Manusia pada umumnya bisa hidup hingga berumur 60-70an. Umur itu pun tidak semua manusia bisa mencapainya. mungkin ada beberapa orang manusia di dunia ini yang mampu hidup sampai 100 tahun bahkan lebih. inilah awal dari penelitian yang dilakukan oleh para ilmuan. Para ilmuan akhirnya menemukan 4 gen yang memungkinkan manusia dapat hidup hingga 100 tahun bahkan lebih.

Temuan ini di temukan melalui identifikasi beberapa lansia yang masih hidup dan sudah berhasil melewati umur 90 tahun. dan dari beberapa lansia yang telah di identifikasi genom nya tersebut ditemukanlah 4 gen yang sama.

penemuan genom yang berhasil di temukan melalui studi yang dipimpin oleh ahli genetika Stuart Kim dari University of Stanford. Penemuan genom yang berhasil di temukan melalui studi yang dipimpin oleh ahli genetika Stuart Kim dari University of Stanford. Keempat gen yang di temukan dan diyakini para ilmuan yang dapat memperpanjang umur itu adalah sbb :

  1. ABO, yang menentukan golongan darah
  2. CDKN2B, yang mengatur siklus hidup sel
  3. SH2B3, yang telah terbukti memperpanjang umur pada lalat buah (lalat merak : Tephritidae)
  4. salah satu gen HLA, yang terlibat dalam proses bagaimana sistem kekebalan tubuh mengenali sel kita sendiri.

Keempat gen diatas bergabung menjadi sebuah varian dari APOE, yang sebelumnya telah dikait-kaitkan dengan gen kelima yang dianggap paling dekat hubungannya dengan umur panjang seorang manusia yaitu Alzheimer.

Dengan berfokus pada gen terkait dengan penyakit yang berhubungan dengan usia, Kim dan timnya mampu mengidentifikasi sekelompok gen baru. dan akhir dari penemuan besar ini kita dapat mengetahui dan memprediksi bahkan mempengaruhi berapa lama hidup seseorang yang masih jauh berbeda umurnya dengan kita.

Namun, ini juga permasalahan waktu untuk membuktikan langsung kepada publik bagaiman cara kerja dari gen tersebut hingga dapat membuat manusia dapat hidup lebih lama. karena pada umumnya manusia membutuhkan waktu, umur, yang bisa membuat manusia itu dapat berguna. entah itu untuk kepentingan pribadinya ataupun orang lain. bagaimana dengan kamu?