Apa Itu NFC Pada Smartphone dan Fungsi dari NFC?

in ,
Apa Itu Nfc Pada Smartphone

Apakah kamu sekarang sedang menggunakan smartphone yang sudah tersedia NFC? Jangan-jangan kamu belum tahu apa itu NFC. Saat ini fitur NFC sudah banyak kita temukan di beberapa ponsel, khususnya di ponsel menengah ke atas.

NFC ini bisa kamu pakai untuk melakukan pembayaran secara digital lewat nirkontak (conctactless) seperti Pay atau Apple Pay. Nah pertanyaan, bagaimana cara kerja NFC?

Apa Itu NFC?

NFC singkatan dari (Near Field Communication) atau bisa diartikan sebagai alat komunikasi medan dekat. Fitur ini dapat bekerja jika kedua perangkat sudah kompatibel atau tersedia fitur NFC. Di mana satu perangkat berperan sebagai transmitter dan satu lagi untuk menangkap sinyal.

Selain kegunaan NFC untuk melakukan pembayaran secara elektronik, kegunaan lain dari NFC adalah dapat menghubungkan smartphone dengan perangkat lain dengan mudah. Misalkan kamera digital yang sudah kompatibel NFC. NFC juga bisa dipakai untuk tiket saat menggunakan sarana transportasi umum atau ingin mengunjungi venue acara.

Cara Kerja NFC dan Fungsi NFC Pada HP

Fungsi Nfc Pada Ponsel

Jika dilihat cara kerja NFC hampir mirip dengan bluetooth atau WiFi yang mengandalkan gelombang radio untuk membagikan informasi. NFC menggunakan teknologi radio-frequency identification (RFID). Teknologi ini mengandalkan induksi dari elektromagnetik untuk mengirim informasi.

NFC juga bisa dipakai untuk menginduksi setiap arus elektrik yang tersedia di komponen pasif, hanya bisa mengirim data. Misalkan saat melakukan pembayaran di kartu elektrik.

Untuk terhubung dengan komponen pasif, mereka tidak memerlukan daya sama sekali. Karena menggunakan elektromagnetik yang dihasilkan dari perangkat NFC aktif. Inilah bedanya antara NFC dan Bluetooth.

Mode yang Digunakan Teknologi NFC

Pada dasarnya NFC tersedia tiga mode dengan cara pengoperasian berbeda-beda. Namun mode yang banyak digunakan ada peer-to-peer.

Dengan adanya mode ini, kedua HP yang tersedia NFC dapat menukar beragam informasi satu sama lain. Selain itu mode ini juga bisa kamu gunakan untuk mengirim file, data hanya dengan menempelkan perangkat satu dengan lainnya.

Masih Pentingkah Bluetooth Setelah Ada NFC?

Fungsi Bluetooth Di Hp

Bluetooth masih belum tergantikan saat ini, karena banyak yang masih asing dengan teknologi NFC. Selain itu saat ini ponsel rata-rata belum memiliki fitur NFC.

Namun ada beberapa keunggulan yang dimiliki NFC belum tentu dimiliki Bluetooth. Salah satunya adalah di bagian konsumsi daya.

NFC dianggap lebih hemat daya dari pada Bluetooth, namun memang kecepatan transfernya masih kalah dengan bluetooth.

Kecepatan transfer data dari NFC mencapai 424 kilobit/detik. Sementara bluetooth 2.1 versi lama bisa mencapai 2.1 Mbit/detik.

Selain itu, NFC supaya terhubung membutuhkan jarak dekat dibandingkan bluetooth. Jarak NFC supaya terhubung tidak boleh lebih dari 10 cm. Sedangkan bluetooth bisa dijangkau dalam jarak 10 meter.

Namun kelebihan NFC lain adalah kecepatan koneksinya. NFC hanya butuh kurang dari 10 detik untuk menghubungkan kedua perangkatnya.

Namun sayangnya adopsi NFC saat ini agak melambat. Karena tidak semua ponsel sudah menggunakan fitur NFC. Hanya ponsel kelas menengah ke atas saja yang baru mencicipi fitur ini sedangkan ponsel kelas menengah ke bawah hanya sebagian kecil saja yang tersedia.

Bagikan jika kamu suka