Cara Membuat Daftar Isi Manual di Microsoft Word 2010, 2013, dan 2016

in ,
Cara Membuat Daftar Isi Manual

Kali ini Dafunda Tekno akan membahas mengenai hal yang paling banyak ditanyai oleh para mahasiswa tingkat akhir, yaitu cara membuat daftar isi manual di Mircosoft Word. Nah sebelum membahas lebih lanjut cara membuat daftar isi manual ini, kamu sudah tahu belum apa pengertian dari daftar isi?

Apa Pengertian Daftar Isi?

Secara gambarannya, Dafunda Tekno yakin kalian semua pasti sudah tahu bagaimana bentuk daftar isi. Nah singkatnya Daftar isi adalah sebuah elemen yang sangat berperan penting dalam sebuah karya ilmiah, skripsi ataupun tesis. Dari halaman daftar isilah para pembaca dan penguji bisa terbantu mencoba menemukan nomor halaman dalam bahasan tertentu. Karena format yang unik membuat daftar isi haruslah sangat teliti dalam membuatnya.

Nah jika kamu sedang mencari artikel bagaimana cara membuat daftar isi yang rapi dan bagus, tentu kamu sedang berada di artikel yang tepat sekarang ini. Karena disini Dafunda Tekno akan kasih tahu kamu cara membuat daftar isi manual yang baik, rapi serta sesuai dengan kaidah penulisannya.

Beberapa Contoh Daftar Isi Manual yang perlu kamu ketahui

  • Ada contoh daftar isi makalah
  • Contoh daftar isi Proposal
  • Contoh daftar isi Skripsi
  • Contoh daftar isi buku atau laporan

Contoh Daftar Isi Makalah 1

Contoh Daftar Isi Makalah

Contoh Daftar Isi Makalah 2

Contoh Daftar Isi Makalah 2

Contoh Daftar Isi Makalah 3

Contoh Daftar Isi Makalah 3

Alasan Harus Membuat Daftar Isi Manual

Jika kamu tidak membuat daftar isi, maka nanti kamu juga yang akan bingung sendiri untuk menemukan materi yang kamu perlukan. Contohnya kamu kini sedang membaca buku dengan ketebalan 500 halaman, lalu kamu ingin mencari sebuah sub bab dalam buku tersebut tanpa daftar isi. Kira-kira apa yang kamu dapat dengan ketebalan buku sedemikian? Sudah terbayangkan bukan repotnya minta ampun.

Dengan pesoalan yang sama, kita bisa menemukan sub bab yang ingin kita cari dengan melihat daftar isi, maka itu lebih jauh efektif dan efisien. Selain itu para penulis juga lebih mudah dalam menyusun materi secara sistematis.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Membuat Daftar Isi Manual

Kelebihan membuat daftar isi manual sangat mudah pengerjaannya. Cara membuat daftar isi manual ini dianjurkan untuk karya ilmiah yang sedikit halamannya. Sedangkan kekurangannya adalah jika karya ilmiah dalam jumlah banyak, maka kamu akan lebih sulit dalam menentukan halaman beberapa sub di pembahasan tertentu.

Apalagi nanti ada penambahan atau pengurangan halaman atau isi, sehingga terjadi perubahan halaman pada sub tertentu, itu yang akan membuat waktu bekerjamu bertambah.

Cara Membuat Daftar Isi Manual di Microsoft Word 2007, 2010, 2013, dan 2016

Time needed: 5 minutes.

Untuk buat daftar isi manual yang rapi dan baik, kamu cukup mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

  1. Buka Microsoft Word di laptop atau PC kamu

    Jika MS. Word kamu belu tampak ruller (penggaris) maka kamu harus memunculkan terlebih dahulu.
    Caranya: pilih view – cari tulisan Ruller kemudian centang pada kolom yang di bagian kiri. Maka Ruller atau penggaris di Word akan tampil.

  2. Sekarang tulis bagian daftar isi seperti halaman judul, kata pengantar, daftar isi, BAB I dan seterusnya.

    Atau kamu bisa download melalui tautan yang sudah Dafunda Tekno siapkan ini Contoh Kerangka Daftar Isi

  3. Sekarang menambahkan titik yang rapi bisa kamu lakukan dengan cara berikut

    Pertama, tempakan kursor pada halaman judul lalu klik dua kali pada bagian penggaris atau Ruller untuk memunculkan halaman pop-art Tabs

  4. Jika sudah muncul jendela ‘Tabs’ di aligment pilih ‘left’ dan di ‘Leader’ pilih nomor 2. Kemudian klik OK

  5. Letakkan kembali kursor pada samping kalimat baris pertama

    Lalu tekan tombol ‘Tab’ di keyboard kamu maka akan muncul garis titik-titik dengan jarak yang sudah ditentukan.

  6. Selesai!

    Kamu sudah berhasil membuat daftar isi manual dengan cepat. Hanya saja tinggal menaruh penomoran di bagian akhir titik-titik saja sesuai dengan halaman yang kamu butuhkan.


Mudah sekali bukan cara membuat daftar isi manual di atas? Kamu tidak perlu nebeng sama teman lagi soal membuat daftar isi. Karna caranya cukup gampang. Nah jika kamu ingin tahu cara membuat daftar isi secara otomatis, baca melalui tautan di bawah ini.

Tinggalkan Balasan