Tahun 2008 lalu, J.J Abrams sukses membuat Cloverfield, film monster dengan viral marketing yang luar biasa kuat. Film dengan presentasi shaky cam ini juga yang akhirnya membuka jalan untuk film monster seperti Pacific Rim, bahkan Godzilla baru, setelah kegagalan Mighty Joe Young dan Godzilla 1998 membuat studio Hollywood takut-takut menggarap genre ini lagi.

Setelah lama tak terdengar kabar, ternyata J.J Abrams secara mengejutkan telah selesai 10 Cloverfield Lane secara diam-diam. Sutradara yang satu ini rupanya memanfaatkan pengerjaan Star Wars: The Force Awakens untuk menutup-nutupi fakta kalau ia mengerjakan proyek yang lebih kecil, seperti ini.

Dengan sutradara J.J Abrams, dan nama Cloverfield di judul, seharusnya ini adalah lanjutan dari film 2008 lalu. Tapi apakah benar? Seperti yang bisa kamu lihat dari trailer 10 Cloverfield Lane di atas, sepertinya tidak sesederhana itu. Bahkan tagline poster resminya pun seakan menandakan monster yang tampil di 10 Cloverfield Lane belum tentu kaiju seperti di film sebelumnya.

JANGAN LEWATKAN
Trailer Terbaru 10 Cloverfield, Apakah Ada Monsters?

cloverfield-2-1024

Bahkan plot filmnya pun tidak menandakan kelanjutan dari cerita Cloverfield. Dari sinopsis resmi yang beredar:

After a car accident, a young woman comes to in an underground cellar, where most of the action takes place. She fears she has been abducted by a survivalist, who tells her he saved her life and that a chemical attack has left the outside world uninhabitable. Uncertain what to believe, she decides she must escape, whatever dangers she may face outside.

Trailer 10 Cloverfield Lane di atas pun sudah menampilkan dengan jelas apa yang tersaji di sinopsis. Karakter utama film ini tinggal bersama keluarga yang sepertinya bahagia, namun mereka hidup di dalam tanah dan tampaknya berupaya keras agar ia tidak meninggalkan bunker. Saat sang protagonis akhirnya berhasil mencapai atas, keluarga yang menyelamatkannya panik dan mengatakan ia bisa membunuh mereka semua. Bahkan sang protagonis pun tampak terkejut, menunjukkan kalau penolongnya tidak sepenuhnya berbohong.

JANGAN LEWATKAN
Maz Kanata Star Wars, Terinspirasi Dari Guru Sang Sutradara

Trailer-10-Cloverfield-Lane-Poster-10-Cloverfield-Lane

Apakah monster dari Cloverfield masih hidup? Apakah serangan kimia yang disebut-sebut penolong si protagonis adalah parasit dari Cloverfield? Ataukah keluarga itu benar-benar hanya sekumpulan orang sinting?

10 Cloverfield Lane dijanjikan oleh J.J Abrams berada di latar yang sama dengan Cloverfield. Namun film ini meninggalkan banyak ciri khas film sebelumnya. Shaky cam? Hilang, digantikan oleh kamera yang lebih konvensional. Narasi found footage pun tampaknya digantikan dengan narasi biasa. Bahkan aktor-aktor yang terlibat pun lebih punya nama ketimbang aktor-aktor Cloverfield. Termasuk di antaranya Mary Elizabeth Winstead dan John Goodman.

Penasaran apa yang terjadi di film ini? Kamu tak harus menunggu lama. Untuk sekarang, 10 Cloverfield Lane akan rilis di Amerika tanggal 11 Maret 2016.