GamePCPC & Console

Bisakah New World Jadi Ajang Comeback Bagi Pemain MMO?

Banyak gamers yang sangat menantikan perilisan game New World. Dan ketika game ini akhirnya rilis, sekitar 913,027 gamers langsung memainkannya. Namun sekarang hanya sekitar 20.000 orang saja yang memainkan game New World tiap bulannya.

Tentunya ini adalah penurunan yang signifikan jika dibandingkan dengan jumlah ketika perilisannya. Banyak game MMO yang akan kehilangan pemain seiring berjalannya waktu, bahkan untuk game seperti Lost Ark.

Namun dalam beberapa kasus, game MMO dapat kembali dan mendapatkan pemain. Meskipun tidak sebanyak saat pertama kali dirilis, tentunya lebih baik dari pada tidak sama sekali. Melihat hal itu muncul sebuah pertanyaan yang ditanyakan oleh para gamer, “Bisakah New World jadi ajang Comeback?” jawabannya bisa. Namun akankah itu pasti comeback tentunya beda cerita.

Mengapa Pemain New World Menurun?

New World
New World | Amazon Games Studio

Ada beberapa alasan mengapa jumlah pemain New World menurun. Banyak game akhir-akhir ini yang terburu-buru dirilis untuk memenuhi tuntutan penerbit. New World adalah salah satu game yang dimaksud.

Karena perilisannya yang terburu-buru itu menyebabkan New World memiliki banyak bug dan menyebabkan pemainnya tidak nyaman. Meskipun bug-nya tidak parah, tetap saja membuat pengalaman bermain jadi berkurang.

Alasan lainnya mengapa pemain New World berkurang adalah karena kurangnya konten baru. Dan hal ini tentunya membuat pemain bosan memainkan gamenya. Game MMO memang harus memiliki konten baru setiap tahunnya agar bisa bertahan lama dan tetap dimainkan selama bertahun-tahun kedepan.

Sejauh ini, New World belum memberikan perubahan atau update terbaru. Karena hal ini banyak pemain yang bosan dan merasa tidak perlu memainkan gamenya sebelum adanya update. Banyak juga pemain yang masih menyimpan New World coin untuk bisa digunakan di kemudian hari.

Akankan New World Bisa Comeback?

Tentunya bisa comeback jika memiliki banyak update dan peningkatan agar tidak ada lagi bug. Satu hal yang membuat New World tidak tidak seperti game MMO lainnya adalah tidak mengeluarkan biaya langganan. Kalian hanya membeli gamenya dan tidak perlu membayar biaya bulanan. Metode ini mirip seperti yang digunakan oleh game Guild Wars 2.

Karena tidak perlu mengeluarkan biaya lagi, maka peluang untuk pemain baru dan pemain lama kembali memainkan New World terbuka lebar. Hanya saja pemain lama menunggu update besar-besaran rilis sebelum akhirnya mereka kembali memainkan game ini.

New World sudah terjual jutaan kopi dan tentunya game ini memiliki basis pemain yang besar. Jika 10% atau 15% saja yang kembali, maka itu sudah hampir 100.000 pemain dan ini adalah angka yang besar.

Memberikan item kepada akun New World secara gratis tentu adalah cara yang bagus untuk menarik kembali pemain lama. New World bisa saja comeback namun akan memakan waktu. Beberapa MMO ada yang mengalami perilisan yang buruk tapi bisa comeback dengan luar biasa. Contohnya seperti Final Fantasy 14.

Game MMO Yang Berhasil Comeback

New World Heart Of Madness
New World Heart Of Madness | Amazon Games Studio

Banyak contoh game MMO yang berhasil comeback, jadi tidak ada yang tidak mungkin, seperti halnya RuneScape dan Elder Scrolls online. Dengan update baru yang diberikan banyak pemain lama yang kembali memainkan game tersebut.

Salah satu comeback besar dari game MMO adalah Final Fantasy 14, terlepas dari perilisannya yang buruk. Sangking buruknya sampai membuat pengembang merilis kembali game ini beberapa tahun kemudian dengan engine, konten dan update baru lainnya. Karena hal itu Final Fantasy 14 jadi game MMO terbesar sepanjang masa.

Jadi ada kemungkinan jika New World akan melakukan hal yang sama, tapi dengan syarat harus mengupdate game dan menambahkan lebih banyak konten. Tentu update ini memakan banyak waktu, tapi jika banyak pemain lama kembali maka ini adalah sebuah kesuksesan besar.

Kesimpulan

Pastinya bakal ada perdebatan apakah New World memang akan membuat comeback atau taidak. Sejujurnya semua game pasti bisa comeback. Biasanya cara yang digunakan yaitu mengupdate game dan mempromosikannya dari komunitas.

Masih banyak cara yang bisa digunakan untuk menggunakan New World coins. Contohnya seperti Star Wars Battlefront 2 yang mendapat update dan makin bagus dari waktu ke waktu. Sementara itu untuk dari segi promosi kita bisa mengambil contoh dari game The Witcher 3.

Meskipun kedua game tadi bukan MMO, tapi mereka bisa dijadikan contoh yang bagus. Jadi gimana nih tanggapan kalian dengan game New World? komen di bawah ya.

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment