Jepang merupakan negara dengan produksi manga terbesar di dunia, banyak manga-manga populer yang terdapat di jepang bahkan tersebar diseluruh dunia. Seperti halnya manga Gintama, Onepiece, Naruto, Dragon Ball dan lain-lainnya. Tetapi manga-manga populer tersebut apakah mangaka-nya sendiri juga populer dikalangan masyarakat? Apakah kepopuleran mangaka akan berbanding lurus dengan manganya? Atau malah berbanding terbalik? Dari situ Charapedia mengadakan sebuah poling khusus untuk mendapatkan jawaban tersebut.

Poling tersebut bertujuan untuk mengetahui dari kalangan penggemar manga, apakah mereka hanya mengenal manganya saja atau juga ikut mengenal pengarangnya. Poling tersebut dilaksanakan pada tanggal 2 dan berakhir pada tanggal 8 Juli lalu dengan rasio perbandingan 52:48 untuk pria dan wanita. Dari 100% peserta poling tersebut 72,8% pemilih berasal dari kalangan yang berumur dibawah 30 tahun.

JANGAN LEWATKAN
Manga Gintama Memasuki Bagian Akhir Cerita (Resmi)

Dan pada akhirnya hasil poling tersebut memutuskan pemenangnya yaitu Hideaki Sorachi sebagai mangaka paling populer. Sorachi yaitu pengarang dari manga super konyol Gintama, keberhasilan Sorachi tersebut dikarenakan penggemar suka dengan bakat Sorachi yang piawai dalam mengkombinasikan komedi,karakterisasi, cerita emosional serta pertarungan yang tak kalah hebatnya dari manga lainnya.


“Gaya itu, sense, dan kualitas yang tak bisa ditemukan dalam manga lain.” kata salah seorang komentator. Dan ia juga menambahkan bahwa Sorachi juga pandai dalam hal urusan merangkai kata dalam sebuah dialog. Secara pribadi admin pun setuju dengan hasil poling ini.

Diurutan kedua ditempati oleh pengarang manga yang paling sukses di era ini, siapakah dia? Eiichiro Oda sang mangaka One Piece. Oda yang dikenal dengan mangaka yang penuh kejutan, serta dijuluki sebagai legenda hidup mati dan genius dalam hal di bidang manga. Kepiawaiannya dalam menghubungkan suatu permasalahan dengan permasalahan lainnya dalam suatu manga. Lihat saja One Piece, banyak hal yang tak terduga serta surprize yang diberikan Oda bagi penggemarnya dan manga tersebut. Dan salah seorang penggemarnya memuji tentang karakter-karakter yang ada pada manga One Piece. “Sungguh seperti terlihat nyata, serta gaya gambarnya yang terus meningkat dalam hal kualitasnya.” ungkap penggemar tersebut.

Dan diposisi ketiga di isi oleh legenda manga Shonen, Akira Toriyama. Akira terkenal dengan manga Dr.Slump dan Dragon Ball-nya. Manga Dargon Ball menjadi manga terpopuler pada masanya dulu, ini membuat nama Akira melambung terkenal. Akira pun sukses menulis apa yang menjadi deskripsi bagi shonen Manga di era-era berikutnya, serta Akira pun membuat masa keemasan bagi Shonen Jump. Seperti komentar dari seorang komentator “ia adalah penggerak zaman keemasan Shonen Jump.Gambarnya juga bagus.” kata salah seorang komentator.

Dan berikut daftar lengkap 10 mangaka terpopuler DiJepang:

  1. Hideaki Sorachi mangaka Gintama memperoleh 688 Points. 
  2. Eiichiro Oda mangaka One Piece memperoleh 573 Points. 
  3. Akira Toriyama mangaka Dragon Ball dan Dr.Slump memperoleh 500 Points. 
  4. Hiromu Arakawa mangaka Fullmetal Alchemist,Silver Spoon memperoleh 459 Points. 
  5. Hirohiko Araki mangaka BAOH, JoJo’s Bizarre Adventure memperoleh 398 Points. 
  6. Rumiko Takashi mangaka Ranma 1/2, Inu Yasha memperoleh 335 Points. 
  7. Sui Ishida mangaka Tokyo Ghoul memperoleh 322 Points. 
  8. Masashi Kishimoto mangaka Naruto memperoleh 317 Points. 
  9. Gosho Aoyama mangaka Detective Conan memperoleh 282 Points. 
  10. Yana Toboso mangaka Black Butler memperoleh 247 Points.
JANGAN LEWATKAN
‘One Piece: Burning Blood’ Versi Bahasa Inggris Pamerkan Mode Pertarungan Online yang Keren

Sumber: ANN

BAGIKAN
Kautsar Juhari
Penulis di Dafunda #Otaku, Kamu bisa bertanya Apa saja yang berhubungan dengan Anime, Manga, Light Novel, Live-Action dan Juga hal lain seputar Kehidupan Otaku.