Setelah berjuang sampai titik penghabisan, akhirnya Star Wars: The Force Awakens berhasil melampaui rekor Jurassic World sebagai film dengan pendapatan terbesar di box office dunia. Walaupun menang tipis, film terbaru Star Wars ini bisa mengungguli Jurassic World dengan selisih 5 juta dolar AS, Star Wars berhasil meraih 529 juta dolar AS, sedangkan Jurassic World meraup 524 juta dolar AS. Secara otomatis, kini film produksi Lucas film yang didistribusikan Disney ini pun menyandang rekor sebagai film terlaris di dunia pada pekan pertamanya.

Dalam perkembangan terbaru, peraihan box office film garapan J.J. Abrams tersebut di Amerika dan Kanada berhasil melesat hingga 248 juta dolar AS. Berkat itu, total angka box office dunia film Star Wars: The Force Awakens pun bertambah menjadi 529 juta dolar ASAkan tetapi, pendapatan box office The Force Awakens di box office internasional masih di belakang Jurassic World (314 juta dolar AS) dan film terakhir Harry Potter (314 juta dolar AS).

JANGAN LEWATKAN
The Force Awakens Sukses Pecahkan Rekor Box Office!

Mengutip laporan The Hollywood Reporter, pendapatan box office dari film Star Wars: The Force Awakens hanya sekitar 281 juta dolar AS di luar Amerika dan Kanada, meski telah memecahkan beberapa rekor di beberapa negara, termasuk Inggris dan Jerman. Akan tetapi, film ini tidak berhasil menduduki peringkat puncak box office di Korea Selatan dan Vietnam. Di Indonesia sendiri, menurut data situs The Numbers, film Star Wars: The Force Awakens berhasil meraup sebesar 2,839 juta dolar AS box office.

Sementara itu, film tentang perang antara kebaikan dan kejahatan di luar angkasa ini juga belum ditayangkan di dua pasar film terbesar di Asia yaitu, China dan India. Akan tetapi, tanpa dua negara tersebut, Star Wars juga sudah untung besar, tak terbayangkan jika ditambah di dua negara itu seberapa banyak pemasukan yang akan didapat Disney.

JANGAN LEWATKAN
Bisakah The Force Awakens Melampaui Rekor Box Office?

“(Angka box office) itu merupakan akhir pekan yang luar biasa. Ini merupakan waralaba yang menguntungkan untuk jangka panjang untuk perusahaan,” kata Robert A. Iger, Chief Executive Officer The Walt Disney Company, seperti dikutip Bloomberg.

Iger juga mengatakan bahwa Star Wars lebih dari sekadar film, karena berkat karakter-karakter dalam filmnya, kisah dan mainannya. Semua itu yang menjadi bagian dari alasan Disney rela membelanjakan uangnya hingga lebih dari 4 miliar dolar AS hanya untuk membeli Lucas film milik George Lucas pada tahun 2012.