banyak pula film yang dibintangi oleh para aktor bukan berkulit putih yang dinilai para pengamat memiliki kualitas yang bagus.

Mulai dari Will Smith (Concussion), Michael B Jordan (Creed), Idris Elba (Beast of No Nation), Samuel L. Jackson (The Hateful Eight), Benicio Del Toro (Sicario), bahkan sampai aktris transgender pendatang baru Kitana Kiki Rodriguez (Tangerine). Mereka tak ada yang masuk nominasi Oscars tahun ini.

JANGAN LEWATKAN
Film Tragedi G30S/PKI Senyap Masuk Nominasi Oscar

Padahal, sebagai respon dari kejadian tahun lalu, anggota The Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS) yang akan memilih para pemenang Oscars sudah menambah 322 anggota baru. Hal ini dilakukan untuk menambah keragaman anggota yang sebelumnya didominasi oleh generasi tua, kulit putih dan laki-laki. Anggota baru yang masuk bulan Juli 2015, antara lain David Oyelowo, Gugu Mbatha-Raw dan sutradara F. Gary Gray, yang  semuanya berkulit hitam. Agaknya, usaha yang dianggap sudah konkret oleh AMPAS belum membuahkan hasil yang diinginkan.

“The Academy (AMPAS) benar-benar harus melipatgandakan usaha mereka untuk melakukan perubahan anggota dalam hal keragaman ras. Hal ini karena grup ini melihat suatu hal dari sudut pandang yang sangat berbeda dari apa yang dilakukan grup lain di sini,” tutup Gil.

JANGAN LEWATKAN
Inilah Daftar Lengkap Nominasi Oscar 2016