Berita TeknologiHardwareTekno

ASUS Rilis Kembali Laptop Legendaris Bernama Zenbook SPACE EDITION

25 tahun yang lalu ASUS menghadirkan laptop P6300. Perangkat tersebut tidak hanya tampil sebagai salah satu laptop generasi pertama dari ASUS, tetapi juga berhasil terpilih untuk diterbangkan ke stasiun luar angkasa MIR pada tahun 1998. Pada saat itu, laptop ASUS berhasil menjalankan misi selama 600 hari di luar angkasa tanpa masalah sedikitpun.

Maju ke tahun 2022, ASUS “membangkitkan kembali” laptop legendarisnya dengan desain, hardware, dan fitur yang lebih modern. Diberi nama Zenbook 14X OLED Space Edition, atau disingkat Zenbook SPACE EDITION, laptop terbaru ASUS kali ini bukan hanya sekadar tampil sebagai perangkat seremonial semata, tetapi juga menegaskan konsistensi ASUS sebagai produsen laptop yang tetap fokus pada inovasi dan kualitas di setiap produknya.

Desain Futuristik yang Unik dan Berstandar Space-Grade

Hal pertama yang membuat Zenbook SPACE EDITION menarik adalah desain dan tampilannya. Tidak seperti saudaranya yang lain, Zenbook SPACE EDITION tampil dengan desain bodi yang sangat futuristik. Bagian belakang layarnhya terdapat guratan yang menggabungkan kode morse dengan desain ala kokpit pesawat luar angkasa. Di bagian lain juga terdapat berbagai macam tulisan yang menunjukkan bahwa laptop ini merupakan perangkat edisi spesial yang tidak dijual sembarangan.

Zenbook SPACE EDITION juga dibalut dengan warna yang berbeda dari laptop lainnya. Zenbook SPACE EDITION menggunakan warna Zero-G Titanium, yaitu warna yang biasa digunakan di wahana antariksa. Yang paling menarik dari Zenbook SPACE EDITION adalah kehadiran ZenVision, yaitu layar kedua yang dapat dikonfigurasikan untuk menampilkan berbagai macam konten.

Selain desainnya unik dan futuristik, Zenbook SPACE EDITION juga memiliki durabilitas yang lebih baik dibandingkan laptop sekelasnya. Seluruh bodinya menggunakan bahan aluminium alloy yang tidak hanya tangguh, tetapi juga ringan. Zenbook SPACE EDITION bahkan telah mengantongi berbagai sertifikasi lolos uji ketahanan ekstrem.

Zenbook SPACE EDITION telah mengantongi sertifikasi lolos uji ketahanan berstandar US Space System Command (SMC-S016A) sehingga dapat dikatakan sebagai laptop space-grade. Dalam sertifikasi tersebut dijelaskan salah satunya bahwa Zenbook SPACE EDITION dapat beroperasi di lingkungan pada suhu -24°C hingga 61°C, serta tahan terhadap guncangan ekstrim berfrekuensi 20 – 2.000Hz.

Miliki Fitur Melimpah

Zenbook SPACE EDITION tentunya telah dibekali dengan fitur penunjang aktivitas komputasi modern, salah satunya adalah konektivitas yang lengkap. Zenbook SPACE EDITION dilengkapi dengan berbagai port mulai dari USB 3.2 Gen2 Type-A, HDMI 2.1 TMDS, serta 3.5mm combo audio jack dan microSD card reader.

Selain port tersebut, Zenbook SPACE EDITION juga telah dibekali dengan dua port Thunderbolt™ 4. Port dengan interface USB Type-C tersebut tidak hanya memiliki kecepatan transfer data yang tinggi, tetapi juga mendukung fitur DisplayPort dan USB power delivery.

Dengan kata lain, Zenbook SPACE EDITION dapat dihubungkan ke monitor eksternal menggunakan USB Type-C dengan dukungan resolusi hingga 8K. Selain itu, Zenbook SPACE EDITION juga dapat diisi daya baterainya menggunakan charger serta power bank USB Type-C sehingga meningkatkan mobilitasnya.

Zenbook SPACE EDITION juga memiliki touchpad berukuran besar dengan permukaan yang dirancang khusus agar penggunanya dapat mengontrol laptop ini secara lebih nyaman sekaligus akurat.

Tidak hanya itu, touchpad Zenbook SPACE EDITION juga dilengkapi dengan NumberPad 2.0, yaitu fitur yang memungkinkan touchpad berubah menjadi numpad hanya dengan satu sentuhan. NumberPad 2.0 membuat input angka menjadi lebih mudah pada laptop super ringkas seperti Zenbook SPACE EDITION.

Layar ASUS OLED

Zenbook SPACE EDITION tentu saja telah menggunakan layar berteknologi ASUS OLED, yaitu teknologi layar laptop terbaik. Layar sentuh Zenbook SPACE EDITION sendiri menggunakan resolusi 4K (16:10) dan telah dilengkapi dengan beragam fitur, teknologi serta inovasi sehingga menghasilkan layar yang mampu menampilkan visual dengan warna yang sangat kaya, akurat, dan tidak merusak kesehatan mata.

Zenbook Space Edition 7 1
Zenbook Space Edition 8

Layar sentuh pada Zenbook SPACE EDITION ini sudah mendukung 4096 pressure-level, dan dilengkapi dengan fitur ScreenXpert yang inovatif, dimana akan membuat pengalaman penggunaan layar sentuh yang lebih interaktif. Ditambah lagi, rasio layar pada Zenbook SPACE EDITION ini dapat menghadirkan ruang kerja lebih luas sehingga penggunanya dapat beraktivitas secara lebih produktif.

Setiap laptop yang menggunakan layar ASUS OLED telah dijamin mampu menghasilkan kualitas visual dengan warna yang sangat kaya dan akurat. Tidak tanggung-tanggung, ASUS OLED memiliki color gamut 100% DCI-P3 dan telah mengantongi sertifikasi PANTONE Validated Display.

ASUS OLED juga mendukung teknologi HDR dan telah tersertifikasi VESA DisplayHDR True Black. Singkatnya layar ASUS OLED dapat menampilkan kualitas visual dengan warna dan akurasi terbaik, serta mampu menampilkan warna hitam dengan sempurna. ASUS OLED merupakan jendela yang dapat menampilkan antariksa dengan warna yang sangat kaya, detail, dan akurat.

ASUS OLED juga dibekali fitur bernama Eye Care. Fitur tersebut memungkinkan spektrum cahaya biru yang berbahaya untuk mata dikurangi secara drastis tanpa mengorbankan kualitas visual. Inovasi tersebut membuat ASUS OLED dapat mengurangi paparan radiasi sinar biru yang berbahaya untuk kesehatan mata dalam jangka panjang. ASUS OLED juga telah mengantongi sertifikasi dari TÜV Rheinland untuk low-blue light dan anti-flicker. Zenbook SPACE EDITION tidak hanya tangguh, tetapi juga dapat melindungi kesehatan mata penggunanya.

Ditenagai Prosesor Kelas Gaming

Zenbook Space Edition 9

Zenbook SPACE EDITION merupakan laptop modern yang telah ditenagai oleh prosesor 12th Gen Intel® Core™ H-Series. Berbeda dengan sebagian besar ultrabook lainnya, Zenbook SPACE EDITION mengusung prosesor powerful yang biasanya digunakan di laptop gaming.

Varian tertingginya menggunakan prosesor 12th Gen Intel® Core™ i9-12900H yang memiliki konfigurasi 14 core dan 20 thread (6 P-core dan 8 E-core) dengan TDP hingga 45W. Berkat konfigurasi tersebut, Zenbook SPACE EDITION dapat tampil sebagai laptop modern yang powerful untuk berbagai kebutuhan komputasi.

Acer Zenbook Space Edition Benchmark 3dmark
Acer Zenbook Space Edition – Benchmark 3DMark

Agar performanya lebih optimal, Zenbook SPACE EDITION dibekali dengan memori LPDDR5 4800MHz berkapasitas hingga 32GB. Sementara untuk penyimpanan data, Zenbook SPACE EDITION menggunakan PCIe 4.0 SSD berkapasitas 1TB.

Kombinasi keduanya memastikan Zenbook SPACE EDITION dapat selalu diandalkan untuk berbagai aktivitas, termasuk multitasking serta menjalankan aplikasi yang membutuhkan performa komputasi ekstra secara lebih gesit tanpa waktu loading yang panjang.


Main Spec.
Zenbook 14X OLED SPACE EDITION (UX5401ZAS)
CPUIntel® Core™ i9-12900H Processor 2.5 GHz (up to 5.0 GHz, 6P+8E cores) Intel® Core™ i7-12700H Processor 2.3 GHz (up to 4.7 GHz, 6P+8E cores)
Operating SystemWindows 11 Home
Memory32GB LPDDR5 16GB LPDDR5
Storage1TB M.2 NVMe™ PCIe® 4.0 Performance SSD
Display14-inch, 4K (3840 x 2400) 16:10, ASUS OLED, 90Hz 0.2ms, 400nits, DCI-P3 100%, Pantone Validated, VESA HDR True Black
GraphicsIntel® Iris® Xᵉ Graphics
Input/Output1x HDMI 2.1 TMDS, 1x 3.5mm Combo Audio Jack, 1x USB 3.2 Gen 2 Type-A, 2x Thunderbolt™ 4 supports display + power delivery, Micro SD card reader
ConnectivityWi-Fi 6E (802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5
Camera720p HD camera with electronic privacy shutter
AudioBuilt-in speaker, Built-in array microphone, harman/kardon certified, Dolby Atmos
Battery63WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion
Dimension31.12 x 22.11 x 1.59 ~ 1.59 cm
Weight1.4 Kg
ColorsZero-G Titanium
PriceRp26.999.000 (Core i7 / 16GB RAM) Rp30.999.000 (Core i9 / 32GB RAM)
Warranty2 tahun garansi global dan 1 tahun ASUS VIP Perfect Warranty
Spesifikasi ASUS Zenbook SPACE EDITION

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment