Mengenal apa itu Wibu, Istilah untuk Golongan yang Sangat Fanatik dengan Animanga

in ,
Zero Two

Jika kalian sering berselancar di media sosial atau dimana saja kalian pasti pernah mendengar isitlah Wibu. Dan pastinya kalian bertanya-tanya mengenai apa sih itu Wibu? Dan bagaimana seseorang bisa disebut Wibu?

Sebelumnya, kami sudah pernah menerbitkan artikel mengenai apa itu Wibu Bau Bawang. Kalian bisa melihatnya melalui link tersebut. Sedangkan pada kesempatan kali ini saya akan coba menjabarkan mengenai apa itu Wibu dan siapa saja golongan yang bisa disebut sebagai Wibu.

Penjelasan Mengenai Apa itu Wibu?

Wibu sendiri bisa juga diartikan sebagai Japanofilia yang dimana ini merupakan isitilah untuk menyebut orang-orang yang terlalu terobsesi terhadap budaya Jepang. atau mereka bisa melakukan aktivitas yang sering dilakukan orang Jepang. Wibu sendiri sering dianggap sebagai suatu penyimpangan karena mereka dianggap tidak menghargai budaya bangsa sendiri. 

Wibu juga memiliki makna yang luas dan tak terpaku kepada satu aspek saja. Mereka bisa terobsesi terhadap hal-hal berikut ini.

  • Menyukai budaya Jepang dan menganggap budaya sendiri tak sebagus budaya dari Jepang.
  • Terobsesi terhadap anime, game, ataupun hal-hal yang menyangkut Jepang.
  • Selalu menggunakan kosakata Jepang di kehidupan sehari-harinya.
  • Pengetahuan mengenai budaya Jepang lebih luar ketimbang budaya sendiri.

Wibu 1

Siapa saja Orang yang Disebut Wibu?

Ada banyak faktor yang mempengaruhi seseorang disebut sebagai Wibu. Berikut ciri-ciri seseorang disebut sebagai Wibu:

  1. Suka menonton Anime hingga lupa waktu
  2. Mengoleksi berbagai merchandise Anime
  3. Suka menghadiri berbagai event Jejepangan
  4. Suka mempelajari budaya Jepang (Dibandingkan budaya sendiri)
  5. Mengidolakan karakter Anime (Biasa disebut Waifu/Husbando)

Golongan atau Tingkatan Wibu

1. Wibu Akut

Rikka 3

 

Jenis wibu yang satu ini menganggap bahwa Jepang adalah sega-galanya. Mereka akan menganggap bahwa Jepang selalu diatas negaranya sendiri. Mereka akan mengoleksi berbagai merchandise dan berbagai pengetahuan tentang Jepang.

2. Wibu di Social Media

Jenis wibu yang satu ini hanya memperlihatkan diri mereka di social media yang ada. Mereka akan menggunakan foto profil anime (Tidak semuanya bisa dikatakan Wibu) baik di Facebook atau di Instagram. Mereka juga biasanya sering tergabung ke dalam group Facebook yang berisikan anime.

3. Wibu Suka Menghayal

Rikka 1

Wibu yang satu ini bisa dikatakan sebagai Wibu akut level atas. Mereka akan sering menghayal mengenai apa yang bisa ia lakukan ketika berada di anime. Salah satu saran saya, kalian bisa menyukai anime atau sesuatu yang berbau Jepang namun tetap ingat kepada budaya sendiri.


Nah sahabat Dafunda Otaku itulah penjelasan mengenai apa itu Wibu dan siapa saja mereka serta bagaimana golongan mereka.