Salah seorang Editor di Wikipedia dengan username “Calamondin12” telah menemukan sebuah artikel Hoax. Artikel itu telah 10 tahun berada di salah satu laman ensiklopedia terbesar itu.

Untuk Situs besar seperti wikipedia memang terdengar biasa jika memiliki artike Hoax atau tidak memiliki dasar apapun. Namun hanya kali ini kasus yang berbeda, karena sudah 10 tahun bertengger tanpa ada yang menyadarinya.

Artikel ini di buat pada tahun 2005 silam, melalui situs BusinessInsider kami mengetahui kalau artikel ini berkisah tentang karakter fiktif bernama Jack Robichaux.

Robichaux ini digambarkan sebagai pemerkosa berantai yang ada pada abad ke-19. Ia melancarkan aksi yang tidak senonoh itu di sekitaran New Orleans, Lousiana, AS.

Robichaux digambarkan sebagai pemerkosa berantai pada abad ke-19. Ia melancarkan aksinya di sekitar New Orleans, Louisiana, AS. Dia juga di deskripsikan sebagai seorang musisi jazz anda yang dikenal di kota yang sama. Kejahatan yang di lakukan olehnya telah menjadi rahasia umum kala itu.

JANGAN LEWATKAN •
Inilah 10 Situs Yang Banyak Dikunjungi Pengguna Internet Seluruh Dunia

Di bagian Nyatanya, memang benar ada seorang musisi jazz bernama belakang Robichaux. Untuk lebih tepatnya, ia bernama John Robichaux. deskripsi fiktif yang ada di wikipedia? John benar – benar orang yang berbeda dengan karakter fiktif tersebut.

Setelah di telusuri, ternyata karangan yang tampak nyata itu di buat oleh dua sahabat, yaitu Bill Maas dan Van Robichaux. Saat membuat kisah pemerkosa berantai itu, kedua orang itu masih berkuliah di Washington University, AS.

Ia dan sahabatnya memang sengaja membuat artikel rekayasa itu dengan motif sederhana, yaitu iseng – isengan. sebelum membuat artikel ini, mereka telah terlebih dahulu membuat artikel Hoax di Wikipedia. Namun semuanya berumur tidak panjang alias pendek.

Anehnya, hanya kisah Jack Robichaux ini yang bertengger lama. “Kami hanya ingin menyajikan informasi palsu di Wikipedia, lebih kurang sebagai tantangan. Kami sudah coba pada banyak artikel berbeda sebelumnya, tetapi selalu gagal,” kata Maas.

JANGAN LEWATKAN •
Inilah 10 Situs Yang Banyak Dikunjungi Pengguna Internet Seluruh Dunia

Calamondin12 yang merupakan salah seorang editor di Wikipedia telah meminta pengelola sistem untuk segera menghapus artikel tak mendasar tersebut pada agustus tahun lalu. Dia menerangkan kalau Artikel di situs ensiklopedia itu kurang memiliki bukti nyata dan rujukan yang sama sekali ngawur. Sekarang, kamu sudah tidak bisa menemukan lagi artikel ini di laman tersebut.

Wikipedia telah menghapusnya dan merilis backup agar kamu yang mencari artikel ini bisa mengetahui kronologi penghapusan.

Komentar Kalian