Kurang Percaya Google, Facebook Kini Bikin OS Pengganti Android

in ,
Sistem Operasi Facebook

Facebook seperti mengambil pelajaran dari kejadian yang menimpa Huawei yaitu tidak dibolehkan lagi menggunakan segala layanan dan aplikasi Google. Belakangan ini Facebook kabarnya mulai mengembangkan sistem operasi (OS) sendiri sebagai pengganti Android.

OS yang dimaksud bukan untuk gadget mobile seperti smartphone, melainkan untuk dijalankan di perangkat pintar lain, seperti Portal dan headset Virtual Reality Oculus.

Facebook Bikin Sistem Operasi Sendiri, Tidak Andalkan Punya Google Lagi

Perangkat-perangkat milik Facebook ini bakal menjalankan OS Android yang sudah dimodifikasi.

Raksasa media sosial itu setelah diselidiki apa alasan ingin membuat OS sendiri adalah karena tidak percaya lagi dengan Google. Dimana Android sekarang milik Google yang merupakan salah satu kompetitor besar di ranah teknologi.

Apalagi jika perangkat seperti VR itu merupakan salah satu andalan bagi Facebook untuk dijadikan sebagai tumpuan di masa depan.

JANGAN LEWATKAN •
Kini Aplikasi BBM Sudah Bisa Video Calling, Sudah Tahu Belum?

Dari pada ke depan bisa berantakan karena masalah dengan Google seperti yang dialami Huawei, Facebook lebih memilih untuk mengembangkan OS sendiri.

“Kami memang yakin jika ada ruang bagi kami untuk generasi berikutnya” ungkap VP Hardware Facebook, Andrew Bosworth seperti yang Dafunda Tekno kutip dari TechCruch.

“Kami merasa tidak dapat mempercayai pasar atau kompetitor untuk mewujudkan hal tersebut. Maka dengan begitu, kami ingin melakukannya sendiri” cetus Bosworth.

Facebook Tidak Mudah Percaya dengan Kompetitor Besar

Kini Facebook sudah menunjukkan seorang eksekutif untuk mengepalai proyek dari pengembangan sistem operasi terbarunya itu.

Yang dimaksud adalah Mark Lucovsky, dimana sebelumnya terlibat untuk bertanggung jawab dalam hal pengembangan OS Windows NT di Microsoft.

Tidak hanya sistem operasi yang dibuat, Facebook juga berencana membuat asisten digital sendiri sebagai pengganti Alexa dari Amazon yang saat ini digunakan di display pintar Portal miliknya.

JANGAN LEWATKAN •
Cara Mereset HP Samsung dengan Mudah dan Cepat

Aplikasi Facebook sendiri masih tersedia di ponsel Android seperti biasa. Ini bukan kali pertama Facebook melakukan eksperimen seperti “sistem operasi” sendiri. Sejak 2013, Facebook juga sempat melakukan kolaborasi dengan HTC untuk memproduksi smartphone Android yang dibalut dengan laucher (antarmuka) khusus.