Tips Mencari Gambar Bebas Hak Cipta di Google, Aman Untuk Blog Kalian

in ,
Cara Ambil Gambar Google Gratis Dafunda

Sebagian orang masih belum paham dengan namanya lisensi dalam sebuah karya seni, termasuk didalamnya gambar digital. Dibalik ketidak pahaman tersebut, banyak orang mengambil gambar melalui internet tanpa memperhatikan gambar yang diambil memiliki lisensi atau tidak.

Sebelumnya perlu diketahui, mengambil gambar digital/gambar di Google kemudian menggunakan untuk keperluan komersil itu ilegal loh. Dimana gambar digital berlisensi dan dilindungi oleh undang-undang, sehingga tidak boleh sembarang memakainya. Mulai sekarang kamu harus mengurangi menggunakan gambar di Google yang memiliki lisensi sebelum hukum menjeratmu.

Cara Mudah Ambil Gambar di Google Secara Gratis dan Legal

Jika kamu ingin mendapatkan gambar yang tidak berlisensi, cukup mengikuti cara berikut ini. Jadi kamu tidak perlu takut lagi dengan undang-undang yang akan menjerat. Pasalnya mudah banget kok cara ambil gambar secara gratis di Google, bisa kamu praktekin langsung.

  • Langkah awal, buka image.google.com, kemudian masukkan kata kunci dari gambar yang ingin kamu cari.
JANGAN LEWATKAN •
5 Promo Paling Banyak Dicari di Google Selama Ramadan

Cara Mudah Ambil Gambar Di Google Gratis (1)

  • Klik tombol pada Tools atau Alat.

Cara Mudah Ambil Gambar Di Google Gratis (2)

  • Kemudian pilih Usage Rights lalu pilih Labeled for reuse with modification. Jika OS kamu berbahasa Indonesia, pilih Hak Penggunaan kemudian pilih Dilabeli untuk digunakan ulang dengan modifikasi.

Cara Mudah Ambil Gambar Di Google Gratis (3)

  • Nah sekarang pilih gambar gratis yang ingin kamu download, klik lihat gambar hingga jendela baru terbuka di browser dan menampilkan ukuran gambar sebenarnya.

Cara Mudah Ambil Gambar Di Google Gratis (5)

  • Lalu klik kanan pada gambar dan pilih Save image as…

Cara Mudah Ambil Gambar Di Google Gratis (4)

  • Gambar sudah tersedia di komputer atau smartphone kamu.

Cara Mudah Ambil Gambar Di Google Gratis (6)

Disamping itu, bila kamu ragu tentang gambar yang kamu ambil gratis atau tidak, kamu juga bisa cek melalui situs seperti TinEye. Cara mengeceknya tinggal masukkan gambar atau alamat URS gambar yang kamu download. Nantinya TinEye akan memberikan informasi mengenai gambar yang kamu ambil tersebut.

Cara Mudah Ambil Gambar Di Google Gratis (7)

Sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara mengambil gambar di Google secara gratis dan legal bukan? Setidaknya kamu mulai sekarang tidak melanggar hukum lagi saat mengambil gambar apa saja di Google yang digunakan untuk kebutuhan apa saja, terutama sekali bagi para blogging.