MCUMovieMovie List

5 Alasan Utama Mengapa MCU Sukses Besar

Berikut adalah 5 alasan utama mengapa rana sinematik superhero, MCU sukses besar. Tak memungkiri rana sinematik superhero Marvel alias MCU, masih sukses besar hingga sekarang.

Ya terlepas beberapa dari kita mulai bosan atau bahkan menganggap kualitasnya kian menurun. Namun faktanya setiap adanya rilisan film terbaru MCU, antrian panjang di bioskop pastinya akan selalu kita lihat.

Padahal kalau kita pikir lagi. MCU itu pada dasarnya hanyalah film tentang superhero. Yang mana seperti kita ketahui, sangat generik plot-nya. Spesifiknya, Superhero VS Villain, baik melawan jahat, si penjahat akan kalah atau bahkan tewas pada akhirnya.

Namun ya sekali lagi faktanya, toh pendapatan box-office serta seluruh antrian panjang itu membuktikan sebaliknya. Alias rana sinematik ini justru sangat luar biasa. Tak ayal ketika melihat ini, kitapun menjadi penasaran dengan resep atau kunci kesuksesannya.

Well gak usah panjang lebar lagi. Yuk mari kita langsung saja simak pembahasan 5 alasan utama mengaapa MCU sukses besar hingga detik ini. Ingat kelima alasan ini bersifat SUBYEKTIF.

1. Ceritanya Gampang Kita Cerna

Alasan pertama mengapa rana sinematik superhero, MCU sukses besar, adalah karena kisahnya yang gampang kita cerna. Well hal ini tak lantas membuat trilogi The Dark Knight (2005-2012) atau bahkan film klasik Superman (1978) gak enteng juga.

Namun kalau kiat perhatikan. Cara pendekatan MCU dalam menampilkan kisah film-filmnya “sama rata.” Maksudnya, pengadaptasian plotnya dibuat dengan seenteng dan seumum mungkin sehingga mereka yang bukan fanboy dari komik-komik Marvel pun juga bisa paham.

Agak beda dengan rival-nya, DC yang terkadang masih main “tembak langsung” saja. Alias, Cuma yang fanboy saja yang bakalan paham. Tapi ya sedikit-sedikit mereka juga sudah mulai mengikuti formula MCU tersebut.

2. Jauh Lebih General dan Aksesibel

Alasan selanjutnya mengapa rana sinematik superhero, MCU sukses besar adalah karena filmnya lebih general dan aksesibel. Maksudnya, rata-rata film superhero MCU bisa disaksikan oleh semua kalangan. Bahkan BALITA pun kalau yang sudah paham, filmnya masih bisa mereka saksikan.

Makanya gak heran kalau setiap adanya rilisan film terbaru Marvel, mau itu anak-anak, dewasa, om-om, emak-emak, semuanya bisa menikmati. Beda dengan DCEU yang sebagian besar masih merujuk ke remaja hingga dewasa.

Namun sama halnya dengan poin pertama, DCEU atau DC luar DCEU, sudah mulai sedikit memberikan akses ke seluruh kalangannya. Hal ini terbukti melalui film seperti Aquaman (2018) dan Shazam! (2019).

3. Kevin Feige Adalah Geek Marvel

alasan utama MCU sukses
Kevin Feige | The Illuminerdi

Bukan berarti sosok seperti Zack Snyder (Man of Steel) gak paham tentang dunia DC. Tapi ya gue akuin kalau dibandingkan Snyder, Feige jauh lebih unggul.

Dalam artian disini adalah tidak seperti Snyder yang terkadang hit dan terkadang miss dalam pengeksekusian adaptasinya. Feige bisa kita katakan selalu sukses eksekusinya. Ya ada sih yang miss tapi hal tersebut bisa kita hitung dengan jari.

Selain itu, kalau kita membaca atau menyaksikan wawancara-wawancaranya. Kelihatan banget-banget dari setiap jawaban yang ia berikan, kalau ia memanglah sosok fanboy komik Marvel sejati.

4. Sutradara dan Penulis Naskah Lebih Bebas Dalam Menuangkan Visinya

Poin ini rasanya sudah sering kita baca dan dengar. Ya salah satu alasan mengapa film-film MCU selalu keren adalah karena sutradara dan penulis naskahnya memiliki kebebasan yang asyik.

Spesifiknya, kebebasan yang lebih asyik dalam menuangkan visi-visi mereka. Ya gak 100% bebas juga sih. Karena ujung-ujungnya semuanya akan diawasi/diperiksa lagi Kevin Feige beserta tim.

Namun kalau kita bandingkan dengan kebebasan mereka-mereka yang berada di DC, perbedaannya bagaikan langit dan bumi. Pasalnya DC dan Warner Bros jauh lebih besar campur tangannya.

Tapi untungnya secara perlahan, WB dan DC sudah mulai jauh lebih longgar. Hal ini terbukti melalui film The Batman (2022).

5. Konektivitasnya Lebih Teratur

alasan utama MCU sukses
Konektivitasnya Lebih teratur | twitter

Nah inilah alasan utama nomor satu mengapa rana sinematik superhero, MCU sukses besar. Ya seperti yang telah kita lihat sendiri. Semenjak perilisan film perdana, Iron Man (2008), konektivitas dari film tersebut ke film lain sangatlah teratur.

Atau dengan kata lainnya, sangat tertata rapih banget. Beda banget dengan DCEU yang awalnya gara-gara ingin mau beda dari MCU, malah ujung-ujungnya memiliki tata kontinuitas yang gak serapih MCU.

Well, semoga saja dengan kini dipegang oleh struktur manajemen yang lebih baru. DCEU bisa jauh lebih rapih lagi ke depannya. Sekarang, bagaimana nih pendapatmu dengan pembahasan ini?

What's your reaction?

Related Posts

Leave Comment