Cara Mengisi Sensus Penduduk 2020 Secara Online

in ,
Cara Mengisi Sensus Penduduk 2020 Online
Cara Mengisi Sensus Penduduk 2020 Online | elipsir.com

Sekarang Sensus Penduduk 2020 (SP2020) sudah menggunakan data administrassi kependudukan dari Ditjen Dukcapil sebagai basis data dasar. Setelah itu barulah dilengkapi oleh pelaksana SP2020.

Hal tersebut penting dilakukan untuk mewujudkan “Satu Data Kependudukan Indonesia”. Kini Badan Pusat Statistik (BPS) sedang melakukan sensus penduduk 2020. Pendataan Masyarakat Indonesia ini bisa melalui online atau secara langsung.

Saat ini BPS menggunakan Data Kependudukan dari Dirjen Dukcapil yang bakal dipakai sebagai data awal dalam pendataan jumlah penduduk nanti. Selanjutnya baru data tersebut di cocokkan dengan sensus secara online yang dapat diakses melalui situs sensus.bps.go.id.

Cara Mengisi Sensus Penduduk 2020 Secara Online

Proses untuk pengisian sensus online ini bakal buka mulai 14 Februari hingga 31 Maret 2020. Setelah itu dilanjutkan sensus langsung dari rumah ke rumah pada 1 sampai 31 Juli mendatang.

Sebelum memulai mengisi Sensus Penduduk 2020 secara online ini, ada beberapa syarat yang diperlukan supaya proses pengisian sensus penduduk lancar.

Cara Pengisian Sensus Penduduk 2020 Online
Syarat-syarat mengisi sensus penduduk 2020 | Youtube.com

Syarat-syarat yang diperlukan:

  • KTP (Kartu Tanda Penduduk)
  • KK (Kartu Keluarga)
  • Akta Nikah

Time needed: 5 minutes.

Nah bagi yang belum tahu cara mengisi Sensus Penduduk 2020 secara online, kamu bisa langsung melihat melalui langkah-langkah berikut ini.

  1. Kunjungi situs resmi atau laman BPS

    Buka browser atau peramban yang ada di HP atau Laptop kamu, lalu ketikkan alamat URL https://sensus.bps.go.id/login.

    Sensus Penduduk Online

  2. Masukkan NIK dan nomor KK

    Isikan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan nomor Kartu Keluarga (KK). Jangan Lupa isikan kode Chapta yang tersedia ke dalam kolom kosong tersebut. Lalu klik di Cek Keberadaan.
    Cara Mengisi Sensus Penduduk Online 2020

  3. Mengisi Data

    Untuk mengisi data, klik di tombol Mulai Mengisi Data
    Sensus Penduduk Online 2020

  4. Isi semua data yang diminta

    Isilah data sesuai dengan yang terdaftar di dalam Kartu Keluarga (KK) mulai dari Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, Kelurahan, Desa, Dusun, Lingkungan hingga Jalan) Mengisi Data Sensus Penduduk Online 2020

  5. Unduh Bukti Pengisian Sensus Penduduk 2020 secara online

    Jika kamu merasa data yang diisi semua sudah benar, kamu siap mengunduh informasi pengisian tersebut melalui tombol Unduh. Cara Unduh Isian Densus Penduduk Online 2020

Informasi dari kependudukan kamu bakal dijadikan sebagai dasar perencanaan dan evaluasi pembangunan Indonesia. Kerahasiaan informasi pribadi kamu bakal dijamin berdasarkan undang-undang yang berlaku.

Itulah cara Mengisi Sensus Penduduk 2020 secara online melalui link sensus.penduduk.go.id. Selain itu kamu juga harus tahu beberapa tahapan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 di bawah ini.

Tahapan Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020

1. Sensus Penduduk Online (Februari hingga Maret 2020)

  • Penduduk melaksanakan sensus secara mandiri melalui: http://sensus.bps.go.id
  • Evaluasi berkala sensus penduduk Online

2. Sensus Penduduk Wawancara (Juli 2020)

  • Census Date
  • Pemeriksaan daftar penduduk
  • Verifikasi lapangan (Ground Check)
  • Pencacahan lengkap (CAPI (Computer Assisted Personal Interviewing) dan PAPI (Pencil and Paper Interviewing)

3. Pencacahan Sampe (Juli 2021)

Pengumpulan data dan informasi kependudukan dan perumahan untuk menghasilkan berbagai parameter demografi dan indikator sosial lainnya. (82 Pertanyaan)

Gimana, mudah sekali bukan cara mengisi sensus penduduk 2020 secara online. Jika kamu ingin bertanya tentang tutorial di atas, langsung aja melalui kolom komentar di bawah ini.