James Bond telah kembali dan kini jauh lebih tanggung dari sebelumnya. Spectre, yang kembali menyatukan sutradara Sam Mendes dengan aktor Daniel Craig, berhasil mengambil alih rekor box office film Harry Potter and the Prisoner of Azkaban sebagai film dengan pendapatan terbesar pada minggu pertama sepanjang sejarah di Inggris, yakni 63,8 juta dolar AS.

Mengutip Variety, pendapatan pekan pertama Spectre ini sedikit lebih unggul dari film Skyfall, yang mengumpulkan 32,5 juta dolar AS pada tiga hari pertama perilisannya pada tahun 2012. Dan, hingga kini, film James Bond ke-24 ini tidak menunjukkan tanda-tanda penurunan performa box office selama ditayangkan.

Selain di Inggris, Spectre juga telah ditanyangkan di sejumah negara. Di Finlandia, Spectre mendulang pendapatan 12,7 juta dolar AS. Di tambah dengan 3,9 juta dolar AS dari Belanda, dan 3 juta dolar AS dari Swedia. Spectre juga memperoleh pendapatan terbesar sepanjang sejarah di Denmark selama tiga hari pertama pemutarannya, yakni 4,2 juta dolar AS. Jika dijumlahkan, pendapatan Spectre dari penayangannya di luar negeri sudah mencapai 80,4 juta dolar AS.

JANGAN LEWATKAN
9 Hal yang Perlu Diketahui Sebelum Menonton Spectre

Prestasi Spectre tak hanya terhenti di situ saja. Film ini juga memecahkan rekor baru boc office di IMAX sebagai film pertama yang melampaui rata-rata angka pendapatan 105 ribu dolar AS di setiap bioskop IMAX. Dengan dirilis di 47 lokasi bioskop IMAX, Spectre telah mengantongi 5 juta dolar AS.

Dengan hasil box offiece ini, Spectre diprediksikan bakal mengikuti kesuksesan film James Bond sebelumnya, Skyfall— yang menjadi film James Bond pertama dengan pendapatan lebih dari 1 miliar dolar AS. Sementara di Inggris, Skyfall mencatatkan diri sebagai film terlaris yang pernah ada di Inggris dengan hasil penjualan tiket sebesar 161 juta dolar AS.

Dibuat dengan budget 250 juta dolar AS dan ditambah biaya promosi yang menghabiskan jutaan dolar AS, Spectre menghadirkan kembali Daniel Craig sebagai James Bond yang akan membongkar sebuah organisasi kejahatan. Ia ditemani Lea Seydoux dan Monica Belluci yang berperan sebagai gadis pendamping Bond. Sementara aktor Christoph Waltz dihadirkan sebagai musuhnya.

JANGAN LEWATKAN
Aktor Serial Poldark Jadi Calon Kuat the Next James Bond

Setelah dirilis pada 2.500 layar di Inggris, yang juga menjadi jumlah layar terbanyak untuk pemutaran perdana sebuah film, Spectre segera tiba di Amerika Utara pada 6 November mendatang. Pada hari yang sama, penonton Indonesia juga bisa menikmatinya dengan seluruh jaringan bioskop terdekat. Bioskop Cinema 21 sudah membuka pemesanan tiket Spectre di muka sejak 31 Oktober 2015.

BAGIKAN
Muhammad Furqan
Penulis di Dafunda #Movies, Suka Main Game dan Nonton Film, Mau Kenal Lebih Dekat? Colek di Sosial Media.