Pengertian RAM Serta Fungsi RAM di Komputer atau Laptop

in ,
Apa Kegunaan RAM Di Komputer Dafunda (3)

Melalui artikel ini Dafunda Tekno akan menjelaskan apa pengertian dari RAM dan fungsi RAM pada komputer atau laptop serta jenis-jenis RAM yang digunakan dikomputer atau laptop. Setelah membaca artikel ini kamu tentu akan lebih mengetahui apa itu RAM dan bagaimana Fungsi RAM tersebut.

Pengertian RAM di Komputer atau Laptop

Pengertian RAM Dan Fungsi RAM Dafunda

RAM diambil dari singkatan Random Acces Memory. RAM adalah sebuah memori penyimpanan data sementara, ketika kamu menjalankan komputer dan dapat diakses secara acak atau disebut dengan random. Jadi jangan salah lagi dalam mendefinisikan memory RAM dan ROM baik di komputer atau HP.

Banyak orang awam beranggapan RAM itu adalah memori yang menyimpan file atau data layaknya sebuah Hard Disk. Jika belum tahu apa itu Hard Disk, kamu bisa membaca artikel berikut ini.

Pengertian Hard Disk Di Komputer Serta Fungsinya

Fungsi RAM pada Komputer atau Laptop

Apa Kegunaan RAM Di Komputer Dafunda (2)

Fungsi RAM di komputer, laptop dan smartphone adalah untuk mempercepat kinerja data pada ketiga perangkat tersebut. Dimana RAM menyediakan ruang penyimpanan sementara untuk perangkat tersebut, jadi semakin besar kapasitas RAM semakin cepat pula kinerja komputer, laptop dan smartphone kamu.

Bentuk RAM di komputer atau laptop seperti rangkaian elektronik semacam chip. Pada perangkat komputer atau laptop sudah tersedia slot untuk RAM pada Motherboard, dan jenis dari slot RAM juga bervariasi tergantung jenis RAM yang dipakai nya.

Jenis-jenis RAM (Random Access Memory)

Apa Kegunaan RAM Di Komputer Dafunda (1)

Dafunda Tekno juga menjelaskan beberapa RAM yang dipakai sebagai berikut:

  • RAM Dynamic RAM merupakan sebuah RAM dalam jangka waktu harus disegarkan oleh CPU (Central Processing Unit). Agar data-data dikomputer tidak hilang.
  • SDRAM merupakan singkatan dari (Sychronous Dynamic Random Access Memory) yang merupakan kelanjutan dari DRAM, namun sudah disinkronisasi oleh clock sistem yang memiliki kecepatan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan DRAM.
  • DDR RAM merupakan singkatan dari (Double Rate Random Access Memory). DDR RAM biasanya hanya disebut DDR saja. Memory ini perkembangan dari DDR2 (Double Data Rate generation 2 RAM) dan juga DDR3 (Double Data Rate generation 3 RAM). Jadi RAM ditingkat ini adalah jenis terbarunya.
  • RDRAM merupakan singkatan dari (Rambus Dynamic Access Memory). Memory jenis ini lebih cepat dan harganya pun mahal dari SDRAM.
  • SRAM merupakan singkatan dari (Static Random Access Memory). Memory jenis ini tidak perlu adanya penyegaran oleh CPU, dan kecepatannya pun lebih cepat dibandingkan dengan DRAM dan SDRAM.
  • EDORAM merupakan singkatan dari (Extended Data Out Random Access Memory). Jenis memory RAM ini bisa digunakan untuk jenis sistem Pentium. Soal kecepatan tulis memoy jenis ini dapat diandalkan.

Itulah beberapa hal mengenai RAM, mulai dari pengertian RAM, fungsi RAM, dan jenis-jenis RAM pada komputer dan laptop. Jika kamu punya pengertian RAM lainnya, jangan lupa bagikan dikolom komentar dibawah ini.

Bagikan jika kamu suka