Berita TeknologiTekno

Smartphone Android Lebih Baik Dalam Menotifikasi Gempa Bumi

Smartphone Android ternyata lebih baik dalam memberikan notifikasi gempa bumi daripada iPhone.

Sejujurnya sebelum dan ketika membuat pembahasan ini. Gue masih merasa tidak yakin sama sekali kalau smartphone alias ponsel pintar bisa memberikan peringatan adanya gempa bumi.

Tapi setelah membaca dan menganalisa lagi dari sumber riset artikel ini, ScreenRant. Sepertinya smartphone saat ini memang sudah bisa melakukan hal tersebut.

Sistem Shake Alert

smartphone android gempa bumi
Shae Alert

Hal ini karena seperti yang terlansir dari sumber tersebut. Saat ini hampir semua smartphone sudah dilengkapi dengan sistem yang bernama ShakeAlert. Sistem ini pada dasarnya bisa memberikan peringatan akan datangnya gempa bumi ke seluruh pemilik gadget-nya.

Dan karena ShakeAlert ini merupakan sistem dan bukannya aplikasi (apps) yang kita install lagi. Otomatis seluruh smartphone baik yang berbasis Android atau yang berbasis iPhones sudah memiliki sistem deteksinya ini.

Android Lebih Cepat Memberitahukan Notifikasinya

smartphone android gempa bumi
Si gesit memberitahukan potensi gempa | Unsplash

Akan tetapi walau sama-sama telah memiliki sistemnya. Seperti yang terlansir dari ScreenRant tersebut. Terungkap kalau smartphone Android masih jauh lebih baik dan sigap dalam memberikan notifikasi peringatan gempa bumi. Alias, tidak seperti smartphone berbasis iPhone yang kabarnya “lelet” dalam memberikan notifikasinya.

Pernyataan tersebut datang dari sekian banyak pemilik smartphone Android dan juga yang berbasis iPhones. Jadi spesifiknya. Mereka yang pemilik smartphone Android. Mengatakan kalau mereka mendapatkan peringatannya beberapa detik sebelum tremor gempa bumi datang.

Pengakuan Pemilik 2 OS

smartphone android gempa bumi
Android VS iPhone | Onsitego

Sedangkan mereka-mereka yang pemilik iPhones mendapatkan peringatannya setelah tremornya mulai. Bahkan nih beberapa orang yang memiliki dua jenis smartphone berbeda ini memberikan pengakuan yang mengejutkan.

Jadi sebelum gempa bumi terjadi. Smartphone Android mereka memberikan notifikasi akan terjadinya bencana alam tersebut beberapa detik sebelum akhirnya terjadi.

Sedangkan ketika melirik iPhone yang mereka miliki. iPhone justru tidak memberikan peringatan apapun sama sekali. Terlambat saja tidak. Nah seluruh pernyataan tersebut kian diperkuat dengan unggahan tweet berikut.

Ya seperti yang kamu baca sendiri. Tweet yang berasal dari Wakil Presiden Engineering for Android di perusahaan Google, Dave Burke. Merupakan tweet yang ia unggah pada tanggal 26 Oktober, 2022 lalu.

Nah pada dasarnya tweet foto tersebut. Ia unggah ketika atau setelah gempa bumi berkekuatan 5.1 SR menyerang Santa Clara County, California, A.S.  Dalam unggahan tweet fotonya kita melihat banyaknya titik-titik kuning.

Ternyata titik-titik kuning ini mendandakan Smartphone berbasis Android yang langsung bereaksi ketika gempanya terjadi. Dan sekali lagi seperti yang kita lihat titik-titik kuning tersebut sangat banyak jumlahnya.

HP Android Bagaikan Seismometer

smartphone android gempa bumi
VOA Learning English

Yang pada akhirnya seperti yang Burke katakan dalam tweet-nya. Membuat smartphone Android bertindak bak seismometer. Bagi kalian yang gak paham, sesimometer adalah alat pendeteksi akan datangnya gempa bumi.

Nah berdasarkan bukti yang Burke berikan tersebut. Maka sekali lagi fix banget bahwasanya smartphone Android jauh lebih baik dalam memberikan peringatan dini akan datangnya gempa bumi daripada smartphone jenis iPhones.

Sekarang, bagaimana nih tanggapanmu akan penemuan ini? Dan apakah kamu juga pernah membuktikan sendiri seluruh teori/pendapat ini?

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment