Cara Membuat Daftar Isi Secara Otomatis di Microsoft Word Gampang Banget

in , ,
Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

Jika sebelumnya Dafunda Tekno pernah membahas mengenai cara membuat daftar isi secara manual, nah kali ini Dafunda Tekno akan mengulas mengenai cara membuat daftar isi otomatis. Bagaimana cara membuat daftar isi otomatis? makanya simak sampai habis artikel ini.

Apa Pengertian Daftar Isi?

Secara gambarannya, Dafunda Tekno yakin kalian semua pasti sudah tahu bagaimana bentuk daftar isi. Nah singkatnya Daftar isi adalah sebuah elemen yang sangat berperan penting dalam sebuah karya ilmiah, skripsi ataupun tesis. Dari halaman daftar isilah para pembaca dan penguji bisa terbantu mencoba menemukan nomor halaman dalam bahasan tertentu. Karena format yang unik membuat daftar isi haruslah sangat teliti dalam membuatnya.

Nah jika kamu sedang mencari artikel bagaimana cara membuat daftar isi yang rapi dan bagus, tentu kamu sedang berada di artikel yang tepat sekarang ini. Karena disini Dafunda Tekno akan kasih tahu kamu cara membuat daftar isi otomatis yang bagus, rapi serta sesuai dengan kaidah penulisannya.

Alasan Harus Membuat Daftar Isi

Jika kamu tidak membuat daftar isi, maka nanti kamu juga yang akan bingung sendiri untuk menemukan materi yang kamu perlukan. Contohnya kamu kini sedang membaca buku dengan ketebalan 500 halaman, lalu kamu ingin mencari sebuah sub bab dalam buku tersebut tanpa daftar isi. Kira-kira apa yang kamu dapat dengan ketebalan buku sedemikian? Sudah terbayangkan bukan repotnya minta ampun.

Dengan pesoalan yang sama, kita bisa menemukan sub bab yang ingin kita cari dengan melihat daftar isi, maka itu lebih jauh efektif dan efisien. Selain itu para penulis juga lebih mudah dalam menyusun materi secara sistematis.

Kelebihan dan Kekurangan Cara Membuat Daftar Isi Otomatis

Kelebihan dari membuat daftar isi secara otomatis adalah nanti kamu tidak perlu melakukan scroll naik turun saat memberikan penomoran di daftar isi. Karena penomoran akan secara otomatis tersedia. Sedangkan kekurangannya adalah lebih sulit dari pada membuat yang secara manual. Tapi jika setelah melihat tutorial membuat daftar isi otomatis berikut, Dafunda Tekno yakin tidak sulit seperti yang kamu bayangkan sekarang ini.

Cara Membuat Daftar Isi Otomatis di Microsoft Word 2007, 2010, 2013, dan 2016

Time needed: 7 minutes.

Berikut langkah-langkah membuat daftar isi, jangan ada sampai ketinggalan nantinya ya guys!

  1. Buka aplikasi Microsoft Word di Laptop atau PC kamu

    Lalu buka (skripsi, proposal, buku, karya ilmiah, atau jenis tulisan makalah lainnya) yang ingin kamu buat daftar isinya.

  2. Buat halaman kosong sebagai halaman kita tempatkan daftar isi

  3. Menambahkan ‘style heading’ di setiap BAB, SUB BAB dan SUB Materi lain di dalam daftar isi

    Caranya: blok pada BAB atau Sub Bab yang akan kita masukkan ke daftar isi nanti.
    Setelah itu klik pada Home – perhatikan pada menu Heading StyleKlik Heading 1

  4. Nah jika setelah kamu pilih ‘Heading 1’ tulisan berubah, maka bisa kamu ubah melalui klik kanan lalu pilih tombol ‘Modify’

    Kamu bisa mengubah tulisan mulai dari jenis font tulisan, ukuran, warna hingga letak tulisan tersebut. Jika sudah di ubah, klik OK.

  5. Selanjutnya untuk Sub Bab kamu juga perlu memberikan heading untuk kita masukkan ke daftar isi nanti.

    Karena berbeda dengan BAB, maka untuk Sub Bab pilih Heading 2, dan lakukan modifikasi jika kamu butuhkan seperti Heading 1 di atas.

  6. Jika semua BAB dan Sub Bab lainnya sudah kamu berikan Heading, maka sekarang proses menggabungkan semua heading di daftar isi

    Caranya klik pada tombol REFERENCES

  7. Lalu klik pada ‘Table of Contents’ seperti gambar di bawah

    Kemudian pilih pada kolom pertama yaitu Automatic Table 1

  8. Selesai!

    Kamu bisa melihat hasil daftar isi otomatis di bawah ini


Bagaimana, tidak begitu rumit yang seperti kamu bayangkan bukan? Dengan membuat daftar isi secara otomatis, maka kamu tidak sulit jika ada perubahan kalimat di setiap materi di dalam skripsi atau tesis kamu nantinya. Cara ini sangat disarankan bagi kamu yang sedang menyusus skripsi atau tesis.

Apakah cara di atas membantu kamu dalam membuat daftar isi? Jika kamu masih bingung juga, langsung saja tanyakan melalui kolom komentar di bawah ini apa keluhan yang kamu dapat selama membuat daftar isi. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan