5 Penyebab Ponsel Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

in ,
Penyebab Ponsel Cepat Panas

Tahu tidak penyebab panas yang sering terjadi pada smartphone? Hal itu bisa saja disebabkan oleh beberapa komponen yang ada di dalam smartphone. Seperti baterai, prosesor, atau bisa jadi layar ponsel

Nah seperti yang Dafunda Tekno kutip dari AVG, berikut 5 penyebab ponsel cepat panas atau mengalami overheat.

5 Penyebab Ponsel Cepat Panas atau Overheat

1. Keseringan Bermain Game

Efek Bermain Game

Jika terlalu sering bermain game sehingga membuat lupa waktu, maka biasanya akan kita sadari ketika ponsel mulai terasa panas dan bikin tidak nyaman saat mengenggamnya.

Gaming membutuhkan integritas tinggi, sehingga membuat prosesor akan bekerja lebih keras terutama sekali pada grafis. Sehingga smartphone menjadi panas berlebih.

JANGAN LEWATKAN •
Daftar Ponsel Android Terlaris di Dunia, Samsung Galaxy A50 Posisi Pertama

2. Melakukan Streaming Terlalu Lama

Streaming Youtube

Hampir sama dengan bermain game, menonton streaming seperti YouTube atau Netflix terlalu lama hingga berjam-jam juga membuat smartphone akan bekerja lebih ekstra. Pasalnya ponsel harus terus menerus memproses video dan memastikan layar untuk tetap aktif dalam waktu yang lama.

3. Pengaturan Smartphone yang Tidak Optimal

Pengaturan Smartphone Terbaik

Beberapa pengaturan di smartphone juga dapat berdampak besar bagi penggunaan energi. Coba cek lagi apakah kamu sudah mengatur brightness terlalu cerah atau widget yang terlalu banyak. Kamu bisa mengecek dan mengatur ulang.

4. Faktor Lingkungan

Penyebab Ponsel Rusak

Jika kamu tidak sengaja pernah meninggalkan smartphone di terik matahari, maka ini bisa jadi penyebab smartphone akan panas.

Namun jangan berpikir ini akan menyebab ponsel menjadi overheat saat digunakan, tetapi akan berdampak pada layar sentuh menjadi kurang sensitif dan baterai ponsel bisa cepat habis.

JANGAN LEWATKAN •
Spesifikasi Lengkap dan Harga Vivo Y17 di Indonesia

5. Tidak Sering Update

Update Os Terbaru

Apabila sebuah aplikasi yang memiliki bug atau masalah lain, maka akan menyebabkan ponsel akan menjadi panas karena prosesor dipaksa bekerja lebih keras.

Walaupun ini sangat jarang terjadi, ponsel juga bisa akan menjadi panas jika ada bug di OS. Solusinya adalah dengan cara melakukan pembaruan OS atau aplikasi yang tersedia update terbaru.

Cara Mengatasi Ponsel Cepat Panas

Cara mengatasi ponsel cepat panas adalah dengan melepas case yang bisa memerangkap panas di smartphone. Selanjutnya aktifkan mode pesawat dan mematikan fitur yang bikin boros daya baterai seperti wireless radio, WiFi, Bluetooth dan jaringan sinyal seluler.

Jika kamu pernah berpikir untuk menyimpan ponsel di dalam kulkas supaya menjadi dingin, maka jangan pernah melakukannya. Smartphone malah akan menjadi rusak karena suhu yang ekstrem. Lebih baik gunakan kipas angin mini yang dapat membantu menurunkan temperatur dari ponsel.