FIlm animasi asal Indonesia, Battle of Surabaya memang sudah turun dari layar lebar, tapi citranya masih terdengar hingga ke mancanegara. Film animasi produksi MSV Pictures ini telah meraih penghargaan Best Feature Animation di Noida International Film Festival 2016 di Noida, India. Tak lama kemudian, sutradara Battle of Surabaya, Aryanto Yuniawan mengumumkan bahwa film besutannya itu akan ditayangkan di Irlandia memeriahkan Dingle International Film Festival ke-16.

Seperti dilansir situs resminya, Battle of Surabaya akan diputar pada 20 Maret 2016 bertempat di The Phoenix Cinema di Dingle, Irlandia. “Semoga ini menjadikan inspirasi dan rasa percaya diri bagi insan kreatif animasi Indonesia, bahwa bukan sesuatu yang mustahil karya Indonesia bisa mendunia. Tidak perlu menjawab semua pertanyaan dan semua keraguan kapasitas filmmaker animasi Indonesia untuk berbicara menjelaskan kebenaran, cukup dengan terus bekerja dan berkarya,” komentar Aryanto melalui Facebook pada 6 Maret lalu.

JANGAN LEWATKAN
Battle of Surabaya Akan Dibuat dalam Versi 4DX

Tak hanya sampai disini, Aryanto juga menyampaikan prestasi lain yang diraih Battle of Surabaya di bulan Maret ini. Film Battle of Surabaya katanya, juga masuk nominasi Competition Feature Holland Animation Film Festival. Karyanya disandingkan dengan garapan animator negara-negara di Eropa dan Jepang yang dirasanya sebagai kompetitor yang kuat.

“New Zealand, Perancis, Luxembourg, Spanyol, USA, Belgium, Czech Republic, Slovakia, Germany, Japan, Romania adalah lawan yang sangat..sangaat tangguh…minimal ada terselip nama Indonesia di sana,” ujarnya penuh harap menunggu pengumuman pemenang kompetisi tersebut yang bakal diadakan pada 20 Maret 2016.

Maka dari itu, sutradara kelahiran 18 Juni 1977 ini meminta dukungan dan doa dari masyarakat Indonesia agar film animasi yang menceritakan tentang perjuangan para pahlawan ini bisa memenangkan event tersebut dan mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional.

JANGAN LEWATKAN
Battle of Surabaya Akan Dibuat dalam Versi 4DX

“Semoga kiprah BoS di India, Belanda, serta Irlandia menjadi titik awal kebangkitan semua karya animasi Indonesia lainnya untuk mewarnai animasi-animasi di dunia. Berharap perhatian dunia akan melirik Indonesia dan membicarakan karena prestasi-prestasinya. Tetap semangat dan tetap berkarya!” tandasnya.

 

BAGIKAN
Muhammad Furqan
Penulis di Dafunda #Movies, Suka Main Game dan Nonton Film, Mau Kenal Lebih Dekat? Colek di Sosial Media.