3 Cara Mengamankan Akun Gmail Paling Mudah yang Perlu Kamu Ketahui

in ,
Cara Mengamankan Akun Gmail
Cara Mengamankan Akun Gmail | fortune.com

Kini semua orang sudah pasti memiliki email (Gmail), entah itu untuk urusan pribadi, atau hanya untuk permintaan saat ingin masuk ke dalam aplikasi tertentu. Kamu tahu tidak akun Gmail itu banyak menyimpan informasi pribadi kamu?

Namun sebagian dari kita ada yang tidak memperhatikan keamanan email. Padahal kerentanan yang cukup tinggi soal informasi pribadi itu berada di email

Apabila si penjahat siber atau peretats berhasil mengakses email Gmail kamu, maka segala informasi hingga kontak kamu bisa dicuri serta disalahgunakan.

Nah tidak salahnya meluangkan waktu 10 menit untuk mengamankan akun Gmail kamu mulai dari sekarang. Bagi yang belum tahu cara mengamankan akun Gmail, kali ini Dafunda Tekno bakal bagikan melalui ulasan berikut ini.

Cara Mengamankan Akun Gmail dengan Mudah

Ada tiga cara mengamankan akun Gmail yang dapat kamu terapkan segera demi data-data atau informasi di akun Gmail kamu tetap aman.

1. Menggunakan password unik

Cara Mengamankan Akun Gmail Dari Hacker
Cara mengamankan akun Gmail dengan menggunakan password unik | eligasht.com

Metode menggunakan kata sandi yang unik adalah salah satu upaya untuk mengamankan akun Gmail kamu dari para peretas. Membobol kata sandi atau password adalah cara paling umum digunakan oleh para peretas.

Biasanya orang menggunakan kata sandi dengan kombinasi kalimat atau kata yang mudah sekali ditebak dan dibobol. Karena itu, sebaiknya gunakan kata sandi dengan kombinasi kalimat atau kata unik dan hanya kamu ketahui untuk semua akun yang online.

Jangan lupa menggunakan simbol atau huruf besar untuk membuat hacker semakin sulit untuk menjebol akun Gmail kamu.

2. Mengaktifkan verifikasi 2 langkah

Cara Verifikasi 2 Langkah
Verifikasi 2 langkah | cari2-cara

Selain menggunakan kata sandi unik yang sulit ditebak salah satu cara mengamankan akun Gmail dari peretas adalah dengan menyalakan fitur verifikasi 2 langkah (two factor authentication, 2FA).

Dengan cara ini, hacker memerlukan enam digit angka acak yang bakal dikirimkan ke aplikasi autentikasi.

Untuk mengaktifkan fitur ini, kamu dapat mengakses melalui halaman keamanan akun Google dan klik pada 2-Step Verification. Selanjutnya pilih pada menu bagaimana cara angka acak tersebut muncul di perangkat.

3. Memeriksa riwayat aktivitas akun

Cara Amankan Akun Gmail
Cara mengamankan akun Gmail | krpress.ru

Hacker bisa saja mengakses akun Gmail tanpa sepengetahuan kamu. Nah untuk mengeceknya, kamu bisa login ke akun Gmail lalu scroll di bagian paling bawah dari di web Gmail.

Ada teks kecil yang mencolok yang bunyinya ‘Last Account Activity’. Dimana itu memberikan informasi kepada kamu soal aktivitas terakhir di akunmu.

Selanjutnya klik di tautan ‘Detail’ dan bakal muncul jendela baru yang lengkap dengan 10 daftar alamat protokol internet terakhir yang kamu akses dengan menggunakan akun tersebut.

Jika kamu memeriksa sesi ini secara berkala sekali per minggu atau lebih, tentu kamu bisa mengawasi setiap aktivitas yang berpotensi mencurigakan.

Lalu di bagian bawahnya, kamu juga bisa mengaktifkan preferensi peringatan yang akan menunjukkan peringatan setiap kali Google menemukan aktivitas yang tidak biasa.

Kemudian di bagian atas, kamu dapat memaksa semua sesi di akun Gmail untuk keluar dengan cara klik pada ‘Sign out all other web sessions’.

Itulah beberapa langkah atau cara mengamankan akun Gmail kamu dari hacker. Jika kamu ada tambahan lainnya, yuk bagikan melalui kolom komentar di bawah ini.