Begini Cara Mengetahui Waktu yang Dihabiskan Bermain Instagram

in ,
Instagram Application On Apple Iphone X
Instagram Application On Apple Iphone X | dpgcommunication.ca

Sebagian orang mungkin bermain Instagram adalah hal yang sangat mengasyikan. Sampai-sampai lupa waktu saat sedang membuka Instagram. Tidak terasa waktu yang dihabiskan sampai berjam-jam sehingga membuat candu.

Hal tersebut mungkin bisa saja menganggu produktivitas. Maka dengan begini setiap pengguna perlu mengontrol waktu bermain Instagram. Salah satunya adalah dengan menggunakan fitur pengatur waktu.

Pada Instagram kini sudah ada fitur yang dapat membantu para pengguna untuk mengelola waktu saat bermain platform tersebut. Instagram bahkan mengklaim fitur yang dikembangkan tersebut dibuat berdasarkan kolaborasi dan inspirasi para pakar kesehatan.

Mulai dari pakar kesehatan mental, akademisi, penelitian yang cukup panjang hingga umpan balik dari berbagai komunitas mereka.

Begini Cara Mengetahui Waktu yang Dihabiskan Bermain Instagram

Menurut laporan dari Guiding Tech, Instagram terdapat tiga bagian untuk fitur kontrol aktivitas pengguna. Pertama dinamakan dengan Activity Dashboard. Dengan fitur tersebut memungkinkan pengguna untuk memberitahu pengguna seberapa banyak waktu yang dihabiskan di Instagram setiap harinya.

Bahkan di dalam fitur tersebut juga menunjukkan waktu rata-rata yang kamu habiskan per minggu. Selain itu kamu juga bisa mengetahui waktu yang kamu habiskan melalui cara berikut, ini langsung dari laman resmi Instagram.

Cara mengetahui berapa lama menggunakan Instagram

Waktu yang dibutuhkan: 5 menit.

Cara mengetahui berapa lama menggunakan Instagram itu sebenarnya perlu sekali. Karena dengan mengetahuinya, kamu ke depan bisa lebih tepat dalam mengatur waktu untuk bersosial media. Bagi yang belum tahu caranya, yuk simak berikut tutorialnya.

  1. Buka aplikasi Instagram

    Jika aplikasi Instagram sudah terbuka dan login dengan menggunakan akun Instagram kamu.
    Login Akun Instagram

  2. Buka bagian profil

    Buka pada menu Profil yang ada ikon foto kamu. Lalu tap pada ikon garis tiga yang berada di sebelah kanan.
    Cara Mengetahui Waktu Yang Dihabiskan Di Instagram (1)

  3. Buka menu Pengaturan

    Langkah selanjutnya tap pada menu Pengaturan
    Cara Mengetahui Waktu Yang Dihabiskan Di Instagram (2)

  4. Lihat aktivitas di Instagram

    Langkah terakhir adalah tap pada pilihan Aktivitas Anda. Jika kamu tidak menemukan. Buka kembali profil ketuk pada ikon garis tiga Aktivitas Anda. Kamu di sini bisa melihat waktu rata-rata yang kamu habiskan di Instagram dalam seminggu terakhir.
    Cara Mengetahui Waktu Yang Dihabiskan Di Instagram (3)

Fitur kedua adalah Manage Your Time. Dengan fitur ini memungkinkan kamu untuk mengatur batas waktu yang disebutkan di mana antara 15 menit hingga 8 jam. Cara mengatur pengingat waktu yang sudah kamu habiskan berikut caranya.

  • Buka profil Instagram dan ketup pada ikon garis tiga yang berada di sebelah kanan.
  • Lalu ketup Aktivitas Anda – Atur Pengingat Harian
  • Pilihlah jumlah waktu, dan ketuk pada Atur Pengingat.
  • Terakhir ketuk pada tombol OK.

Fitur ketiga adalah pilihan yang memungkinkan kamu untuk membisukan push notification Instagram. Fitur ini bisa kamu temukan di bawah pengaturan Notification.

Fitur ini bisa menonaktifkan semua pemberitahuan dari Instagram, cocok sekali bagi yang ingin memiliki aplikasi Instagram tapi tidak ingin terganggu dengan munculnya notifikasi. Caranya bisa kamu lakukan melalui langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka di bagian profil dan ketuk di ikon garis tiga yang berada di sebelah kanan
  • Ketuk di bagian Pengaturan
  • Lalu terakhir ketuk dan sesuaikan saja pengaturan yang kamu inginkan.

Itulah cara mengetahui berapa lama waktu yang dihabiskan di Instagram serta mengontrol Instagram supaya tidak khilaf. Sehingga menyebabkan kamu tidak produktivitas karena terlalu banyak waktu dihabiskan untuk bermain di media sosial.

Bagikan jika kamu suka

JANGAN LEWATKAN •
Cara Melihat Instagram Story Orang Lain Tanpa Ketahuan di PC