5 Manfaat Google Scholar Bagi Pelajar/Mahasiswa yang Jarang Diketahui

in , ,
Business Report
Businessman working with his report lying on the floor

Google Scholar atau disebut dengan Google Cendikia adalah salah satu layanan dari Google yang tidak banyak orang tahu. Sebenarnya layanan ini sangat banyak manfaatnya bagi pelajar atau mahasiswa yang sedang mengerjakan tugas akhir atau makalah.

Apa Itu Google Scholar?

Nah sebelum mengetahui beberapa manfaat Google Scholar, kamu sudah tahu belum apa itu Google Scholar? Google Scholar merupakan layanan tempat mencari referensi khusus untuk mahasiswa atau pelajar dan akademisi yang dicanangkan oleh Anurag Acharya sebagai mantan akademis lalu bergabung dengan tim web-indexing Google pada tahun 2000.

Layanan Google untuk pelajar atau mahasiswa ini memungkinkan penggunanya untuk mencari referensi terbaik untuk mahasiswa seperti jurnal dan bisa menyimpan sumber tersebut ke perpustakaan pribadi.

Lalu apa saja manfaat yang belum banyak diketahui tentang Google Scholar? yuk simak berikut ulasannya.

5 Manfaat Google Scholar yang Jarang Diketahui Orang

Tempat Kumpulan Jurnal dan Artikel

Cara kerja Google Scholar mirip dengan mesin pencarian Google. Di mana kamu akan mendapat hasil pencarian semaksimal mungkin dan tentu kamu harus menggunakan kata kunci yang spesifik mungkin.

Nah untuk mengakses Google Scholar sendiri kamu cukup mengunjungi situs https://scholar.google.com/. Kemudian kamu bisa memasukkan kata kunci di dalam bar yang sudah tersedia. Hasil yang muncul tentu kombinasi paling relevan dengan kata kunci yang kamu cari. Lalu hasilnya yang muncul adalah hasil yang paling banyak dikutip oleh akademisi atau pelajar lainnya.

Jika kamu merasa kurang puas dari hasilnya, kamu juga bisa mencari jurnal dengan menggunakan fitur Advanced Seacrh. Dengan fitur tersebut memungkinkan hasil pencarian lebih spesifik lagi. Pilihan tersebut bisa kamu lihat di bagian sidebar halaman utama.


Bisa Dijadikan Sebagai Perpustakaan Pribadi

Hasil dari pencarian kamu dapatkan bisa juga disimpan artikelnya di perpustakaan pribadi. Caranya, klik pada ikon berbentuk bintang yang tersedia di bawah hasil pencarian.

Nantinya artikel yang ada di dalam perpustakaan tersebut bisa kamu akses melalui menu My library yang ada di bagian sidebar. Selain itu kamu juga bisa melihat daftar terkait informasi yang lebih komprehensif tentang artikel tersebut yang sudah tersedia abstraknya.


Dapat Mengatur Alert

Bagi mahasiswa yang sedang mengambil penelitian terkait dengan masalah yang sedang berkembang, fitur satu ini sangat cocok digunakan. Demi memudahkan kamu dalam mengikuti berbagai artikel akademik mana saja yang baru saja dipublish. Scholar akan memberikan menu untuk kamu dan bisa mengatur notifikasi tersebut terkait kata kunci yang sedang kamu cari secara spesifik.

Cara menggunakan fitur ini sangatlah mudah yaitu dengan memilih menu Alerts yang ada simbol amplop berada di sidebar. Lalu klik Create alert lalu masukkan kata kunci di Alert query. Nah di sini kamu bisa memilih ingin dilihat 10 atau 20 hasil pencarian yang ingin dikirimkan melalui email. Jadi kamu tidak akan ketinggalan lagi mengenai artikel atau buku yang baru saja terbit.


Mudah Mendapatkan Artikel Terkait Lainnya

Jika kamu sudah mendapatkan artikel yang menarik dan lebih relevan dengan apa yang sedang kamu cari, namun kamu juga bisa melihat artikel yang terkait lainnya yang serupa. Caranya, klik pada tautan Related articles yang ada di bawah artikel.

Kemudian kamu akan melihat hasil pencarian yang terkait dengan artikel yang pertama kamu cari.


Bisa Mengutip Bahan Artikel dengan Cepat

Bagi yang sedang membuat artikel berupa skripsi atau thesis dan makalah, mungkin hal yang paling jenuh adalah membuat daftar pustaka. Tidak perlu khawatir lagi, karena Google Scholar bisa membantu kamu yang sedang membuat daftar pustaka.

Caranya, klik pada ikon tanda kutip yang berada di bawah artikel. Lalu terdapat jendela dengan citation formatnya sesuai dengan yang diinginkan pastinya. Lalu hasilnya bisa kamu copy dan paste kan dengan cepat ke Microsoft Word.


Itulah 5 manfaat dari Google Scholar bagi mahasiswa atau akademisi lainnya. Nah apakah selama ini kamu sudah menggunakan layanan yang sangat bermanfaat satu ini? jika sudah, yuk berikan pendapat dan pengalaman kalian melalui kolom komentar di bawah ini.

Ayo mulai berdiksusi