Proyek film biografi pendiri Kaskus sudah berjalan hampir setengah tahun, dan akhirnya film yang berjatuk Sundul Gan: The Story of Kaskus sudah mulai memasuki periode pascaproduksi. 700 Pictures pun pekan ini mengumumkan jadwal rilis untuk film arahan Naya Anindita. Siap tayang di bioskop dalam negeri mulai 2 Juni mendatang, rumah produksi ini juga merilis poster resmi untuk film Sundul Gan. Dalam poster ini, tampak aktor Dion Wiyoko dan Albert Halim sebagai pemeran Ken Dean Lawadinata dan Andrew Darwis alias Mimin.

Launching ini dilakukan dalam media gathering di markas Kaskus di Jakarta, 28 April lalu. Dalam acara ini, dua pendiri Kaskus menjelaskan kembali alasan mengapa mereka ingin membagikan kisah hidup mereka ketika mendirikan Kaskus lewat film Sundul Gan. Sebelumnya, Ken sempat ditawari bekerja sama dengan pihak lain yang tertarik untuk memfilmkan kisah mereka, namun akhirnya mereka menemukan kecocokan visi  dengan produser Putrama Tuta dari 700 Pictures dan Naya sebagai sutradara.

“Mungkin waktu kita ngobrol dengan mas Tuta, kita juga dikenalin ke Naya, chemistry-nya nyambung. Yang diomongin itu bukan hanya film ini laku atau nggak laku, tapi ke arah secara konten bisa punya efek besar ke penontonnya, terutama yang muda-muda. Mereka melihatnya juga dari angle orang muda—karena mereka juga masih muda. Sedangkan yang lain sepertinya mereka hanya melihatnya Kaskus ada nama, dibikinin film harusnya laku. That’s it,” ujar Ken.

sundul gan posterFilm yang script-nya ditulis oleh Ilya Sigma dan Priesnanda Dwisatri akan menceritakan tentang persahabatan Ken dan Andrew, hingga mereka berhasil menjadikan Kaskus sebagai salah satu komunitas forum online terbesar di Indonesia. Andrew juga berharap dengan hadirnya film ini bisa membuat para pemuda Indonesia tambah semangat untuk menuangkan kreativitasnya dalam bentuk startup seperti yang mereka lakukan dengan Kaskus, tentu saja dengan segala resiko yang akan diterimanya.

“Kalau kita lihat sekarang ini startup lagi banyak banget ya. E-commerce ini lagi growing. Nah, kita ingin dengan adanya film Sundul Gan, kita bisa menginspirasi mereka, bahwa sebenarnya bikin startup itu nggak gampang, ada jatuh bangunnya segala macam. Jadi, kami ingin mereka juga terinspirasi, melihat apa sih masalah yang pernah dialami Kaskus dan cara mengatasinya, dan jadi aware bahwa startup itu keren,” kata Andrew.

Selain dua aktor di atas, film Sundul Gan juga akan menampilkan akting dari Mellisa Karim, Pamela Bowie, Richard Oh, Richard Kyle, Ernest Prakasa, Indra Birowo, serta penampilan khusus dari Baim Wong.

Ingin tau gimana ceritanya? Simak trailernya di bawah ini.