Bethesda Tuntut Warner Bros Karena Dituduh Meniru Gaya Fallout Shelter

in , , , , , ,
Fallout Sue Westworld

Di Indonesia, kita mendengar maraknya berita Riot Games yang menuntut Moonton atas dugaan plagiat properti intelektual mereka. Biasanya, dugaan plagiat tersebut dilihat dari kemiripan gaya visual, animasi, hingga elemen lainnya pada game.

Baru-baru ini juga, heboh sebuah kabar bahwa developer game beken Bethesda telah melayangkan tuntutan ganti rugi terhadap salah satu perusahaan entertainment terbesar di dunia, Warner Bros.

Dituntut Karena Meniru Gaya Fallout Shelter

Game Westworld dari Warner Bros dan Behaviour Interactive yang diduga meniru gaya Fallout Shelter
Game Westworld dari Warner Bros dan Behaviour Interactive yang diduga meniru gaya Fallout Shelter

Warner Bros dalam serial film HBO mereka, “Westworld” baru-baru ini memang telah meluncurkan sebuah game adaptasi dari serial film HBO mereka.

Bersama developer game Behaviour Interactive, Warner Bros memang merilis game mobile yang diadaptasi dari serial film HBO mereka dengan nama yang sama dari acara tersebut dan secara terang-terangan mengikuti gaya visualisasi dari Fallout Shelter.

Dilansir dari Polygon, kamu bisa membaca dan melihat keseluruhan surat-surat berisikan tuntutan Bethesda terhadap Warner Bros di sini

Bethesda melihat hal ini sebagai tindakan pelanggaran dan mereka mengklaim dalam gugatannya di Pengadilan Distrik Maryland pada Kamis lalu waktu setempat. Hal tersebut menjelaskan bahwa game baru dari Warner Bros bersama Behaviour Interactive meniru gaya visualisasi Fallout Shelter.

JANGAN LEWATKAN •
'Subnautica' Gratis di Epic Games Store, dan Sudah Siap Kamu Claim

Fallout Shelter sendiri telah rilis terlebih dahulu pada tahun 2015 lalu dan telah tersedia di berbagai platform seperti Nintendo Switch, PlayStation 4, Windows PC, hingga XBOX One.

Seperti yang Polygon laporkan, Bethesda mengatakan bahwa game Westworld yang baru memiliki desain game yang sama atau sangat mirip mulai dari gaya seni, animasi, fitur, dan elemen game lainnya. 
Hal inilah yang menjadi alasan Bethesda menuduh Warner Bros dan Behavior Interactive yang telah mengembangkan sebuah game karena pelanggaran hak cipta, pelanggaran kontrak, dan penyalahgunaan rahasia dagang.

Bethesda-pun menuntut ganti rugi, tetapi tidak jelas berapa jumlah yang diminta Bethesda sebagai ganti rugi.

Bethesda mengklaim bahwa Behaviour Interactive menggunakan kode yang sama dari Fallout Shelter di Westworld, mencatat bug yang ditemukan di versi awal Fallout Shelter, yang kemudian dikoreksi, juga ditemukan di Westworld.