Melalui Aplikasi Lookout, Google Bantu Tuna Netra Untuk Melihat Dunia

in , , ,
Blind Google

Tuna Netra mendapatkan perhatian khusus oleh perusahaan raksasa, Google. Terbukti, kini mereka sedang mengembangkan aplikasi yang dapat membantu tuna netra dapat hidup lebih mandiri berbekal smartphone.  Aplikasi tersebut bernama Aplikasi Lookout yang rencananya akan dirilis pada tahun ini.

Aplikasi Lookout Memiliki Empat Mode yang Memiliki Fungsi Masing – Masing

Aplikasi Lookout Min (1)
Aplikasi Lookout | engadget.com

Aplikasi Lookout merupakan aplikasi navigasi yang memudahkan tuna netra untuk mendeteksi objek – objek di sekitarnya. Setelah mendeteksi objek di sekitarnya, aplikasi ini akan mengirimkan sebuah suara yang bertujuan untuk memberitahukan tuna netra mengenai apa saja objek yang ada di sekitar mereka.

Aplikasi ini juga memiliki beberapa mode, yaitu Work & Play, Home, Scan dan Experimental. Tiap mode memiliki fungsinya masing – masingnya. Seperti Mode Work & Play berfungsi untuk memberikan informasi kepada pengguna  mengenai barang apa saja di sekitarnya yang dapat digunakan untuk mengerjakan pekerjaan si pengguna. Kemudian, mode Home berguna untuk memberikan informasi letak benda atau perabotan di sekitar rumah.

Lalu, mode Scan berfungsi untuk menerjemahkan tulisan menjadi suara sehingga pengguna dapat mendengarnya seolah – olah ia seperti membaca sebuah buku. Terakhir, mode Experimental yang didukung dengan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence) berfungsi untuk memberi tahu apa saja yang dianggap pengguna penting untuk didengar. Rencananya, Aplikasi Lookout ini akan dirilis pada akhir tahun 2018 nanti. Kita tunggu saja, semoga aplikasi ini dapat membantu tuna netra kedepannya.