Ini Dia Pengertian RAM Beserta Fungsi dan Jenisnya, Biar Ga Bingung Saat Beli Laptop!

in ,
RAM Min

Saat membeli laptop atau smartphone, tentunya kamu akan mulai mencari spesifikasi barang tersebut. Nah, salah satu elemen yang ada dalam spesifikasi tersebut adalah RAM. Nah, sebenarnya RAM itu apa sih?

Nah, beruntung kamu melihat artikel di Dafunda Tekno ini. Kamu bisa membaca artikel ini untuk memahami apa itu arti RAM sebenarnya.

Apa Sih yang Dimaksud Dengan RAM?

RAM 2

RAM (Random Access Memory) adalah sebuah perangkat dalam komputer (PC/Laptop) atau smartphone yang fungsinya sebagai tempat penyimpanan data atau instruksi program sementara pada suatu perangkat.

Jadi, program yang berjalan di perangkat laptop/smartphone akan disimpan sementara di RAM. RAM itu membantu kinerja dari processor (otaknya komputer/smartphone). 

Kecepatan mengolah data di Komputer/Smartphone bergantung dengan kualitas RAM dan processor. Jadi, kalau kalian lagi main game nih. Maka, program yang berjalan di smartphone/Laptop kamu disimpan secara sementara di RAM. Maka, biasanya RAM juga berpengaruh dengan “ngelag” tidaknya sebuah smartphone dalam memainkan sebuah game.

Nah, sebenarnya RAM memiliki 2 Fungsi Utama yang akan dijelaskan dibawah ini.


Fungsi RAM Buat Apa Sih?

Data yang tersimpan setelah melakukan sebuah program di perangkat akan disimpan secara permanen di Hard Disk. Namun, masalahnya Hard Disk biasanya menyimpan data dengan sangat lamban.

Maka dari itu, sebuah Komputer/smartphone membutuhkan yang namanya RAM. Kecepatan RAM sangat jauh cepat dengan Hard Disk bahkan dengan SSD (Solid-State Driver) yang merupakan jenis Hard Disk tercepat saat ini.

Kemampuan RAM yang mampu membaca data dan menyimpan data sementara secara cepat membuat laptop/smartphone semakin enteng untuk menggunakan banyak program/aplikasi atau istilahnya multi-tasking.

Nah, setelah data sementara itu dipindahkan ke Hard Disk maka data di RAM akan kosong. Biasanya RAM akan berhenti beraktivitas saat Laptop/Smartphone dimatikan.


RAM Itu Ada Apa Aja Ya Jenisnya?

DDR RAM Min

RAM sendiri memiliki banyak jenis dan ukurannya. Jadi, RAM ini memiliki jenis ukuran yang biasanya berupa 512 MB, 1 GB, 2 GB, 3GB, 4 GB, 8 GB, 16 GB, sampai 32GB. Nah, untuk Laptop saat ini normalnya sudah memakai 4GB dan kalau mau lebih bagus adalah menggunakan 8 GB. Sementara untuk smartphone terbaru saat ini sudah memakai RAM 4 GB. Meskipun RAM dibawah 4GB juga masih “worth it” dipakai pada tahun 2019 ini.

Kalau tadi sudah membahas ukuran RAM, saat ini akan dibahas juga jenis RAM. Setidaknya ada 4 Jenis RAM yang harus kamu ketahui, yaitu:

  • EDO RAM (Enhanced Data Output RAM): biasanya digunakan pada komputer lama untuk mengambil dan menyimpan data secara simultan.
  • RD RAM (Rambus Dynamic RAM): kebanyakan dipakai pada komputer keluaran tahun 1999 sampai 2000-an. RD RAM Memiliki kinerja lebih cepat jika dibandingkan EDO RAM.
  • SD RAM (Synchronous Dynamic RAM): Memiliki tingkat sinkronisasi yang tinggi.
  • DDR (Double Data Rate): Paling umum ditemukan saat ini karena kecepatannya dua kali lipat dibandingkan SD RAM, mulai 133 MHz, 233MHz, sampai 400MHz. DDR punya beberapa generasi, mulai dari DDR2, DDR3, DDR4, hingga DDR5.

Laptop sekarang biasanya sudah menggunakan RAM jenis DDR. Nah, itu pembahasan mengenai RAM. Kalau ada yang perlu didiskusikan bisa tulis komentar dibawah kok. Insya Allah akan dibalas dengan secepat mungkin.

Bagikan jika kamu suka