Tutorial Membuat Project Baru Di Android Studio Bagi Pemula

in ,
Tutorial Buat Project Baru Android Studio Thumbnail

Android Studio merupakan software khusus yang dikeluarkan oleh Google untuk membuat Aplikasi Android. Sekarang, kamu bisa membuat aplikasi android dengan mudah karena sudah didukung oleh Google melalui Sofware Android Studio.

Sebelumnya, kamu harus sudah menginstall Software Android Studio sebelumnya, jika kamu belum menginstallnya kamu bisa mengikuti tutorial berikut.

Tutorial Mudah Install Android Studio Buat Developer Pemula

Cara Membuat Project Baru Di Android Studio

Time needed: 5 minutes.

Bagi, kalian yang masih awal dan baru mencoba Android Studio pasti kebingungan ketika dihadapkan dengan tampilan Android Studio. Kali ini Dafunda Tekno, akan membantu kamu untuk membuat project baru di software ini.

  1. Pilih Start A New Project

    Pertama buka aplikasi Android Studio dan pilih Start A New Project. Alkan muncul tabel yang harus anda isi. Jika kalian bingung, kamu bisa membaca penjelasan berikut:

    – Application name : nama aplikasi anda
    – company domain : domain perusahaan (Misal domain aplikasi bukalapak adalah bukalapak.com. Isikan sesuai domain milik startup kamu).
    – project location : lokasi penyimpanan project di PC milik kamu.
    -include c++ : jika aplikasi yang akan dibuat menggunakan bahasa c++ anda bisa mencetangnya
    -include kotlin : jika aplikasi yang akan dibuat menggunakan bahasa kotlin anda bisa mencetangnya

  2. Pilih Target Android Devices

    Kamu akan ditanyai tujuan untuk membuat project baru ini, Ada beberapa jenis project yang biasa kamu dibuat disini, yaitu Phone and Tablet (Mobile), Wear, TV, Android Auto dan Android Things.
    Kemudian kamu harus memilih minimum SDK (Soft Development Kit). SDK adalah satu set alat untuk mengembangkan suatu aplikasi. Kalau di Android ada jenis-jenis Android seperti jenis 4.1 (Kitkat), 5.0 (Lollipop) dan lain-lain. Begitu juga minimum SDK, semakin rendah minimum SDK yang kamu targetkan maka semakin kompatibel aplikasi anda dengan beberapa jenis tipe Android.

  3. Pilih Add Activity to Mobile

    Ibarat kamu membuka project baru di Corel atau Word. Kamu bisa memilih jenis project yang akan kamu buka. Apakah kosongan apakah project yang sudah mempunyai template.

    Untuk pemula, kamu disarankan untuk memilih Empty Activity

  4. Isikan Configure Activity

    Setelah itu, kamu diharuskan untuk mengisi nama Activity Name dan Layout Name.
    Kamu biarkan secara default saja, tidak perlu diubah, tinggal klik finish.
    – Activity Name (MainActivity) merupakan file java class yang isinya adalah logic dari aplikasi yang kita dibuat. MainActivity yang memberikan instruksi ke Layout untuk melakukan suatu aktivitas
    – Layout Name (activity_main.xml) merupakan file xml yang berfungsi untuk membuat layout UI (User Interface) dari aplikasi.

  5. Project Baru Telah Selesai Dibuat

Ayo mulai berdiksusi