Sudah tahukah kamu dengan teknologi VR atau Virtual Reality? Virtual Reality (VR) atau realitas maya adalah teknologi yang membuat pegguna dapat berinteraksi dengan suatu lingkungan yang disimulasikan oleh komputer (computer-simulated environment), suatu lingkungan sebenarnya yang ditiru atau benar-benar suatu lingkungan yang hanya ada dalam imajinasi. Lingkungan realitas maya terkini umumnya menyajikan pengalaman visual, yang ditampilkan pada sebuah layar komputer atau melalui sebuah penampil stereokopik, tapi beberapa simulasi mengikutsertakan tambahan informasi hasil pengindraan, seperti suara melalui speaker atau headphone(wikipedia). jadi intinya VR adalah teknologi yang membuat kamu merasakan sensasi keadaan asli yang sebenarnya adalah teknologi komputer yang memanfaatkan sensor yang sangat tinggi.

dan dengan melihat teren yang semakin meningkat, Virtual Reality (VR) kini semakin di kembangkan. dan saya akan membahas VR yang baru-baru ini kembali di kembangkan. Teknologi VR tersebut adalah Virtuali-Tee.

JANGAN LEWATKAN
Teknologi VR ini Mampu Membuat Kamu Balapan dengan Mata Tertutup

Virtuali-Tee ini adalah sebuah teknologi yang memanfaatkan sebuah T-Shirt khusus untuk menampilkan VR itu sendiri. dan tujuan di kembangkan Virtuali-Tee ini adalah untuk mengedukasi pelajar maupun orang dewasa dalam memahami organ tubuh manusia secara detil dan jelas. jika pada umumnya VR memanfaatkan Video sebagai bahan utamanya, maka Virtuali-Tee ini memanfaatkan T-shirt dan kamera Smartphone sebagai senjata utamanya. Proyek ini diselenggarakan oleh Curiscope dan dalam tahap pengumpulan dana yang memanfaatkan T-shirt tersebut.

berikut adalah video demo Virtuali-Tee :

Dari Video di atas, kita dapat melihat bagaimana T-Shirt itu berguna sebagai bahan awal Pembelajaran edukasi dan samrtphone sebagai penampill cara kerjanya, dan dari Smartphone kita bisa melihat organ tubuh dalam bentuk virtual (nyata) seperti jantung, tulang, paru-paru, dan organ lainnya. dan hal yang membuat teknologi ini semakin menakjubkan adalah kamu juga bisa menggunakan kacamata VR untuk melihat lebih dalam ke dalam organ tubuh yang diinginkan, sehingga kamu seperti merasakan virtual yang sedang mengarungi aliran darah maupun melihat detak jantung dari dekat.

JANGAN LEWATKAN
Samsung Gear VR, Sensasi Nonton Film 4D Saat Samsung Galaxy Unpacked

Proyek dari Curiscope ini masih dalam tahap pendanaan yang di targetkan sebesar 70.000 Poundsterling, dan dana yang berhasil terkumpul hingga 5 Maret 2016 adalah 21.671 Poundsterling. dan masih tersisa selama 26 hari lagi hingga pengumpulan dana ini berakhir.

Bagaimana dengan kamu? tertarik untuk mengikuti proyek ini? dan jika teknologi Vituali-Tee ini sampai ke indonesia, akankah kamu membelinya? Yuk bagikan pendapat kamu pada kolom komentar di bawah.